Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Hadiri Pemilihan Pengurus FKUB, Wagub Jambi Abdullah Sani Harap Jangan Saling Menyalahkan

Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani.

Jambipos, Jambi
-Rapat Internal Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jambi tahun 2022, digelar di aula Bakesbangpol Provinsi Jambi, Senin (6/6/2022). Rapat turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi Zoztafia, serta anggota FKUB perwakilan dari masing-masing agama. Rapat ini bertujuan untuk memilih kepengurusan anggota FKUB Provinsi Jambi Periode 2022-2026.

Wagub Jambi Abdullah Sani dalam sambutannya berharap, agar rapat pemilihan hari ini dapat menghasilkan kepengurusan baru yang lebih baik.

“Rapat internal ini menjadi sangat penting untuk memilih periode kepengurusan selanjutnya 2022-2026. Mudah-mudahan pemilihan ini berkah dalam artian berkembang, bertumbuh, dan dapat menjadi lebih baik.” kata Abdullah Sani

Ia pun menambahkan agar pengurus FKUB dapat menjalankan tugas sesuai amanah dan aturan yang berlaku. Juga dapat menjadi perhatian dari semua pihak termasuk tokoh agama dan masyarakat.

“Hubungan antara umat beragama menjadi persoalan penting memang, dan harus jadi perhatian pemerintah. Tidak hanya pemerintah, termasuk tokoh masyarakat dan masyarakat secara umum” tambahnya.

Dalam konteks kerukunan umat beragama, Abdullah Sani menegaskan, bahwa bukanlah masyarakat harus bertoleransi sehingga tidak mempunyai pendirian, tetapi dalam berkeyakinan jangan sampai menghakimi yang lain.

“Klaim keselamatan masing-masing agama ini memicu konflik antar umat beragama. Yang Islam mengatakan kitalah yang benar, tapi iya pula. Dari kecil membaca dua kalimat syahadat, Islam ini ntah iya ntah idak, salah juga. Harus kita yakini kita benar. Dari Kristen juga begitu, Konghuchu, Budha. Ragu dengan agamanya sendiri kacau balau juga. Silakan yakini masing-masing cuma jangan sampai saling menyalahkan yang lain," katanya.

Abdullah Sani yang juga merupakan pemuka agama itu mengatakan, agar umat Islam cukup berpegang pada prinsip lakum dinukum waliyyadin.

“Bagi yang islam lakum dinukum waliyyadin sudah selesai urusannya. Tapi kita ulangi jangan coba-coba masih untuk mengatur tertib akidah dan ibadah masing-masing. Yang diatur adalah lalu lintasnya jangan sampai tumburan” ujar Abdullah Sani.

Abdullah Sani juga berpesan agar nantinya kepengurusan yang terpilih jangan didukung, jika nantinya tidak sejalan dengan PBNU.

“Saya tidak mengatur apapun dalam hal ini, siapapun terserah mau jadi ketua yang penting harus ada perwakilan dari masing-masing agama. Tapi yang penting jangan direstui nanti kalo mulai dari ketua dan pengurusnya dia lari dari PBNU. Bukan PBNU berarti saya ajak masuk Nahdhatul ulama, tidak. Antum antum semua saya ajak masuk PBNU mau, PBNU yakni Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945,” katanya. (JP-Red)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar