Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Hj. Hesnidar Haris : TP-PKK dan Dekranasda Miliki Peran Strategis Dukung Pembangunan Daerah

Hj. Hesnidar Haris : TP-PKK dan Dekranasda Miliki Peran Strategis Dukung Pembangunan Daerah.

Jambipos, Jambi -
Ketua TP-PKK sekaligus Ketua Dekranasda dan Bunda PAUD Provinsi Jambi Hj. Hesnidar Haris melantik Pj. Walikota Jambi Sri Purwaningsih sebagai Bunda PAUD Kota Jambi dan mengukuhkan Ketua PP PAUD Kota Jambi Sri Hartati sebagai Pj. Ketua TP PKK Kota Jambi, Pj. Ketua Dekranasda Kota Jambi dan Pj. Pembina Posyandu Kota Jambi. 

Pelantikan dan pengukuhan yang dilaksanakan di Griya Mayang Rumah Dinas Wali Kota Jambi pada Jum’at (17/11/2023) ini turut dihadiri Sekda Kota Jambi A. Ridwan, para pengurus TP PKK dan Dekranasda Provinsi Jambi dan Kota Jambi serta tamu undangan lainnya.

Disampaikan Hj. Hesnidar Haris bahwa organisasi yang ketuanya dilantik dan dikukuhkan ini memiliki peranan yang strategis untuk mendukung pemerintah dalam pembangunan di daerahnya. 

”Hari ini kita melantik dan mengukuhkan Pj. Walikota Jambi Sri Purwaningsih sebagai Bunda PAUD Kota Jambi dan mengukuhkan Ketua PP PAUD Kota Jambi Sri Hartati sebagai Pj. Ketua TP PKK Kota Jambi, Pj. Ketua Dekranasda Kota Jambi, dan Pj. Pembina Posyandu Kota Jambi. Organisasi ini turut membantu pemerintah melalui pokja-pokjanya yang memiliki jaringan sampai akar rumput,” ujar Hj. Hesnidar Haris.

“Kami punya jaringan yang sampai ke akar rumput, karena kita Tim Penggerak PKK ini jika dioptimalkan yang dimana seluruh anggotanya telah biasa memberikan pelayanan, tanggung jawab ini tidak menjadi beban, tetapi sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat, dan ini bukanlah beban tetapi ini juga ajang pengabdian bagi kita, pengabdian kepada nusa bangsa, kepada masyarakat,” tambahnya.

 Dijelaskan Hj. Hesnidar Haris, TP-PKK, Dekranasda, Pembina Posyandu dan PAUD selalu siap bekerja membantu pemerintah untuk menyukseskan pembangunan termasuk jika nanti ada terkait tentu saja bagaimana menuntaskan stunting. 

”Kita semua PKK tidak hanya Pokja 4 bidang kesehatan tetapi semua Pokja seluruh kepengurusan bertanggung jawab terhadap penuntasan penurunan angka stunting di wilayah Kota Jambi, dan di bidang administrasi bahwa Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi yang sudah mensosialisasikan Wanita aplikasi si Gadis Jambi, dan menurut saya akan lebih potensial kemajuan dan pemanfaatannya secara luas itu di Kota Jambi dikarenakan kemajuan teknologi, kemajuan SDM ibu-ibunya dan Tim Penggerak PKK yang didukung dengan fasilitas dengan sinyal internet yang sudah tentu saja lebih merata dibanding di kabupaten lainnya. Maka saya berharap bahwa ke depannya si Gadis Jambi Kota lah yang akan menjadi contoh untuk seluruh kabupaten kota Provinsi Jambi,” katanya.

Menurut Hj. Hesnidar Haris, untuk Provinsi Jambi Dekranasda justru terbanyak di Kota Jambi, lebih dari 150 pengrajin yang sudah bermerek dan tidak bermerek dan mayoritas berada di Kota Jambi dan pengakuan nasional sudah tidak diragukan lagi. ”Para ibu-ibu OASE organisasi Kabinet Indonesia Maju, istri para menteri sebagai anggotanya sudah sangat paham dengan kualitas batik yang ada di Provinsi Jambi, bahkan mereka sudah tahu mana yang batik Alfath mana yang batik Mariana,” sebutnya.

Untuk Posyandu sendiri Hj. Hesnidar Haris juga menyampaikan bahwa Posyandu memiliki peranan penting yang memberikan multi pelayanan kepada masyarakat. 

“Hari ini juga sudah dikukuhkan Pembina, ketuanya adalah ketua TP-PKK dikukuhkan langsung sebagai ketua umum Posyandu. Posyandu sebenarnya sejak dulu pos pelayanan terpadu kesehatan, ke depannya diminta Posyandu benar-benar difungsikan secara terpadu artinya multi pelayanan dan semua OPD dapat bekerja sama bahkan non pemerintah juga dapat bekerja sama dalam upaya mengawal pertumbuhan dan perkembangan generasi kita yang sedang tumbuh melalui Posyandu, maka karena itu dibutuhkan supaya lebih kuat kedepannya,” ucapnya.

Semenatara itu sebelumnya, Pj. Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih menyatakan bahwa PAUD dan Posyandu merupakan salah satu gerakan yang memiliki potensi luar biasa dalam mendukung pelaksanaan pembangunan dengan kekuatan kelembagaan yang terstruktur dari tingkat pusat sampai dengan kelurahan serta didukung oleh kader-kader anggota dan pengurus militan yang bekerja dengan penuh dedikasi dan prestasi. 

“Hal inilah yang menjadikan PKK, Dekranasda, PAUD dan Posyandu sebagai mitra strategis pemerintah hingga program dan kegiatannya saya sangat paham potensi yang luar biasa untuk mendukung pembangunan,” ungkap Pj. Wali Kota Jambi.

“Saya berharap semua PAUD dan Posyandu tetap bekerja dengan fokus, tulus dan lurus dengan selalu mempertajam program-program prioritasnya dan kedepannya diharapkan ikut berpartisipasi aktif merumuskan kebijakan pemerintah untuk mempercepat pembangunan sumber daya manusia dan wilayah melalui aktivitas yang kreatif, inovatif dan produktif yang secara praktik kontrakan program-program untuk turut serta mengatasi isu-isu strategis yang berkembang saat ini,” pungkasnya.(JP-Diskominfo Provinsi Jambi/Maria Yuliana) 

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar