Home » , » Cerita Pilkada, Suami Daftar Ke KPU, Istri Dipanggil KPK

Cerita Pilkada, Suami Daftar Ke KPU, Istri Dipanggil KPK

Written By jambipos-online on Minggu, 14 Januari 2018 | 14:50

Paslon Zainal Abidin-Arsal Pilkada Kerinci Periode 2018-2023.
Jambipos Online, Jambi-Ada cerita unik dari Kerinci, jelang pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 Juni 2018 mendatang. Tokoh ceritanya adalah Zainal Abidin (Wakil Bupati Kerinci) dan istrinya Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Kerinci-Sungaipenuh Yanti Maria Susanti. Yanti Maria Susanti juga menjabat sebagai Sekretaris Ketua DPC Gerindra Kabupaten Kerinci.

Sebelumnya Zainal Abidin, nyaris tak bisa ikut Pilkada Kerinci. Pasalnya setelah pecah kongsi dengan Adirozal (Bupati Kerinci), Zainal Abidin sempat tak dapat partai pengusung. Namun saat ahkir pendaftaran calon di KPU Kerinci, Zainal Abidin mendadak bisa diusung PKB dan Gerindra. Akhirnya Zainal Abidin-Arsal (ZA) diusung koalisi Gerindra dan PKB.

Padahal saat pendaftaran Gerindra dan PKB mengusung Paslon Monadi–Edison (Modis) dengan berkoalisi  Golkar, Nasdem, PDIP, Partai Demokrat. Namun kelihaian politik Arsal (Ketua DPC Gerindra dan Sekretaris DPC Gerindra Kerinci, Yanti Maria Susanti bisa menyakinkan DPP Kerinci untuk menarik dukungan ke Monadi-Edisin dan berbalik mendusung Zainal Abidin-Arsal.

Saat suami bersusah payah mendapatkan Partai pengusung di Pilkada Kerinci, Yanti Maria Susanti yang menjabat Anggota Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jambi, Jumat (12/01/2018) diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Yanti diperiksa terkait dengan kasus dugaan suap RAPBD Provinsi Jambi TA 2018.
Yanti Maria Susanti.IST

Agenda KPK dalam pemeriksaan tersangka dan saksi untuk kasus suap ketok palu RAPBD 2018 Provinsi Jambi. Pemeriksaan H Saipudin  (Mantan Asisten III Prov Jambi) sebagai saksi untuk tersangka Supriyono. Yanti Maria Susanti  sendiri diperiksa sebagai saksi untuk SAI.

KPK sudah memeriksa 44 saksi untuk mendalami kasus ini. Termasuk ketua fraksi, pimpinan DPRD, Gubernur dan Wakil Gubernur. 

Semoga saja dipanggilnya Yanti Maria Susanti, istri dari Zainal Abidin calon bupati Kerinci ini, tidak mempengaruhi suhu politik di Kabupaten Kerinci jelang Pilkada kerinci 27 Juni 2018 mendatang.

“Saya sangat terharu, penyambutan dari masyarakat Kerinci bagian hilir sangat luar biasa. Saya disambut oleh masyarakat Kerinci di perbatasan Kerinci dan Merangin. Bahkan tidak sedikit kendaraan masyarakat Kerinci yang menjemput dirinya hingga ke Kabupaten Merangin. Saya sangat terharu melihat antusiasnya masyarakat menyambut saya, sampai ke Merangin. Mereka ingin memastikan bahwa Zainal Abidin pulang membawa rekomendasi Gerindra dan PKB," kata Zainal saat menjawab pertanyaan wartawan usai mengikuti medical check up di RSU Raden Mattaher Jambi, Jumat (12/1/2018) sore. (JP-Lee)



 


 
Share this article :

Posting Komentar