. DPRD dan DPR RI Tinjau Lokasi Pelabuhan Ujung Jabung | Jambipos
Home » , , , , , , » DPRD dan DPR RI Tinjau Lokasi Pelabuhan Ujung Jabung

DPRD dan DPR RI Tinjau Lokasi Pelabuhan Ujung Jabung

Written By jambipos-online on Minggu, 05 Januari 2020 | 07:52

Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi A Fauzi Ansori, H Ivan Wirata ST MM MT bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi M Ir Fauzi MT, Anggota DPR RI Hasan Basri Agus (HBA) serta Bupati Tanjabtim Romi Haryanto meninjau kawasan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Sabtu (4/1/2020).(Istimewa)
Jambipos, Jambi-Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi A Fauzi Ansori, H Ivan Wirata ST MM MT bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi M Ir Fauzi MT, Anggota DPR RI Hasan Basri Agus (HBA) serta Bupati Tanjabtim Romi Haryanto meninjau kawasan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Sabtu (4/1/2020).

Hal itu dikatakan Ivan Wirata kepada wartawan usai melakukan peninjauan lokasi Pelabuhan Samudra Ujung Jabung, Kabupaten Tanjabtim. "Yang hadir lengkap, pak HBA, Bakri, Sofyan Ali, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV PUPR," jelas Ivan Wirata.

Ivan Wirata mengatakan, jika  akses jalan menuju ke Ujung Jabung itu pihaknya sudah berkomunikasi dengan BPJN untuk mendorong percepatan pembangunan.

“Jalan itu sekitar 52 Kilometer menuju Ujung Jabung. Pertama kita dorong persoalan pembebasan lahan, ini sudah hampir sekitar 50 persen, insyaallah tahun depan selesai,” sebutnya.

Kata Ivan Wirata yang juga mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi masa jabatan 2011-2014 ini, Komisi III DPRD Provinsi Jambi akan terus berupaya untuk mendorong dan menganggarkannya secara berkelanjutan didukung dengan sana APBN.

“Artinya kita mendukung dan akan dipercepat, kita yakin ini tuntas siap maju kedepan. Karena pemerintah juga melanjutkan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung . Pemerintah Provinsi Jambi sudah merencanakan hingga tahun 2021 akan membangun Pelabuhan Ujung Jabung,” katanya.

Jalan Pelabuhan

Sementara itu Kadis PUPR Provinsi Jambi Ir M Fauzi MT didampingi Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Provinsi Jambi Ir Tetap Sinulingga mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pembangunan jalan menuju kawasan Pelabuhan Ujung Jabung sepanjang 42 kilometer.
Percepatan pembangunan jalan akses Pelabuhan Ujung Jabung di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi merupakan program trategis nasional.  

Pelabuhan Ujung Jabung ini sangat penting sekali bagi Provinsi Jambi, khususnya terkait perekonomian masyarakat Jambi. Dengan adanya Pelabuhan Ujung Jabung, tentu akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Jambi, sehingga percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung memang sangat diperlukan.

Saat Kadis PUPR  Provinsi Jambi dijabat PB Panjaitan MM Februari 2016 lalu, PUPR Provinsi Jambi telah berupaya melobi Pemerintah Pusat untuk mendapatkan dana segar Rp 900 Miliar untuk pembangunan jalan menuju pelabuhan Samudera Ujung Jabung di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Dana sebesar Rp 900 Miliar itu hingga pembangunannya tuntas.

Jalan yang akan dibangun itu sepanjang 43 kilometer mulai dari Desa Simpang Tanjabtim hingga Ujung Jabung. “Membangun jalan itu memang membutuhkan dana yang cukup besar, saya perkirakan lebih kurang menghabiskan Rp900 miliar sampai tuntas. Kami sudah mengusulkan dan melobi Pusat dana sebesar Rp 900 M itu," kata PB Panjaitan saat itu.(JP-Lee)

Berita Terkait


Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA