Home » , , , » Akhirnya KPK Berhasil OTT Terduga Koruptor di Jambi

Akhirnya KPK Berhasil OTT Terduga Koruptor di Jambi

Written By jambipos-online on Tuesday, November 28, 2017 | 21:52


Petugas KPK terlihat membawa oknum pejabat Pemprov Jambi atas nama Saipuddin yang menjabat sebagai Asisten III Bidang Pembangunan Pemprov Jambi (paling kiri) dan diduga Sopir dari seorang oknum Angota DPRD Prov jambi (kedua dari kanan) saat memasuki ruang penyidik. di Mapolda Jambi, Selasa (28/11/2017) Pukul 16.00 WIB. (Istimewa)
Jambipos Online, Jambi-Koordinator Wilayah III Koordinator Supervisi Pencegahan KPK RI, Adlinsyah M Nasution telah mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan lembaga lainnya untuk bersama-sama mencegah praktik korupsi di Provinsi Jambi. Peringatan itu disampaikan Adlinsyah M Nasution pada pertemuan Rapat Koordinasi dan Supervisi Pencegahan dan Penindakan Korupsi Terintegrasi Provinsi Jambi, di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (20/11/2017) lalu.

Bahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penandatanganan kerjasama penguatan anti korupsi. Penandatanganan kerjasama ini dilaksanakan dalam Rapat Koordinasi Penandatanganan Komitmen dan Rencana Aksi Pencegahan serta Penindakan Korupsi Terintegrasi Provinsi Jambi, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, (21/11/2017) pagi.

Bahkan Gubernur Jambi H Zumi Zola mengatakan, penandatanganan komitmen dan rencana aksi dalam rangka pencegahan serta penindakan korupsi ini merupakan media penguatan gerakan anti korupsi di Provinsi Jambi.

Namun apa yang sudah diperingatkan KPK itu ternyata diabaikan oleh sejumlah oknumpejabat dan juga oknum anggota dewan. Fakntanya menunjukkan, KPK berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) oknum pejabat Pemprov Jambi dan oknum Anggota DPRD Provinsi Jambi, Selasa (28/11/2017) sore di duga di Hotel Luminor Jambi di kawasan Jalan Empu Ganring Kebun Jeruk, Telanaipura Kota Jambi.

Bahkan Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston membenarkan adanya penangkapan oknum anggota DPRD Provinsi Jambi berdasarkan informasi dari Kapolda Jambi yang dia terima. “Saya dapat informasi dari Kapolda Jambi ada OTT oknum anggota dewan,” katanya.

Sementara Pantauan Jambipos Online di Mapolda Jambi, Selasa (28/11/2017) sekitar Pukul 16.00 WIB, beberapa petugas KPK terlihat membawa oknum pejabat Pemprov Jambi atas nama Saipuddin yang menjabat sebagai Asisten III Bidang Pembangunan Pemprov Jambi memasuki ruang penyidik.

Saipuddin tampak mengenakan kaos berkerah dan celana dinas PNS. Terlihat juga bersamaan petugas KPK membawa diduga barang bukti dalam kantong plastik hitam. Beberapa saat kemudian, Polisi juga terlihat membawa alat penghitung uang memasuki ruang penyidik.

Beberapa oknum Anggota DPRD Provinsi Jambi yang diamankan dikabarkan sudah terlebih dahulu berada di ruang penyidik. Terduga korupsi itu diantaranya Supriyono (Anggota DPRD Prov Jambi dari Partai PAN dan menjabat Ketua Harian DPW PAN Provinsi Jambi. Supriono merupakan Alat Kelengkapan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi dan menjabat Anggota Badan Anggaran DPRD Prov Jambi.

Kemudian Hj Nurhayati (Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Partai Demokrat) yang juga disebut-sebut istri dari Saipuddin Asisten III Bidang Pembangunan Pemprov Jambi. Hj Nurhayati menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Jambi dan Alat Kelengkapan Komisi Anggota Komisi IV dan Badan Musyawarah.

Kemudian diduga yang ikut tersangka OTT KPK lainnya yakni Geni Waseso (Ketua Barisan Muda Partai PAN Provinsi Jambi yang juga anak dari mantan Kadis PU Provinsi Jambi Nino Guritno. Selanjutnya Sopir dari Supriyono juga ikut diamankan penyidik KPK.

Disebut-sebut modus tersangka OTT KPK itu terkait dengan “hadiah” pengesahan APBD Provinsi Jambi Tahun 2018 yang sudah diketok palu oleh DPRD Provinsi Jambi pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi di gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (27/11/2017).

Hingga Pukul 21.25 WIB, Mapolda Jambi masih memfasilitasi pengamanan oknum pejabat dan oknum Anggota DPRD Provinsi Jambi yang terkena OTT tersebut. Puluhan wartawan menunggu peryataan resmi dari penyidik KPK atau pihak Polda Jambi terkait OTT teersebut.  

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari KPK dan Kepolisian Polda Jambi setempat terkait penangkapan oknum Anggota DPRD Provinsi Jambi dan oknum pejabat Pemprov Jambi tersebut. Sementara pemeriksaan seluruh tersangka masih dilakukan Penyidik KPK di lantau II Gedung Lapangan Hitam Mapolda Jambi. (JP-Lee)








Diduga TKP OTT KPK di di duga di Hotel Luminor Jambi di kawasan Jalan Empu Ganring Kebun Jeruk, Telanaipura Kota Jambi. (IST)
Alokasi Belanja Langsung OPD 2018. Repro Metrojambi.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos