Home » , , , , » Ir M Fauzi MT: Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung Program Strategis Nasional

Ir M Fauzi MT: Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung Program Strategis Nasional

Written By jambipos-online on Senin, 03 Desember 2018 | 06:21

Hari Bhakti Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Ke 73 Tahun 2018

Jambipos Online, Jambi-Percepatan pembangunan jalan akses Pelabuhan Ujung Jabung di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi merupakan program trategis nasional. Pelabuhan Ujung Jabung ini sangat penting sekali bagi Provinsi Jambi, khususnya terkait perekonomian masyarakat Jambi. Dengan adanya Pelabuhan Ujung Jabung, tentu akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Jambi, sehingga percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung memang sangat diperlukan.

Demikian diungkapkan Kepada Dinas PUPR Provinsi Jambi Ir Muhammad Fauzi MT kepada wartawan disela-sela aksi donor darah dan gerak jalan santai keluarga besar Dinas PUPR Provinsi Jambi dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Ke 73, Minggu (2/12/2018).

Menurutnya, Pemprov Jambi melalui Dinas PUPR Provinsi Jambi sudah merintis untuk membuka akses jalan ke lokasi Pelabuhan Samudera Ujung Jabung, Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Akses jalan menuju lokasi pelabuhan itu rencananya dibangun diluar dari areal Taman Nasional Berbak. Bahkan Bidang Bina Marga PUPR Provinsi Jambi sudah melakukan peninjauan dan mengambil gambar drone rencana jalur jalan yang akan dibangun.

Disebutkan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR akan berkolaborasi dalam mewujudkan pembangunan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung yang sudah dirintis era Gubernur Jambi HBA.

Menurut Fauzi, jalan menuju Pelabuhan Ujung Jabung sudah dirintis. Bahkan jalan tersebut jauh dari areal Taman Nasional Berbak. 

“Kabid Bina Marga PUPR Provinsi Jambi sudah melihatnya lokasi dan menelusuri jalur menuju ke Pelabuhan Ujung Jabung. Semua sudah didokumentasikan menggunakan drone. Nanti hasilnya akan kita presentasikan di Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan. Sehingga Pemerintah Pusat bisa fokus untuk mewujudkan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung itu,” ujar Ir Fauzi.

Sebelumnya, pada Senin 1 Oktober 2018 lalu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum didampingi Sekretaris PUPR Provinsi Jambi Nazirwan, Kabid Bina Marga PUPR Provinsi Jambi Ir Tetap Sinulingga dan Kadis Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adi Putra melakukan audiensi bersama pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI dan Kementerian Perhubungan RI membahas tindak lanjut Percepatan Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung, bertempat di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Jakarta Pusat.

Audiensi itu difasilitasi oleh anggota IV BPK RI, Prof.Dr.H.Rizal Djalil yang merupakan putra daerah Jambi dengan mengundang Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, Ir. R.Agus H.Purnomo dan Direktur Pembangunan Jalan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR RI, Ir.Heri Marjuki.

Fachrori saat itu mengungkapkan, Pelabuhan Ujung Jabung ini sangat penting sekali bagi Provinsi Jambi, khususnya terkait perekonomian masyarakat Jambi. Dengan adanya Pelabuhan Ujung Jabung, tentu akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Jambi, sehingga percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung memang sangat diperlukan.

"Kita mengetahui, dalam melakukan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung membutuhkan waktu dan dilaksanakan secara bertahap. Untuk itu, kita berusaha melakukan upaya agar pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung bisa dipercepat karena pelabuhan ini sangat penting bagi perekonomian Provinsi Jambi," ungkap Fachrori.

Fachrori mengemukakan, Provinsi Jambi nantinya akan menjadi pusat perdagangan dengan adanya Pelabuhan Ujung Jabung ini, sehingga memberikan kontribusi yang lebih nyata terhadap perekonomian masyarakat sekitar dan berimbas juga pada perekonomian Provinsi Jambi. Pelabuhan Ujung Jabung ini juga nantinya akan menjadi kawasan perekonomian bagi Provinsi Jambi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi.

"Pelabuhan Ujung Jabung nantinya akan menjadi pusat perdagangan dan kawasan perekonomian bagi Provinsi Jambi, akan banyak kapal kapal yang singgah dan melakukan aktivitas perdagangan di pelabuhan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya dalam melakukan percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung ini," ungkap Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jambi sendiri terus mendukung kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat dalam melakukan percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung melalui pembangunan fasilitas yang dibutuhkan untuk Pelabuhan Ujung Jabung.

"Dalam melakukan upaya percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung ini, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sudah memberikan dukungan penuh. Jadi, kita tinggal mensinergikannya secara bersama sama dalam melaksanakan percepatan pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung ini, sehingga bisa selesai sesuai dengan target yang telah ditetapkan," kata Fachrori. (JP-Asenk Lee)

Share this article :

Posting Komentar