Home » , » Aneh, Gerindra Berikan Dukungan Ganda di Pilkada Kerinci

Aneh, Gerindra Berikan Dukungan Ganda di Pilkada Kerinci

Written By jambipos-online on Jumat, 12 Januari 2018 | 10:29

Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi H Sutan Adil Hendra Nasution.
Jambipos Online, Jambi-Ada yang aneh di Pilkada Kerinci 2018. Partai Gerindra memberikan dukungan ganda kepada dua calon Bupati. Bahkan kedua calon bupati tersebut sudah mendaftar di KPu Kerinci dan kedua calon kini menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Jambi, Jumat (12/1/2018).

Dukungan ganda Gerinda kepada Pasangan Monadi-Edison dan Zainal Abidin-Arsal. Awalnya Gerindra memberikan dukungan kepada Monadi-Edison sesuai dengan mekanisme partai usulan dari DPC, DPD ke DPP Gerindra. 


Namun secara mendadak jelang pendaftaran di KPU Kerinci, mendadak muncul dukungan Gerindra kepada Zainal Abidin (Wakil Bupati Kerinci) yang sebelumnya terancam tak bias lolos di Pilkada Kerinci karena tak mendapat perahu partai politik.

Di hari kedua tahapan pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah, Jumat (12/1/2018), sejumlah pasangan calon sudah berada di RSUD Raden Mattaher Jambi, untuk memeriksa kesehatan jasmani dan rohani termasuk Monadi-Edison dan Zainal Abidin-Arsal.

Kedua pasangan calon yang sama-sama mengklaim dukungan Gerindra ini, tiba di RSUD Raden Mattaher hampir pada waktu yang bersamaan. Sementara pasangan Adirozal-Ami Taher telah terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan, pada Kamis (11/1/2018).

Klarifikasi DPD Gerindra

Dukungan ganda Partai Gerindra di Pilkada Kerinci hingga kini masih berpolemik. Pasalnya Gerindra yang awalnya sudah menyerahkan SK dukungan resmi ke pasangan Monadi-Edison, dimenit-menit akhir masa pendaftaran justru menganulir dukungan tersebut dan mengalihkannya ke pasangan Zainal Abadil-Arsal.

Bahkan, saat Zainal-Arsal mendaftar ke KPU Kerinci Rabu (11/1/2018) malam lalu, Ketua dan Sekretaris DPC Gerindra Kerinci (Arsal-Yanti Maria) ikut mengantarkan Zainal-Arsal. Namun saat pasangan Monadi-Edison mendaftar di KPU Kerinci, Ketua dan Sekretaris DPC Gerindra Kerinci ikut.

Katanya, DPP Gerindra mengambil alih dan memberikan mandat kepada Arsal dan Yanti Maria untuk menandatangani berkas berita acara pendaftaran di KPU Kerinci. Zainal-Arsal pun akhirnya resmi mendaftar ke KPU Kerinci.

Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi, Sutan Adil Hendra (SAH) kepada wartawan mengatakan, dirinya tidak tahu adanya pembekuan Ketua dan Sekretaris DPC Gerindra Kabupaten Kerinci saat pendaftaran pasangan Zainal Abidil-Arsal. “Saya tidak dilibatkan oleh DPP soal dukungan ke Zainal Abidin-Arsal, saya tidak tahu soal itu," katanya.

Menurut SAH, dukungan ke Monadi-Edison sudah melalui mekanisme partai, dimana sesuai usulan DPC ke DPD lalu disampaikan ke DPP. “Sudah sesuai mekanisme, itu juga sesuai survei, karena salah satu syaratnya adalah hasil survei," katanya.

Kata SAH, pihaknya masih mempelajari soal adanya dukungan ganda tersebut dan meminta klarifikasi dari DPP Gerindra. Soal terbagi duyanya dukungan kader Gerindra di Pilkada Kerinci (pasangan Monadi-Edison dan Zainal-Arsal), kata SAH, pihaknya masih mempelajari terkait dukungan tersebut terlebih dulu.

“Untuk kader di Kerinci harap menunggu dulu, nanti apapun keputusan dari DPP tetap kita ikuti. Sayapun tidak mengetahui jika salah satu kadernya (Arsal) bakal maju di Pilkada Kerinci. Arsal juga tidak pernah berkomunikasi soal niatannya maju di Pilkada Kerinci. Beliau tidak pernah berkomunikasi soal mau maju, begitu juga mekanisme partai tidak juga diikuti. Tahu-tahunya sudah berpasangan. Yang jelas DPD Gerindra sudah memberikan dukungan sesuai mekanisme partai,” katanya. (JP-Lee)


Berita Terkait








11.Ini Daftar Cakada Pilkada Serentak 2018 di Jambi
Share this article :

Posting Komentar