Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Awali Kegiatan Rakornas Satu Data Indonesia, Diskominfo Provinsi Jambi Gelar Diskusi Panel

Dinas Kominfo Provinsi Jambi mengadakan Diskusi Panel Rapat Koordinasi Nasional Satu Data Indonesia pada Senin (12/12/2023) bertempat di Hotel Wiltop Jambi. Sebagaimana diketahui bahwa diskusi tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari Rakornas dimana Provinsi Jambi menjadi tuan rumah.

Jambipos, Jambi-Dinas Kominfo Provinsi Jambi mengadakan Diskusi Panel Rapat Koordinasi Nasional Satu Data Indonesia pada Senin (12/12/2023) bertempat di Hotel Wiltop Jambi. Sebagaimana diketahui bahwa diskusi tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari Rakornas dimana Provinsi Jambi menjadi tuan rumah.

Pada Rakornas tersebut, tema yang diusung yaitu "Penguatan Peran Dinas Kominfo Provinsi dan Kab/Kota se-Indonesia untuk Percepatan Transformasi Digital".

Terdapat dua pembicara yang hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain yakni Edi Santoso yang merupakan Direktur Eksekutif Asosiasi Kominfo Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) dan Agus Sudibyo selaku Kepala BPS Provinsi Jambi.

Dalam paparannya, Edi Santoso mengatakan bahwa untuk mempercepat trnasformasi satu data indonesia, perlu diberikan semacam award kepada OPD agar mereka bersemangat dalam melaksanakan tugas yang berkaitan statistik," ucapnya.

"Peranan Dinas Kominfo saat ini harus diakui masih belum optimal dikarenakan keterbatasan SDM, untuk itu memperkuat peran diskominfo harus bersama2, tidak boleh sendiri2," tambahnya.

Di samping itu, Agus sudibyo mengatakan bahwa sebelum lahirnya perpres 39 th 2019, urusan statistik sektoral yang kini dibidangi oleh diskominfo belum efektif. Namun setelah regulasi itu ada, barulah kerja dinas kominfo menjadi lebih optimal dalam hal statistik sektoral.

"Pintu statistik sektoral, datanya ada di OPD, dari data tersebut, dapat didiseminasikan ke publik sebagai bagian dari pengimplementasian kebijakan masing-masing kepala daerah," pungkasnya.

"Untuk penguataan walidata ini, diperlukan SDM yang kompeten dibidang statistik maupun IT," imbuhnya.

"Pada intinya, satu data indonesia merupakan penyimpulan dr data2 provinsi, data provinsi pun pengumpulan dr data2 kab/kota begitu seterusnya sampai ke tingkat RT," tegaanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Provinsi Sumatera Barat, Kab. Lima Puluh Koto, dan Kab/Kota se-Provinsi Jambi.(JP-DiskominfoProvJambi/Lee) 


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar