Home » , , , » Begini Proses Polisi Melacak Posisi Wanita yang Nyaris Bugil

Begini Proses Polisi Melacak Posisi Wanita yang Nyaris Bugil

Written By jambipos-online on Tuesday, June 6, 2017 | 13:51


Wanita yang nyaris bugil dibawa petugas (Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jambipos Online, Jambi-Tidak lama setelah videonya beredar viral di media sosial, polisi akhirnya bisa menemukan VM, wanita yang nyaris telanjang di tempat umum di Jakarta Barat. VM diamankan di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Selatan, tadi malam. Bagaimana ceritanya? 

Kanit Reskrim Polsek Tamansari Kompol Bintoro mengungkap, pihaknya menelusuri sosok VM itu ke lokasi-lokasi yang sempat disinggahi VM dalam video tersebut. (Baca: Lihat Video Aksi Bugilnya)

 "Dari titik-titik itu, kita dapat informasi, kita kroscek, dari mereka kita runut," ujar Bintoro kepada wartawan di Mapolsek Tamansari, Jakarta Barat, Selasa (6/6/2017). Polisi juga memintai keterangan warga di lokasi-lokasi tersebut. 

Untuk diketahui, VM sempat membeli obat di apotek di kawasan Lokasari, Mangga Besar, Jakarta Barat dan Jalan Mangga Dua Dalam, Mangga Dua, Jakarta Barat. "Ada informasi (masyarakat) bahwa 'oh kenal orang ini pernah lihat,' pas saya cek ternyata betul," imbuhnya. 

Tidak hanya itu, polisi juga sempat mengecek sebuah apartemen di kawasan Tamansari, Jakarta Barat. "(Ada informasi) masuk ke apartemen Tamansari," ungkapnya. 

Polisi juga mengecek keberadaan VM ke sebuah kosan di kawasan Tamansari, hingga akhirnya, polisi bisa menemukannya di Apartemen Rasuna, Kunjungan, Jaksel. "Dia pernah kos di daerah situ (Tamansari), terus terakhir di situ, di Apartemen Rasuna itu," ungkapnya. 


"Keterangan berubah-ubah. Jadi agak lemah meriksa dia. Jawaban tidak konsisten. Pertanyaan A jawabannya ini. Kemudian ditanya hal yang sama, jawabannya beda," kata Kapolsek Taman Sari AKBP Erick Frendriz saat dihubungi detikcom, Selasa (6/6/2017). 

Erick belum mengetahui penyebab tidak konsistennya keterangan dari VM. Kondisi kejiwaan VM belum diketahui. "Kalau yang masalah kejiwaan, itu dokter yang menentukan," ujar dia. 

Berubah-ubah Soal mengapa seseorang bisa keluar rumah dengan tanpa busana, dr Andri, SpKJ dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera, pernah menjelaskan bahwa penyebabnya bermacam-macam. Sebagian besar di antaranya memang bentuk dari gangguan jiwa, namun ada perbedaan antara gangguan jiwa satu dengan yang lain. 
Wanita nyaris bugil yang viral di media sosial sudah diamankan oleh pihak kepolisian. Foto: Screenshot dari video yang beredar
"Misalnya dia skizofrenia yang penilaian realitanya sudah terganggu. Dia keluar rumah telanjang tanpa sadar. Berbeda dengan seseorang yang eksibisionis, di mana dia sengaja telanjang di depan orang lain untuk mendapatkan kepuasan atau rasa senang," tutur dr Andri, beberapa waktu lalu kepada detikHealth

 Dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan apakah VM benar-benar mengidap gangguan jiwa, dan apa jenis gangguan jiwa yang dimilikinya. 

Namun berdasarkan literatur, ada beberapa jenis gangguan jiwa yang bisa membuat pengidapnya keluar rumah dengan keadaan telanjang ataupun bugil. Apa saja? 

Berikut 4 di antaranya: 

1. Skizofrenia 

Skizofrenia merupakan gangguan jiwa yang membuat seseorang mengalami halusinasi atau waham. Hal ini terjadi karena pasien skizofrenia mengalami gangguan penilaian realita. 

Hal ini menyebabkan pasien skizofrenia sering tidak menyadari kondisi dan keadaan di sekelilingnya. Bisa jadi dalam pikirannya, ia sedang mengenakan pakaian meskipun realitanya tidak demikian. Atau sebaliknya, ia merasa sedang berada di kamar mandi sendirian padahal saat itu ia sedang berjalan-jalan di jalanan. 

2. Efek narkoba 

Beberapa jenis narkoba seperti magic mushroom dan LSD memiliki efek yang bisa membuat pemakainya mengalami halusinasi. Bahkan menurut pakar, pemakaian LSD dapat membuat seseorang merasakan pengalaman spiritual. 

Sama halnya seperti skizofrenia, halusinasi yang dialami akibat penggunaan narkoba bisa membuat penilaian seseorang terhadap realita terganggu. Akibatnya ia tidak sadar pergi ke luar rumah dalam keadaan telanjang. 

3. Sleepwalking 

Sleepwalking merupakan salah satu bentuk gangguan tidur yang membuat pelakukan berjalan dalam keadaan tidur. Kondisi ini bisa membuat seseorang melakukan kegiatan sehari-hari meskipun kondisi tubuhnya sedang tidur dan tidak sadar. Bisa jadi, kondisi sleepwalking yang dialami membuatnya melepas pakaian karena ingin mandi, namun tanpa sadar malah pergi ke luar rumah. 

4. Trauma di kepala 

Trauma yang terjadi akibat benturan di kepala bisa berujung pada kerusakan otak yang memicu terjadinya gangguan penilaian realita. Hal ini bisa menyebabkan seseorang mengalami regresi, kondisi di mana keadaan mentalnya mengalami kemunduran dan menjadi seperti anak kecil. 

Orang yang mengalami regresi bisa saja pergi ke luar rumah dengan telanjang karena di dalam pikirannya, ia adalah anak kecil yang bebas melakukan apa saja. 

Dikatakan pakar, benturan yang dapat menyebabkan trauma di kepala ini bisa terjadi karena apa saja, mulai dari jatuh dari tempat tinggi, kecelakaan kendaraan bermotor hingga kecelakaan saat olahraga. (JP-03)



Sumber: Detik.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos