. Catatan Perjalanan Menelusuri Kawasan Ujung Jabung | Jambipos
Home » , , , » Catatan Perjalanan Menelusuri Kawasan Ujung Jabung

Catatan Perjalanan Menelusuri Kawasan Ujung Jabung

Written By jambipos-online on Minggu, 05 Januari 2020 | 10:53

Ivan Wirata: Kita Perjuangkan Pelabuhan Ujung Jabung Terwujud
Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi A Fauzi Ansori, H Ivan Wirata ST MM MT, Pinto jaya Negara, bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi M Ir Fauzi MT, Anggota DPR RI Hasan Basri Agus (HBA), H Bakri H.A.Bakri, Sofyan Ali serta Bupati Tanjabtim Romi Haryanto meninjau  kawasan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Sabtu (4/1/2020). (Foto Ucup B)
Jambipos, Jambi-Kerinduan Pemerintah Provinsi Jambi untuk memiliki Pelabuhan Samudra sudah dirintis sejak Gubernur Jambi dijabat H Hasan Basri Agus (HBA) (2010-2015). Bahkan grounbreking pembangunan pelabuhan itu sudah dilakukan. Kala itu Kadis PUPR Provinsi Jambi (2011-2014) juga dijabat H Ivan Wirata (IW) ST MM MT.

Kini keduanya, antara HBA dan IW duduk sebagai Legislatif. IW sebagai Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi Fraksi Golkar dan HBA sebagai Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar. Keduanya memiliki mimpi yang sama mewujudkan Pembangunan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Guna menindak lanjuti impian itu, Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi A Fauzi Ansori, H Ivan Wirata ST MM MT, Pinto jaya Negara, bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi M Ir Fauzi MT, Anggota DPR RI Hasan Basri Agus (HBA), H Bakri H.A.Bakri, Sofyan Ali serta Bupati Tanjabtim Romi Haryanto meninjau  kawasan Pelabuhan Samudra Ujung Jabung di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, Sabtu (4/1/2020).


Seperti syair lagu, “Dari Ujung Jabung sampai Durian Tangkuk Rajo, dari Sialang Belantak Besi hinggo Bukit Tambo Nan Tulang", mungkin kita pernah dengar sepenggal lirik lagu Melayu Jambi yang berjudul " Negeri Jambi" itu.

“Kami yakin mampu mewujudkannya sebuah mimpi. Sebenarnya kita sudah separuh jalan untuk mewujudkannya. Doa Ikhtiar dan jawaban Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” ujar IW.

Ujung Jabung

Ada apa sebenarnya di Ujung Jabung, ternyata ada mutiara yang tersimpan disana, laut lepas membentang samudra, mimpi besar para pemimpin-pemimpin Provinsi Jambi tertuju ke sana. Dimana jalur perdagangan lintas negara akan terbuka luas, pertumbuhan ekonomi akan meningkat, dan banyak lagi hal lainnya.

Melihat kawasan itu, Rombongan Legislatif (DPRD Provinsi Jambi, DPR RI, Pemerintah Kabupaten Tanjabtim, Pejabat Dinas PUPR Provinsi Jambi) berangkat dari Jambi Pukul 07:00 WIB, Sabtu 4 Januari 2019.

Memang perjuangan munuju kesanapun sungguhlah butuh pengorbanan. Rombongan dengan menempuh jalur Sungai Batanghari menggunakan speedboat dari Tanggo Rajo kawasan rumah dinas Gubernur Jambi atau lebih di kenal “Ancol” nya Jambi.

Sedangkan Rombongan lainnya, melintasi jalur darat melalui Jembatan Aurduri II menuju Nipah Panjang dengan jarak tempuh kurang lebih 3.5 jam tibalah di Nipah Panjang - Tanjung Jabung Timur.

Setiba di Nipah Panjang, rombongan dijamu makan siang oleh Bupati Tanjabtim yang sudah menanti kedatangan Rombongan dengan menu khas makanan disana udang laut yang masih seger, ikan bawal bakar, gulai tempoyak dan lainnya. Ditemani hembusan angin laut yang bertiup membuat Rombongan ingin selalu bertambuh melahap semua menu yang disajikan.

Lepas makan siang, sebelum melanjutkan perjalanan, Rombongan melaksanakan Sholat Dzuhur Berjama'ah. Dua speedboat sudah terparkir untuk mengangkut Rombongan menuju kawasan Pelabuhan Ujung Jabung.

Sampai tibalah waktunya semua untuk melanjutkan perjalan menggunakan speedboat dari Nipah menuju Kecamatan Sadu. Tiba di Sadu rombongan disambut oleh Camat dan masyarakat setempat. 

Perjalan belum selesai. Ternyata belum, masih ada jalan yang cukup jauh yang harus ditempuh dengan menggunakan jalur darat. Sebagian pakai motor, sebagian ada yang diangkut dengan menggunakan mobil bak terbuka milik Polisi.

Di tengah perjalanan, rombongan diguyur hujan yang cukup lebat. Semua berhamburan untuk mencari tempat berteduh. Sementara perjalanan masih harus tetap dilanjutkan. Semangat rombongan tak pernah memudar.

Setelah hujan berhenti, rombongan melanjutkan perjalanan. Di tengah perjalanan Mobil Pickup yang ditumpangi terpuruk, karena memang kondisi jalan di sana cukup membuat perut lapar lagi.

Kurang lebih 30 menit perjalanan dengan basah - basahan dan sepatu penuh lumpur, sampailah kami ke tujuan. Tampak dari kejauhan laut luas membentang dengan ombak yang gemuruh semua rasa lelah dalam perjalanan terbayarkan.

Menjelajahi lokasi Pelabuhan Samudra Ujung Jabung, adalah moment yang sangat berharga yang harus diabadikan. Sebagai bagian dari perjuangan pembangunan Provinsi Jambi, walaupun kecil setidaknya sudah “berjuang” untuk “Negeri” ini.

Rombongan pulang dari Ujung Jabung dan tiba di Jambi Sabtu 4 Januari 2020 Pukul 23 : 00 WIB. Sebagai catatan penting situasi di Sadu, kenderaan di Ujung Jabung diangkut menggunakan kapal dengan biaya yang cukup mahal. Khusus untuk kebutuhan mereka pakai karena tidak ada akses jalur darat jadi tidak keluar lagi.(JP-Ucup B/Asenk Lee Saragih)

Gallery Foto Menelusuri Kawasan Ujung Jabung
Foto-Foto Oleh Ucup B (kanan) .


























































Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA