Home » , , , , , » Pembekalan SDM Pekerja Konstruksi Guna Mewujudkan Hasil Berkualitas

Pembekalan SDM Pekerja Konstruksi Guna Mewujudkan Hasil Berkualitas

Written By jambipos-online on Thursday, May 19, 2016 | 2:54 PM


Kepala UPTD Jasa Konstruksi (Jakon) PU Provinsi Jambi Ir Martayadi Tajuddin MM tampak menyemangati peserta pembekalan. IST


Jambipos Online, Jambi-Pembekalan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pekerja konstruksi merupakan ujung tombak guna menghasilkan produk atau hasil yang berkualitas. SDM adalah sebagai nafas bagi pekerja konstruksi dalam pencapaian pembangunan yang bermutu dan berkesinambungan. Pembekalan SDM bagi pekerja konstruksi juga sebagai pembentukan pekerja atau badan usaha sektor jasa konstruksi yang profesional guna menghasilkan produk pembangunan  yang berkualitas sesuai standar dan kualitas yang telah ditetapkan.(Baca Juga:Praktek Lapangan Uji Kompetensi Tingkat Oparator Exavator Jakon PU Provinsi Jambi)

Kepala UPTD Jasa Konstruksi (Jakon) PU Provinsi Jambi Ir Martayadi Tajuddin MM mengatakan, kegiatan pembekalan yang selama ini dilakukan UPTD Jakon PU Provinsi Jambi semata-mata tuntutan profesi. Pembekalan dan pelatihan guna menciptakan SDM pekerja atau badan usaha jasa konstruksi yang profesional dan handal.

Disebutkan, sejumlah pelatihan atau pembekalan sudah dilaksanakan sejak Maret 2016 lalu. Misalnya “Bimbingan Teknis Penangung Jawab Teknis Badan Usaha”. Kata Martayadi, bahwa kegiatan itu agar dapat menghasilkan SDM atau penanggung jawab teknis badan usaha sektor jasa konstruksi yang professional. (Berita Terkait: Martayadi Paparkan Program)

Sehingga SDM itu dapat menghasilkan produk pembangunan infrastruktur yang berkualitas sesuai standar dan kualitas yang telah ditetapkan. Bimbingan itu juga bertujuan  untuk menyamakan pemahaman, akan pentingnya kompetensi Badan Usaha untuk pengembangan Jasa Konstruksi khususnya di Provinsi Jambi. 

Selain itu sebagai bekal dalam meningkatkan kompetensi sebagai Penanggung Jawab Teknis Badan Usaha khususnya Badan Usaha pada sektor Jasa Konstruksi dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). (Baca Juga: UPTD Jakon PU Provinsi Jambi Terbitkan Akun Sosmed)

Martayadi juga menuturkan pentingnya kemampuan Penangung Jawab Teknis Badan Usaha untuk berkompetisi menghadapi persaingan di era MEA dengan keahlian dan profesi yang dimiliki. Sehingga tidak tergilas oleh pekerja asing dari negara-negara ASEAN. 

Martayadi Tajuddin lebih jauh memaparkan, bahwa materi yang disampaikan para narasumber dalam bimbingan teknis meliputi Kebijakan Jasa Konstruksi, Administrasi Kontrak, Persiapan Proyek, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Akuntansi, Surety Bond, Manajemen Logistik Proyek Konstruksi, Operasional dan Pemeliharaan Peralatan, Perpajakan, Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Peran LPJK Jambi, USBU dan USTK dan Manajemen Pengusahaan Jasa Konstruksi.

Disebutkan, para Instruktur dan nara sumber dalam setiap kegiatan menghadirkan dari Direktorat Bina Kelembagaan dan Sumber Daya Jasa Konstruksi, BPKAD Provinsi Jambi, Kantor Pajak Provinsi Jambi, BPJS Ketenagakerjaan, LPJK Provinsi Jambi, Dinas PU Provinsi Jambi.

Menurut Martaydi Tajuddin, seluruh kegiatan pembekalan, bimbingan atau pelatihan yang dilakukan UPTD Jakon PU Provinsi Jambi selama ini memberikan manfaat yang berguna untuk menghadapi MEA. 

Disebutkan, kegiatan pembekalan, bimbingan atau pelatihan yang dilakukan UPTD Jakon PU Provinsi Jambi yakni Pelaksanaan Kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Pelaksana Pekerjaan Mandor Perkerasan Jalan di Muaro Jambi ,dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari pada tanggal 10 hingga 12 Mei 2016.

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Dinas PU Provinsi Jambi Ir PB Panjaitan MM yang diwakili oleh Kepala Bidang Perumahan Ir Harry Andria dan dihadiri oleh para undangan dari IALKI, LPJK dan Pejabat Struktural dilingkungan Dinas PU Provinsi Jambi.

Kemudian Pelatihan Pelaksana Pekerjaan Saluran Irigasi untuk Kompetensi dan Sertifikasi Pekerja Konstruksi di Muaro Jambi tanggal 16 hingga 23 Mei 2016. Pembicara pejabat dari Direktorat Bina Konstruksi 2016.

Selanjutnya Pembekalan dan Fasilitasi Uji Juru Gambar (SMK). Pembekalan bagi para juru gambar dibutuhkan untuk mengakselerasi peningkatan jumlah pekerja juru gambar yang memiliki kompetensi yang optimal. Sehingga pada akhirnya akan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing dalam rangka mewujudkan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Kata Martayadi, Kepala Semen Padang Perwakilan Jambi Dani Oktavianus SE juga memberikan materi pertama teknologi semen dalam kontruksi bangunan. Kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Kompetensi Tingkat Pelaksana Bangunan gedung berjalan lancar.

Kepala UPTD Jasa Konstruksi PU Provinsi Jambi Ir Martayadi Tajuddin MM selalu memberikan semangat dan motivasi kepada peserta kegiatan. Hal itu tampak saat kegiatan “Pembekalan dan Fasilitasi Uji Kompetensi Tingkat Teknisi Elektrical” (Listrik) agar serius mengikuti kegiatan ini. Tak lupa Martayadi Tajuddin selalu berpesan Bekerja Keras, Bergerak Cepat, Bertindak Tepat. 

Proses asesmen “Pembekalan dan Fasilitasi Uji Kompetensi Tingkat Teknisi Elektrical” (Listrik) berjalan dengan baik. Semua peserta antusias mengikuti proses ini setelah proses asesmen dilanjutkan dengan turun kelapangan untuk aplikasi praktek lapangan.

“Insya Allah dengan kegiatan ini akan menghasilkan SDM tenaga kerja Para Instalasi Listrik yang Unggul,Tangguh dan Berdaya Saing menuju "Jambi Tuntas 2021". Semoga. (Asenk Lee Saragih)

Berikut Ini Foto Dokumentasi Kegiatan UPTD Jakon PU Provinsi Jambi 2016. Foto-foto FB UPTD Jakon PU Provinsi Jambi.




























UPTD Jakon PU Provinsi Jambi Lakukan Pembekalan SDM Pekerja Konstruksi Guna Mewujudkan Hasil Berkualitas.
 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos