Berita Terbaru

Catatan Khusus HUT Ke 63 Provinsi Jambi

Catatan Khusus HUT Ke 63 Provinsi Jambi
Gubernur Jambi Fachrori Komitmen Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat. (SELENGKAPNYA KLIK GAMBAR)

Kami Hadir Dengan Wajah dan Semangat Baru

Kami Hadir Dengan Wajah dan Semangat Baru
KLIK Benner Versi Baru di www.jambipos.id (BETA)
INDEKS BERITA TERBARU

Diskes Kota Jambi Lakukan Fogging Massal

Written By jambipos-online on Sabtu, 25 Januari 2020 | 12:43

94 Kasus DBD, 1 Orang Meninggal Dunia
Fogging kali ini dilakukan oleh Puskesmas Kebun Handil, Kelurahan Kebun Handil dan Kecamatan Jelutung di RT 15 Kelurahan Kebun Handil, Jelutung Kota Jambi, Sabtu (25/1/2020).(Foto Asenk Lee Saragih)
Jambipos, Jambi-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi melakukan pengasapan (fogging) massal di Kota Jambi menyusul semakin merebaknya wabah Deman Berdarah Dengue (DBD). Fogging kali ini dilakukan oleh Puskesmas Kebun Handil, Kelurahan Kebun Handil dan Kecamatan Jelutung di RT 15 Kelurahan Kebun Handil, Jelutung Kota Jambi, Sabtu (25/1/2020).

Data yang dihimpun Jambipos, setidaknya ada empat warga Kelurahan Kebun Handil positif DBD dan dirawat di rumah sakit. Kini wabah penyakit DBD di Jambi terus meluas menyusul cuaca ekstrem yang masih melanda daerah Jambi.

Selain melakukan fogging, petugas dari Puskesmas Kebun Handil juga memberikan penyuluhan pemberantasan sarang nyamuk dan juga pembagian bubuk abate.

Sementara Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi, Eva Susanti mengatakan, selama Januari 2020, angka kasus DBD di Provinsi Jambi mengalami peningkatan. Hingga  tanggal 23 Januari 2020, tercatat sudah sebanyak 94 kasus ditemukan dan 1 orang dinyatakan meninggal dunia.

Kasus DBD itu terjadi di Kota Jambi dengan 60 kasus termasuk 1 orang meninggal, dan di Kabupaten Batanghari sebanyak 34 kasus.

“Laporan sementara baru dua daerah itu yang melapor, karena biasanya kabupaten-kota melapor di akhir bulan dan paling lambat setiap tanggal 5 bulan berikutnya. Angka DBD memang selalu mengalami peningkatan setiap awal tahun. Bukan hanya di Jambi, namun hampir di semua daerah karena memasuki musim hujan. Akibatnya, banyak muncul genangan-genangan air tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab DBD,” ujarnya.

Disebutkan, kasus DBD paling tinggi terdapat di Kota Jambi. Guna menekan kasus DBD ini, pihak Dinkes Provinsi Jambi sudah melakukan beberapa langkah, seperti penguatan pemberdayaan masyarakat untuk melakukan 3M Plus yaitu menguras dan membersihkan tempat penampungan air, menutup rapat-rapat penampungan air, memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas.

“Juga menaburkan bubuk larvasida, menggunakan obat nyamuk, kelambu, dan lain-lain. Kita ingin hal ini dilakukan secara berkelanjutan, karena ini merupakan langkah terbaik untuk mencegah DBD,” kata Eva.

Sementara untuk kegiatan fogging, kata Eva, di awal tahun ini baru Kota Jambi yang mengajukan permintaan dan insektisida dari pusat segera distribusikan ke Kota Jambi.

Data Dinkes Provinsi Jambi mencatat, total jumlah penderita DBD yang terpantau di Kota Jambi, Kabupaten Tanjabar, Bungo dan Muarojambi selama Januari mencapai 254 orang dan tiga orang di antaranya meninggal dunia. Dua orang penderita meninggal di Tanjabbar dan satu orang di Kota Jambi. Sedangkan tahun lalu, jumlah penderita DBD di Provinsi Jambi mencapai 1.326 orang dan 12 orang di antaranya meninggal dunia.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Tanjungjabung Barat, SyafrilSimamora di Kualatungkal, Tanjungjabung Barat mengatakan, berdasarkan hasil peninjauan mereka ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KH Daud Arif Kualatungkal, akhir pekan lalu, penderita yang tercatat berobat ke rumah sakit tersebut selama Januari mencapai 106 orang dan dua penderita DBD tersebut meninggal dunia.

“Kasus DBD di Tanjabbar tahun lalu juga tinggi, mencapai 549 orang dan dua kasus meninggal dunia. Tingginya kasus DBD di Tanjabbar disebabkan penanganan yang kurang maksimal dan intensif. Hal itu disebabkan anggaran yang kurang,” katanya.

Dijelaskan, berdasarkan keterangan Dinas Kesehatan Tanjabtim, anggaran pencegahan dan penanggulangan DBD di dearah itu hanya Rp 90 juta setahun.

“Anggaran tersebut terlalu sedikit, sementara Kualatungkal, Tanjabtim termasuk daerah endemic nyamuk malaria dan DBD karena banyak terdapat rawa,”katanya.

Secara terpisah, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, fogging atau pengasapan kurang efektif membasmi nyamuk Aedes aegypti yang menularkan DBD di Kota Jambi. Masalahnya wilayah endemik nyamuk DBD di kota itu cukup luas, sementara obat pembasmi DBD terbatas. Kondisi demikian membuat fogging secara menyeluruh di kota itu sulit dilakukan.

“Salah satu cara efektif membasmi nyamuk DBD di kota ini, yaitu melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) secara massal dan menyeluruh. Fogging sifatnya hanya membantu. Kemudian fogging terlalu sering juga membuat nyamuk kebal dan berbahaya bagi kesehatan masyarakat,”katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasa Penyakit (P3P) Dinas Kesehatan Muarojambi, Afifudin mengatakan, pihaknya telah membagikan sekitar 200 kilogram (Kg) serbuk abatie kepada warga masyarakat di daerah itu.

“Bubuk abatia yang dibakikan kepada warga masyarakat diharapkan dapat digunakan semaksimal mungkin memberantas sarang nyamuk. Bubukabatie itu diutamakan ditabur di dalam bak-bak mandi dan penampungan air,”katanya.

Dijelaskan, gerakan PSN di daerah yang ditemukan banyak rawan itu juga terus digalakkan melalu pembersihan bak – bak penampungan air, mengubur kaleng-kaleng bekas dan membersihkan lingkungan rumah dari sarang nyamuk.

“Penyuluhan-penyuluhan mengenai gerakan PSN ini juga perlu diintensifkan di masayarakat agar nyamuk DBD tidak berkembang. Kemudian kami juga mengimbau warga yang terkena demam segera dibawa berobat agar tidak sampai terkena DBD,”katanya.

Kata Afifudin, selain Sekernan, Kecamatan Kumpeh juga terdata yang paling banyak. "Kalo Sekernan terdata itu ada 66 kasus, kemudian untuk Kumpeh itu ada 47 dan Kumpeh Ulu ada 31. Jadi memang yang paling banyak itu ada di Kecamatan Sekernan," sebutnya.

Sementara di Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko) juga terbilang rawan terhadap penyebaran penyakit DBD. Data yang tercatat setidaknya ada 47 kasus DBD yang terjadi di Kecamatan Jaluko. Selain itu, untuk Kecamatan lain juga terdata masih ada yang rawan untuk penyebaran DBD.

"Sungai Gelam itu juga ada kasus, terdata ada sebanyak 9 kasus. Untuk Mestong juga ada sebanyak 7 orang dan Maro Sebo ada 7 kasus," sebutnya.

Lalu di Kecamatan Bahar Utara terdata ada 5 kasus, Sungai Bahar 14 kasus, kemudian bahar selatan ada 8 kasus.

Kemudian di Merangin, pada 2019 lalu ditemukan 173 kasus DBD. Sedangkan pada awal 2020 ini, sudah ada tiga kasus. Data ini terkumpul dari 27 Puskesmas yang ada di Merangin.

Zamroni, Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Merangin, mengatakan hal ini terjadi karena masih kurangnya kebersihan lingkungan di tengah Masyarakat, sehingga munculnya DBD.

"Guna mengatasi DBD lakukan kebersihan secara maksimal, jangan sampai terjadi penumpukan sampah, Air yang mengendap, lakukan 3M,” ujarnya.

Wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Provinsi Jambi terus meluas menyusul cuaca ekstrem yang masih melanda daerah itu. Peningkatan jumlah kasus DBD di provinsi itu tidak lagi hanya terdapat di Kota Jambi, tetapi juga meluas ke beberapa kabupaten seperti Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Bungo, Merangin  dan Muarojambi.(JP-Asenk Lee)



Diskreditkan Orang Batak, Komika Boris Bokir Manullang Disomasi Terbuka

DPP HBB Dukung Somasi Terbuka Untuk Boris Bokir
Foto Kolase FB
Jambipos, Jambi-Komika Boris Bokir Manullang dinilai kelewat batas dalam mendiskreditkan karakter Orang Batak dalam sebuah penampilannya disebuah acara perusahaan. Video rekaman penampilan Boris Bokir Manullang yang tak henti-hentinya “menjelek-jelekkan” karakter Orang Batak itu kini viral di media sosial. Boris Bokir pun dirundung habis di media social oleh warganet.

Kini Boris Bokir Manullang juga disomasi terbuka oleh Advokad Law Farm Justice & Freedom yang ditanda tangani oleh Edward Misson Sihombing SH MH yang juga menjabat Sekjen DPD HBB Banten.

Edward Misson Sihombing menuliskan ada lima poin dalam surat Somasi terbuka ini untuk Boris Bokir Manullang. Pertama bahwa Boris Bokir memplesetkan seakan-akan semua orang Batak adalah orang yang harus ditakuti disebabkan orang Batak adalah penjahat, seperti pencopet, penipu dan lain-lain.

Kedua, bahwa orang Batak adalah manusia paling jelek di dunia ini. Ketiga, bahwa ketika seorang ibu memanggil anak-anaknya diibaratkan seperti anjing sedang menggonggong. Ke empat, bahwa orang Batak yang berprofesi sebagai seorang pengacara adalah penipu. Kelima, bahwa Boris Bokir tidak menghormati profesi pengacara, dimana menjadi seorang pengacara harus sekolah hampir 7 tahun.

“Maka sebelum kami mengambil langkah-langkah hukum sebagaimana diatur UU No 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis serta pasal 310, 311 dan Pasal 315 KUH Pidana, dengan ini kami meminta saudara Boris Bokir Manullang secara terbuka meminta maaf kepada masyarakat Batak dan juga kepada semua orang Batak yang berprofesi Advokad, Pengacara sejak surat somasi terbuka ini saya publikasikan,” kata Edward Misson Sihombing, Jumat (23/1/2020).
Somasi terbuka Edward Misson Sihombing
Terpisah, Ketua DPP Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) Lamsiang Sitompul SH MH mendukung langkah yang dilakukan Edward Misson Sihombing. Hal itu agar sebagai seorang Komika, Boris Bokir tidak “semague” mendiskreditkan karakter etnis Batak dalam bahan stand upnya.

Lamsiang Sitompul meminta Boris Bokir Manullang agar segera meminta maaf secara terbuka kepada seluruh masyarakat Batak atas perbuatannya tersebut.

Berikut ini respon wargenet terhadap video viral Boris Bokir yang mendiskreditkan Orang batak dalam sebuah penampilannya.

Ciri Ciri Orang Batak - Boris Bokir Manullang (Stand Up Comedy). Lawakan Boris Bokir Manullang ini menuai beragam opini masyarakat. Ada yang terhibur ada yang tersinggung. Banyak yang menganggap Boris menghina dan menjelekkan sukunya sendiri, suku Batak.

Anda yang mana sobat? Kembali ke masing masing kita aja ya gimana menyikapinya. Sejak video ini diposting 20 Januari 2020 Pukul 19.35  WIB hingga Sabtu 25 Januari 2020 Pukul 06.31 WIB telah direspon 795 Komentar dan 223 Kali dibagikan.

Melva Itu bukan humor bung tp sengaja menghina dan merendahkn orang batak. Tidak semua sifat orang batak spt yg bung katakan.

Asenk Lee Saragih Prihatin..bahan komedi yang kebablasan.

Dahlia Lumbantoruan Nomor satu itu bokir,otonion,laporhon maon bah,apapula kau kira org batak itu panakko? Semua suku punya sisi baik buruk,klo lu mau ngasi lucu,jgn sampe keterlaluan.blangsak

Dahlia Lumbantoruan Lihat bokir,batak itu skrg mendunia karena kecerdasan intelektual nya bkn karena lawakan konyl kayak kamu,bnyk materi yg bisa diangkat buat lawakanmu misalkan martandang dihalak batak,jgn kau dikte klo batak itu seperti yg kau omongin ini,kau sama saja membicarakan kdirimu.
Jgn2 kau batak kawe


Sahat Situmeang Sbnrnya disemua suku pun sama aja kek dia blng itu.. sygnya orang orang akan berfikir itu lelucon krn orng batak skrg dah modern kliah luar negri pengacara penyanyi org sukses dh banyak.. jd klo bisa jngnlah bahan itu klemahan 1 suku saja.. soalnya org dh kliah mati matian mlah dicap siboris pencopet kan bangke

Efi Sisti Sirait Harusnya dia buat lelucon yg bs mengharumkan nama suku batak....bukan seperti ini,aplg blkg nama dia marga batak....jd kesannya org batak suka nyolong....atau mgk dia tinggal di lokasi yg rata2 kerjanya mencopet....makanya dia bs membuat cerita spt yg dia lihat sehari2.....pdhl org batak terkenal dg suksesnya krn pintar2....bukan krn suka nyolong....

BerNando Nainggolan Ini di ibaratkan seorang PELACUR nekat menjual diri/harga diri.demi mendapatkan UANG.....bahkan kawan ini menurut aq lebih jijik dari seorang pelacur.karna dia menjual harga diri semua suku batak.demi kekayaan diri sendiri.....
Aq salut samamu boris jika kamu masi keadaan AMAN


Julianasinaga Si boris mncoreng muka kluarganya sndiri.candaanmu udh kelewatan.hny bbrp org yg brbuat sprti itu tp smua kluaga bsr batak kau hinakan. Batak itu udh mndunia bung, krn prestasinya. Mslh sifat2 buruk yg ada pd diri ssorg,semua suku pst ada Klo kau ga bangga dgn suku batak itu urusanmu,tp jgn prnh mrndahkn org batak.
Hati2 ho da,sotung diparsulappak halak batak ho annon.
Carilh rezeki dgn cara yg bnr.
Skt hati mlht org lain trtwa krn kau merndahkn org batak.


Tarnama Sihotang Orang batak udah banyak jadi toke, profesor, pengacara. Banyak lagilah. Bahkan supir2 orang batak udah ganteng2. Gak kek dia. Itu dandanan supir zaman kapan, masih bawa2 handuk. Apa dia gak liat mobil bus udah pake ac, angkot aja udah full modif. Dia nya aja yg berpikiran kolot sampai ke busana panggung nya lalap kek gitu.

Juni Wantri Alangkah baiknya klw yg kamu buat materi dari keunggulan kelebihan orang Batak juga adat batak
Biar dunia yg diluar sana tahu n memahami...
Bukannya malah menghina Batak.. darah mu daging mu sendiri...
Klw begini komedianmu suku lain jadi hanya lihat sisi negatif orang batak...


Harlin Saut Feber S Demi mencari nafkah kau harus jelekkan suku mu sendiri sungguh sedih bercampur marah tadinya saya suka dengan stand up tapi skrng tdk.lebih dari kacung cari makan dengan menjelekkan asal usulmu

Lowelly Napitupulu Dan tragisnya kita ini, jika mau sukses pasti saling menjatuhkan sesama kita. Tp boris, aku bukan seorang pencopet yg kw buruk2kan setiap org batak..

Simanjuntak Korin Rizal Berusaha menyenangkan hati manusia makin bertambahlah kesusahannya. Inilah namanya menghina wajah ibunya sendiri demi membahagiakan tuan nya selaku dia seorang budak.

Pinta Mediana Nadeak Sedih kali kau bokir...
Puas hati mu di tertawakan orang diri mu..yg penting uang sama kau kan....Jalan2 kau dulu kau Boris ke Luar Negri sana banyak orang batak yg SUKSES ...ngak mau pulang ke Indo nesia karna lihat orang seperti mu BORIS..


Rosminar Manurung Menurut sy Boris salah ,dia menjelekkan suku nya sendiri mau aj Boris di tertawain org ,maaf orang batak semangat kerja dari dulu ,makanya lihat dong yg udh kaya raya ,kalo Boris di undang jgn jelek - kin orang batak
Budayakan menghormati sukumu . ,Suku yg lain soal kekurangan suku mana pun ad ,sy kagum lihat orang batak Pemberani merantau tak usah di antar ortu .Sebelum berhasil dia gk mau plg
Kekeluargaan sgt mendukung satu sama yg lain.
Maju orang batak.๐Ÿ™๐Ÿ™


Hetty Tambunan Ini sdh pencemaran nama baik suku Batak & efeknya bisa berdampak pada keturunan kita yg sdh dicap jelek oleh masyarakat lain. Seharusnya Boris menonjolkan kelebihan suku Batak jangan malah menjelek2kan suku Batak walaupun dia Batak.

Rumbi Sitompul Konyol sekali ini Orang.....
Aneh skli sy melihat Manusia sperti ini . Brgkli otaknya tdk mampu mendptkn materi lawakan yg pas.
Sy sbg slh seorang suku Batak sgt tdk terima dgn materi SC ( Standup Comedy ) yg mencela, merendahkan dan memburuk burukan Suku Batak scr Umum.
Meskipun ybs adalah juga suku Batak....tapi dia tdk punya Hak utk melakukan semua tindakan konyol yg melecehkan bahkan menghina Suku sendiri dihadapan Publik.
Orang ini hrs dituntut........
Benar2 sgt konyol...


Tara Budiman Tidak sadar kau Boris kau sendiripun orang Batak berarti kau menghina dirimu sendiri yg nonton tertawa geli bukan karna lucu tapi menghadap kau bodoh karna menghina sukumu sendiri seperti kau bilang daripada kena rabies lebih baik masuk berarti orang tua mu apa.........??

Boy Adi Rolis Panjaitan Adat batak kau buat jadi bahan lelucon mu,gk smua org batak yg spetrti itu,,mungkin yg kau ceritakan masa lalu kau ya lae,,balutan kau bahh risih aku dengar stand up mu

Masta Sipayungs Kacian kali dangkal otakmu boris.Karna susahnya kau rasa cari sesuap nasi rela merendahkan suku batak

Berta Hanya krna sesuap nasi apa pun di lakukan ngejelekin diri sendiri maling muka marsuhi2 lah cari duit sih cari duit tp jangan bawa2 suku batak kl kau merasa dirimu sendiri sajalah kau jelekin jngn bawa suku

Ivo Hutauruk Tamat deh si Boris ini klo begitu model leluconnya. Sdh kehabisan bahan ya? Wlw kamu batak tp gak berhak jg menghina orang suku batak seluruhnya. Buseet dah.... gak lucu banget

Syorta Simanjuntak Gak ada lucunya...
Teorinya hanya memaparkan kejelekan orang batak. Seolah olah dia lahir bukan dari ruang pribadi si batak. Coba tonton dan simak sampai habis dimana letak humornya, materinya hanya menjelekkan sukunya sendiri. Masih banyak materi yg bs dipaparkan selain membawa bawa suku batak.


Sudirman Sinaga Orang tertawa bukan berarti karna senang dengan komedimu... Namun mereka tertawa itu karna kebodohanmu yg sangat luar biasa... Terrlalu hina kau buat suku anda sendiri...apa yg akan anda lakukan Boris klo seandainya ada yg menggugat anda karna ocehan anda sudah termasuk menghina kaum suku Batak termasuk orang Tua anda...

Ririn Julisa Sitinjak Tidak ada Lucu" nya,Saya Pribadi Tersinggung mendengar Kamu Bicara.Coba Kamu Tanya Orang tua mu,Bagaimana pendapat nya,Stand up comedi bukan ajang menjelekkan" siapa pun,Kamu Gak pantas Menyandang Suku Batak!!!

Rico Frans Udah boriss... kau minta maaf lah sama semua orang batak didunia ini... biar nga habis kau ...orang batak itu ciptaan Tuhan juga boris biar kau tau...kau bilang lubang hidungnya besar..muka kotak-kotak kau sudah menghina ciptaan tuhan..

Helena Sari Sihite kasihan kali lah kau boris..., aku orang batak, keluargaku mayoritas batak, teman2 ku, tetanggaku batak, tak ada pula sprti yg kau bilang itu, oran batak mana yg kau bilang itu boris, kalau kau cerita ttg dirimu sendiri, atau ttg keluargamu sendiri, ga usah mengatas namakan batak.., jelek otakmu, bikin fitnah pula kau sama orang batak..., jahat kau boris.

Fredy Simoerangkir Saya dukung kamu Boris semangat....jangan dengarkan comment2 yg gak mendukungmu, hanya salahmu gak kau bilang klw orang batak itu Si Pangocop mudar, jadi untuk itu hati2 Kau Boriss, jangan macam2 kau sama kami orang batak, usahakan urus Paspor mu ke Irak ajalah, jangan nampak lah kau d negara yg masih ada suku2 kami, suku nya orang batak.

Nelly Simbolon lucu nya gak ada, malah mau muntah sy dengar nya krn menjelekkan orang batak, penghinaan dan mrnjatuhkan harga diri suku batak, hrs nya kita laporkan si Boris bodat ni

Sudianto Sianturi Bagus kau ngomong Lae. Jangan putar balikkan kenyataan yang ada pada jati diri orang Batak. Jangan hanya untuk membuat kamu tenar kamu itu mengolok-olok suku mu sendiri. Keluar kau dari marga Batak Lae. Nanti bisa di hantam diri mu atas tindakan mu itu. Batak itu pemberani,baik dan jujur serta bertanggung jawab. Hati-hati dengan ucapan mu

Irwan Simbolon Sangat memalukan..
lawakan sih lawakan,tapi jangan dong menghakimi dan menjelek jelekkan suku sendiri. apa nggak ada materi yg lain apa?
Sangat tidak berbobot dan Menyedihkan...ter.. la...lu..

Poster Hutabarat Orang " seperti inilah yg merusak tatanan diri sendiri...Kalaupun menceritan suku sendiri utk suatu bhn komedi ,,,tdk seperti itu...seakan akan semua suku batak itu jd pencopet,maling...dll ,,kami setuju bila belia di tindak lanjuti ke ranah hukum....Kita jagalah nama baik suku kita...yg sdh terdengar baik sosialnya dinusantara ini.....

Poltak Sitinjak Laporkan saja walau sanksi sosial lebih menyakitkan.

Irma Safitri Hutagaol Poltak Sitinjak sanksi sosial sdh didapatkan boris, dgn turunnya pamornya setelah video itu muncul beberapa tahun lalu. Ini video sudah lama. Sudah beberapa tahun lalu. Kenapa baru sekarang diviral2kan lagi?

Togi Simatupang Ini namanya bercanda tapi tidak berpikir 1000 kali. Lae ini lupa...dia bercanda di mana... Lae bercanda di media Televisi, beda dengan lapo.. iya sudah, terima lah somasi dari kami iya..

Surisman Zamaludin Surat Somasi Terbuka Morris Manullang yg dibuat HBB. Telah saya kirim langsung kepihak Manajer Morris. Melalui Wa. Kepada atas Nama Okky Manajer nya

Robby Pardede Sepertinya rakyat Indonesia menjadi sangat sensitif. Kita menjadi tidak mampu membedakan jokes dengan hal yg serius. (Asenk Lee)
     

Pemprov Jambi Alokasikan Dana Rp 5,8 Miliar Sukseskan Perkemahan Wirakarya Nasional Pramuka 2020

Written By jambipos-online on Kamis, 23 Januari 2020 | 09:32

Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjend (Purn) Dr.H.Bachtiar,S.IP,M.AP dalam jamuan makan pagi di Peranginan Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (23/1/2020). Hadir pula dalam kesempatan tersebut Pj.Sekda Provinsi Jambi sekaligus Ka Kwarda Jambi, H. Sudirman,SH,MH.(Humas)
Jambipos, Jambi-Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyatakan kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi pada pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober sampai 4 November 2020 di Bumi Perkemahan Abdurrrahman Sayoeti-Musa, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Batanghari. 

Salah satu bentuk kesiapan Pemerintah Provinsi Jambi juga ditunjukkan dengan pengalokasikan dana Rp5,8 miliar guna menyukseskan kegiatan tersebut. Pernyataan ini disampaikan Gubernur kepada Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjend (Purn) Dr.H.Bachtiar,S.IP,M.AP dalam jamuan makan pagi di Peranginan Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (23/1/2020). Hadir pula dalam kesempatan tersebut Pj.Sekda Provinsi Jambi sekaligus Ka Kwarda Jambi, H. Sudirman,SH,MH.

Perkemahan Wirakarya (PW) Nasional adalah pertemuan Pramuka Penegak atau Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengadakan integrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat. PW diselenggarakan oleh semua jajaran kwartir secara regular. 

Perkemahan Wirakarya atau Kemah Bakti merupakan salah satu wadah kegiatan untuk mewujudkan tujuan untuk membangun dan menguatkan semangat kebangsaan serta semangat kepedulian yang menjadi komitmen kuat seluruh pemuda bersama unsur pendukungnya

Fachrori menyatakan, sebagai tuan rumah, Provinsi Jambi siap menyukseskan program lima tahunan Kwarnas.

"Saya sampaikan bahwa Jambi merupakan provinsi yang sedang berkembang dan memerlukan dukungan dari pusat terutama dalam dukungan pembiayaan. Dan direncanakan kegiatan ini selain di Bumi Perkemahan di Sungai Gelam dan sub camp kegiatan PW Nasional ini juga direncanakan dilaksanakan di Kabupaten Batanghari. Untuk penunjukan dan kepastian Kwarnas sangat diperlukan, sehingga Kabupaten Batanghari dapat mempersiapkan tempat dan lainnya. Karena tim Kwarnas telah tiga kali melakukan survei lokasi main camp dan sub camp PW-Nas ini,” ungkap Fachrori.

Pj.Sekda Provinsi Jambi sekaligus Kakwarda Jambi H. Sudirman,SH,MH dalam sesi wawancara menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi dan Kwarda terus melakukan persiapan untuk menyukseskan kegiatan PW Nasional ini. 

"Alhamdulilah, dari sejak Provinsi Jambi ditunjuk sebagai tuan rumah, kita sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari dan seperti yang kami telah laporkan kepada Gubernur Jambi dan beliau menyatakan dukungan penuh terhadap terlaksananya kegiatan ini, dan Gubernur Jambi memberikan kontribusi yang luar biasa yaitu Rp 5,8 miliar untuk kegiatan PW nasional yang dialokasikan untuk perbaikan sarana dan prasarana bumi perkemahan, ujar Sudirman.

"Akan ada dua tempat pelaksanaan, dan kami juga telah berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Batanghari dan dinyatakan ada alokasi dana juga. Dari kunjungan Sekjen ini diharapkan beliau dapat melihat langsung kesiapan kita dan beliau sudah bisa memastikan kegiatan tersebut akan tetap dilaksakan pada bulan Oktober, dan dukungan Kwarnas dan Pemerintah Provinsi ini juga akan memberikan motivasi kepada kami untuk mempersiapkan diri dengan baik. Apresiasi kami berikan kepada Kwarnas dan juga Pemerintah Provinsi Jambi terutama Bapak Gubernur yang telah memberikan dukungan kepada Kwarda Jambi,” jelas Sudirman.

Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka Mayjend (Purn) Dr.H.Bachtiar, S.IP,M.AP juga menyampaikan bahwa kehadirannya ke Provinsi Jambi ini untuk melihat langsung persiapan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi. 

“Kehadiran kami di sini untuk meninjau persiapan perkemahan Wirakarya Nasional Tahun 2020, rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan di akhir bulan Oktober sampai minggu pertama November, kita akan lihat lokasi bersama Gubernur sebagai Kamabida Gerakan Pramuka Jambi. Kegiatan ini skopnya nasional dengan tujuan bagaimana melatih pemuda dan pemudi kita terkait pengabdian kepada masyarakat, untuk itu kita akan maninjau langsung lokasi bumi perkemahan serta prasaana dan sarana yang ada,” ungkap Bachtiar.(JP-Hms/Lee)
 

Gubernur Jambi Fachrori Ajak GENPARI Tingkatkan Penataan Wisata Jambi

Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum.(Humas)
Jambipos, Jambi-Tidak terbantahkan lagi bahwa pariwisata berdampak besar terhadap perekonomian, karena dengan tumbuh kembangnya pariwisata, ekonomi kreatif juga ikut bertumbuh, yang bisa menciptakan banyak lapangan kerja dan selanjutnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan, kian hari, seluruh daerah kian aktif mempromosikan wisatanya masing-masing. Namun, promosi wisata akan efektif tatkala destinasi wisata yang dipromosikan telah ditata dengan baik. 

Maka dari itu, Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengajak Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (Genppari) untuk meningkatkan penataan pariwisata Provinsi Jambi.

Ajakan tersebut dikemukakan Fachrori dalam Pelantikan Pengurus GenppariDewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Jambi Periode 2020-2024, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (23/01/2020).

“Jadi, pariwisata adalah trigger tumbuh dan meningkatnya perekonomian di Provinsi Jambi, karena banyak sektor yang diuntungkan melalui pariwisata, yaitu penginapan, kuliner, pengrajin UKM, dan transportasi serta dapat memberdayakan masyarakat yang berada di sekitar destinasi wisata dalam rangka meningkatkan taraf hidup mereka,” ujar Fachrori.

Fachrori menuturkan, Provinsi Jambi memiliki banyak sekali destinasi wisata yang terbentang dari Ujung Jabung sampai Gunung Kerinci, khususnya wisata alam yang memiliki keindahan luar biasa dan tidak kalah dengan daerah lainnya, namun belum dikelola dan dipromosikan secara maksimal. Sektor pariwisata inilah salah satu andalan Provinsi Jambi dalam upaya meningkatkan perekonomian, tentu saja dengan dukungan dari seluruh elemen termasuk Genppari Provinsi Jambi.

“Sektor pariwisata harus didukung oleh seluruh elemen guna menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kemajuan pariwisata dalam upaya meningkatkan perekonomian di Provinsi Jambi. Kita harus terus mempromosikan pariwisata Provinsi Jambi secara nasional bahkan internasional sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Fachrori.

Fachrori menekankan, pengurus Genppari harus turut membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam mengidentifikasi seluruh potensi pariwisata di Provinsi Jambi dan mempromosikannya kepada seluruh masyarakat yang ada di Provinsi Jambi, nusantara dan mancanegara. Organisasi Genppari sendiri bertujuan untuk membantu Pemerintah dalam memajukan pariwisata yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap, pengurus Genppari Provinsi Jambi dapat melahirkan kader-kader yang dapat bersaing secara kualitas dan kuantitas dalam bidang pariwisata, sehingga kehadirannya ditengah masyarakat tidak hanya sekedar menyampaikan konsep, tetapi juga dapat membuat solusi secara mandiri untuk kemajuan pariwisata di Provinsi Jambi,” pungkas Fachrori.

Ketua Umum Genppari Pusat, Dede Farhan Aulawi menyampaikan pesan kepada pengurus Genppari DPW Provinsi Jambi untuk lebih mengeksplor pariwisata yang ada di Provinsi Jambi dengan mengemas pariwisata menjadi lebih menarik lagi bagi wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara, serta melakukan penetrasi pasar.

“Saya percaya setiap daerah memiliki keunggulannya masing masing pada sektor pariwisata termasuk Provinsi Jambi yang bisa memanfaat keunggulan wisata alam dan wisata sejarah dengan lebih mengeksplor dan mengemasnya secara baik. Tentunya, ini menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Genppari Provinsi Jambi untuk memajukan pariwisata yang ada di Jambi,” kata Dede.

Ketua DPW Genppari Provinsi Jambi, Dra.Hj.Astina Devi,SH,MH mengatakan, tujuan pembentukan pengurus Genppari Provinsi Jambi adalah untuk membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam menjalankan program pariwisata, serta membina masyarakat dalam melakukan pengelolaan destinasi wisata yang ada di Provinsi Jambi.

“Kita memiliki visi yaitu memajukan pariwisata menjadi sektor andalan di Provinsi Jambi dalam rangka meningkatkan perekonomian Provinsi Jambi dengan mengidentifikasi seluruh potensi wisata yang ada, mempromosikan destinasi wisata Provinsi Jambi kepada seluruh wisatawan secara terencana. Kita juga akan mendorong dalam melaksanakan event dengan berbagai kreativitas dan membangun jejaring pariwisata sehingga wisata di Provinsi Jambi semakin dikenal oleh para wisatawan,” kata Astina.(JP-Hms/Lee)
  






Gubernur Jambi: Seni Budaya Lokal Perkuat Jati Diri Bangsa

Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, berkesempatan membuka Ajang Kreatif Seni Siswa 2020 (AKSI) di Lapangan Upacara SMAN 1 Kota Jambi, Kamis (23/1/2020).(Humas)
Jambipos, Jambi-Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, berkesempatan membuka Ajang Kreatif Seni Siswa 2020 (AKSI) di Lapangan Upacara SMAN 1 Kota Jambi, Kamis (23/1/2020).

Gubernur Jambi menegaskan pembangunan yang lebih berat oleh bangsa ini adalah membangun peradaban bangsa yang tidak hanya membangun fisik karena pembangunan fisik dapat dikerjakan selagi ada dana pasti jadi namun membangun peradaban bangsa tidak semudah hal tersebut.

"Membangun peradaban bangsa diantaranya dengan memberikan pemahaman tentang keanekaragaman seni budaya yang benar kepada generasi muda terutama anak didik," ungkap Fachrori.

Gubernur Jambi menerangkan seni budaya merupakan kepribadian bangsa yang memiliki kontribusi terhadap ketahanan nasional dan menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur bangsa serta pemahaman keanekaragaman seni budaya.

"Pentas seni yang dilaksanakan hari ini menjadi bagian perkuat jati diri dan nilai luhur bangsa," kata Fachrori.

Selain itu Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, berharap kegiatan seni budaya dapat memupuk rasa nasionalisme serta menjadi upaya menangkal budaya negatif dari luar seiring dengan arus globalisasi yang pesat saat ini.

"Budaya lokal kita dapat terjaga dan lestari yang melalui kegiatan pentas seni berharap dapat terus dikembangkan sikap inovatif, kreatif dan kewirausahaan agar siap memasuki kehidupan global," harap Gubernur Jambi.
Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum.
Peningkatan kualitas dan kuantitas kegiatan serta upaya menjalin kerjasama dengan pihak luar termasuk instansi terkait dan pihak swasta bertujuan sebagai upaya peningkatan kualitas SDM Provinsi Jambi.

Sementara itu menurut pihak penyelenggara Kegiatan Expo dan Aksi 2020 Ibu Farida juga sebagai Guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut menyampaikan kegiatan AKSI yang dibuka oleh Gubernur Jambi tersebut sebelumnya telah berlangsung kegiatan Expo 2020, Bazar dan Donor Darah, Lomba Band antar SMA Kota Jambi, dan Speech Contest antar SMA, Lomba Debat Bahasa Indonesia antar kelas, olimpiade MIPA dan IPS antar kelas, lomba pembuatan video antar kelas.

"Beberapa kegiatan yang telah berlangsung sebelum AKSI ini dan semua diselenggarakan disini," ungkap Ibu Farida.

Kegiatan yang berlangsung menjadi ajang pertunjukan seni dan kreativitas serta kemampuan anak didik dalam mengembangkan bakat dan kemampuan diri masing masing.(JP-Hms/Lee)












Elviana Berikan Pemaparan Pada FGD di Unbari

Ciptakan Pembangunan Daerah
Ketua Komite IV (Bidang Perbangkan dan Keuangan) Dewan Perwakilan daerah (DPD) RI Hj Dra Elviana MSi memberikan pemaparan saat kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan DPD RI bekerjasama dengan Universitas Batanghari (Unbari), Kamis (23/1/2020).(FB)
Jambipos, Jambi- Ketua Komite IV (Bidang Perbangkan dan Keuangan) Dewan Perwakilan daerah (DPD) RI Hj Dra Elviana MSi memberikan pemaparan saat kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan DPD RI bekerjasama dengan Universitas Batanghari (Unbari), Kamis (23/1/2020).

FGD ini guna menciptakan pembangunan di setiap daerah, serta menampung aspirasi masyarakat. DPD RI merasa perlu untuk menyelenggarakan FGD yang bekerja sama dengan Unbari di Aula Kampus Unbari.

Forum FGD ini mengusung tema Inventarisasi masalah perubahan tata tertib DPD RI untuk mengimplementasikan fungsi legislasi, fungsi pengawasan, fungsi anggaran dan fungsi representasi DPD RI sesuai dengan Undang-undang MD3 dan Undang-undang P3.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan anggota DPD RI seperti Elviana dapil Provinsi Jambi, Wakil ketua Pansus DPD RI Senator Bangka Belitung, Darmansyah Husen, Rektor III Universitas Batanghari, Sugihartono dan para peserta diskusi.
Hj Dra Elviana MSi (kedua dari kanan) bersama Para Senator Indonesia yang berkunjung ke Jambi (Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, DIY dan Bangka Belitung), FGD di Aula Unbari Jambi, Kamis (23/1/2020).(FB)

Elviana, Senator asal Jambi ini juga mengapresiasi Universitas Batanghari yang merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Provinsi Jambi, karena telah bekerjasama dengan DPD RI untuk membentuk FGD soal pembangunan daerah.

“Saya sangat mengapresiasi ini, dan harus kita akui Fakultas Hukum Unbari sudah banyak mengeluarkan lulusan top. Maka Unbari sangat tepat jika memberikan masukan kepada DPD RI," kata Elviana yang sudah 4 periode mengabdi di Senayan ini.

Elviana mengatakan, forum diskusi ini, pihaknya berjumlah 25 orang dari Jakarta dibagi menjadi dua kelompok. Untuk di Jambi dirinya membawa Wakil Ketua Pansus, senator dari Bangka Belitung yakni Darmansyah Husen dan lainnya.

Forum diskusi tersebut bertujuan untuk menyelaraskan undangan-undangan yang telah dirancang oleh DPD RI sebagai bentuk perubahan dan penyesuaian sesuai dalam bidang kerja pengawasan, anggaran, legislasi dan lain sebagainya yang bisa menampung aspirasi masyarakat.

Selain itu, Elviana perwakilan dari DPD RI mengatakan sangat mengapresiasi kepada Universitas Batanghari yang telah bersedia bekerja sama dengan DPD RI untuk membentuk forum diskusi ini.

Diketahui, Universitas Batanghari sudah banyak mengeluarkan lulusan maupaun usulan-usulan dari jurusan hukum yang bagus dan tepat. Sehingga Unbari menjadi salah satu pilihan untuk membahas persoalan hukum. 

"Saya sangat mengapresiasi atas kerja sama ini untuk membahas soal hukum dan menjadi pelindung dan menyampaikan aspirasi masyarakat untuk kemajuan suatu daerah," kata Elviana.

“DPD RI memiliki peran dan fungsi untuk mewujudkan aspirasi dari masyarakat, kita tahu DPD RI untuk mengajukan ke DPR RI untuk mewujudkan keinginan masyarakat," tambah Sugihartono selaku Rektor III Universitas Batanghari.

Sementara itu, Darmansyah mengatakan, dengan adanya FGD ini perlu dilakukan penyesuaian kebutuhan dan kelembagaan untuk bisa membantu dan membangun daerah melalui fungsi legislasi, pengawasan, anggaran dan representasi.

"DPD RI juga mengembangkan fungsi dalam pembangunan disetiap daerah dengan wewenang untuk menjalankan otonomi daerah dengan baik," kata Darmansyah.(JP-Asenk Lee)
"Kalu ado yang ngajak bafoto, bafotolah. Kareno bafoto itu sebagian dari pertemanan. Hehe," kata Elviana.

"Kalu ado yang ngajak bafoto, bafotolah. Kareno bafoto itu sebagian dari pertemanan. Hehe," kata Elviana.

"Kalu ado yang ngajak bafoto, bafotolah. Kareno bafoto itu sebagian dari pertemanan. Hehe," kata Elviana. 


"Kalu ado yang ngajak bafoto, bafotolah. Kareno bafoto itu sebagian dari pertemanan. Hehe," kata Elviana.

Fachrori Harapkan BUMN Perkuat Pertumbuhan Ekspor Unggulan Daerah

Written By jambipos-online on Rabu, 22 Januari 2020 | 10:17

Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum.(Humas)
Jambipos, Jambi-Kegiatan Coffee Morning Gubernur Jambi bersama Forum BUMN mengusung semangat bersama BUMN Sinergi Membangun untuk Mewujudkan Jambi TUNTAS 2021 di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (22/1/2020).

Gubernur Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, dalam kesempatan tersebut mengharapkan sinergitas BUMN dengan Pemerintah Provinsi Jambi mampu mendorong pertumbuhan serta transformasi struktur perekonomian yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

"Terima kasih atas kehadiran BUMN yang kita harapkan pemikiran atau gagasan untuk membangun sinergitas antar pelaku ekonomi," ungkap Gubernur Jambi.

Harapan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian Provinsi Jambi diutarakan Gubernur Jambi pada dua hal penting, yang merupakan tantangan utama dalam mewujudkan perekonomian Jambi yang baik pada Tahun 2020. 

"Memperkuat sinergi mendorong produktivitas ekspor unggulan daerah dan mendorong transformasi struktur perekonomian Provinsi Jambi," kata Fachrori.

Data dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jambi pada pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi Triwulan IV-2019 diperkirakan pada kisaran 4,70% hingga 5,10% dan kenaikan tersebut didorong oleh perbaikan kinerja komoditi kelapa sawit dan pertambangan, permintaan minyak mentah dan batubara menguat dan permintaan kelapa sawit juga meningkat dengan adanya kebijakan biodiesel di dalam negeri termasuk di negara tetangga Malaysia. 

"Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2020 masih memprioritaskan pembangunan infrastruktur publik, energi dan esdm yang memiliki dampak ganda bagi sektor lainnya. Namun demikian, karena keterbatasan kemampuan masih rendahnya ruang fiskal daerah dibutuhkan peran serta seluruh komponen masyarakat secara bersama membangun daerah," harap Fachrori.

Pertemuan dengan pimpinan BUMN di wilayah Jambi menurut Kepala Perum Bulog Divre Jambi Bachtiar AS merupakan bentuk dukungan kerjasama BUMN sebagai perusahaan negara yang ikut hadir guna memberikan kontribusi bagi perekonomian di Provinsi Jambi. 

"Tahun lalu dibentuk forum sinergi ini dengan harapan program masing-masing badan usaha bisa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jambi," kata Bachtiar AS.

Lebih lanjut Bachtiar AS menyampaikan, telah bergabung 27 perusahaan milik negara dalam forum sinergi BUMN yang dapat berkontribusi terutama dalam pengelolaan dana CSR (dana sosial perusahaan) bersinergi mendukung program Pemerintah Provinsi Jambi.

"Dana CSR dapat digunakan membantu masyarakat dengan program yang seiring dengan Jambi TUNTAS 2021," kata Kepala Bulog Jambi.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Pj.Sekda Provinsi Jambi, H.Sudirman,SH,MH serta para pejabat terkait lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.(JP-Hms/Lee)
  

Laporan Akhir Tahun 2018 Polda Jambi

Laporan Akhir Tahun 2018 Polda Jambi
KLIK Benner Untuk Selengkapnya


Berita Lainnya

Jambi: Niat Bangun Stadion Internasional Belum Ada

Jambi: Niat Bangun Stadion Internasional Belum Ada
Klik Gambar Untuk Berita Selengkapnya

Dahlan Iskan: 75 Persen Pemilik Media Siber Mantan Wartawan Surat Kabar

Dahlan Iskan: 75 Persen Pemilik Media Siber Mantan Wartawan Surat Kabar
Sebanyak 75 persen pendiri dan pemilik media siber di Indonesia merupakan bekas wartawan surat kabar. Saat ini tercatat sebanyak 43.300 media siber di seluruh Indonesia. Klik Gambar Untuk Selengkapnya

Ragam Berita

Terimakasih Astra, Dengan Go-Car, Kami Tak Lagi Bonceng Lima

Terimakasih Astra, Dengan Go-Car, Kami Tak Lagi Bonceng Lima
KLIK Gambar Untuk Beritanya

Raker PWI Pusat 2019

Raker PWI Pusat 2019
Menjawab Idealisme dan Realita Era Media Digital

Kode Etik Jurnalistik

Kode Etik Jurnalistik
Pahami dan Taati. KLIK Gambar Selengkapnya

Jurus Sakti KPK Itu Bernama OTT

Jurus Sakti KPK Itu Bernama OTT
KLIK GAMBAR UNTUK NEWS SELENGKAPNYA

RAGAM BERITA LAINNYA

Pengurus PWI Provinsi Jambi Periode 2017-2022

Pengurus PWI Provinsi Jambi Periode 2017-2022
KLIK Benner Daftar Pengurusnya
 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA