Home » , » "Membela Agamamu Bukan Dengan Membantah Fakta"

"Membela Agamamu Bukan Dengan Membantah Fakta"

Written By jambipos-online on Rabu, 16 Mei 2018 | 07:28

Ratna Dewi/FB
Jambipos Online, Jambi-Membela agamamu bukan dengan membantah fakta bahwa pelaku teror Surabaya adalah bagian dari kita, keluarga muslim. Bukan dengan ngotot bahwa Islam tak mengajarkan yang demikian. 

Tidak dengan asumsi tentang keyakinanmu tengah disudutkan, direkayasa, didzolimi. Bukan dengan letup amarah di dada dan kepala hingga muncrat macam cacian pada siapa saja yang mengatakan kebalikan. Jangan dengan berbalik menyerang dan meneror orang-orang yang berseberangan.

Tapi belalah Islam dengan ILMU. Belalah ajaran Muhammad dengan PENGETAHUAN bahwa sepanjang sejarahnya, kaum muslimin benar penuh dengan pertikaian, penaklukan, darah dan airmata. 

Belalah agama purna ini dengan WAWASAN atas ratusan tafsir dan fakta bahwa penguasa di berbagai zaman pernah berkelindan dengan ayat-ayatnya untuk kelanggengan kuasa.

Dan dari titik itu kita bercermin lalu melangkah maju. Menuntaskan tugas Muhammad yang diturunkan demi memperbaiki akhlak manusia. Untuk meneruskan peradaban sebelumnya. 

Menyempurnakan akhlak didahului dengan kesediaan menerima kesalahan, mengakui kekurangan dan berkehendak memperbaikinya.

Sejarah kita memang cacat dan karenanya Muhammad meminta kita menebusnya. Membayar dengan memperbaikinya. Yang demikian adalah peradaban yang bergerak maju dan bukan kebalikan yang dekaden.

Bukankah Putra Abdullah itu telah berkata: “Yang terbaik dari umatku bukanlah mereka yang hidup di jamanku atau setelahku. Tapi mereka yang datang dari masa yang jauh dariku, mereka tak pernah berjumpa denganku, hanya mendengar nama dan kisahku tapi mereka mencintaiku dan mengamalkan ajaran-ajaranku”.

Kita, barangkali, adalah umat yang beruntung untuk menjadi yang terbaik itu! #MohonMaafLahirBatin #MarhabanYaaRamadhan. (JP-Ratna Dewi/FB)

Berita Terkait

Share this article :

Posting Komentar