Home » , » Kadiskominfo Provisi Jambi Minta Relis Jangan Berita “Paduan Suara”

Kadiskominfo Provisi Jambi Minta Relis Jangan Berita “Paduan Suara”

Written By jambipos-online on Senin, 11 April 2022 | 21:05

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Ir  Nurachmat Herlambang MMA (tengah) didampingi  Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jambi, Sabri Yanto SH MH dan Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery FR pada Rapat Koordinasi Infokom dan Komunikasi Publik Tahun 2022 di Aston Hotel, Senin (11/4/2022). Rakor ini dihadiri sekitar 200 jurnalis Provinsi Jambi. (Foto: Jambipos/Asenk Lee Saragih) 

Jambipos, Jambi-
Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Ir Nurachmat Herlambang MMA meminta “Wartawan Diskominfo” atau Pranata Dinas Kominfo Provinsi Jambi terus menambah kemampuan untuk membuat relis berita kegiatan Gubernur Jambi, Wakil Gubernur Jambi dan Sekda Provinsi Jambi dengan padat data. Herlambang juga meminta agar media yang bekerjasama dengan Diskominfo Provinsi Jambi menghindari berita relis sebagai berita “paduan suara”.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Ir  Nurachmat Herlambang MMA pada Rapat Koordinasi Infokom dan Komunikasi Publik Tahun 2022 di Aston Hotel, Senin (11/4/2022). Rakor ini dihadiri sekitar 200 jurnalis Provinsi Jambi. 

Pertemuan ini juga dihadiri Gubernur Jambi H Al Haris, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Jambi, Sabri Yanto SH MH dan Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery FR.

“Saya pernah mengikuti kegiatan Pemerintah Pusat dan ada relis berita yang dikirim ke media nasional. Tapi saat relis itu terbit di media nasional, judul dan angel berita beda-beda. Media bersangkutan menuliskan dari sudut pandang berbeda, namun tetap pada pokok isi relis berita tersebut. Hal ini belum saya lihat ada di media di Jambi yang bekerjasa dengan Kantor Gubernur Jambi. Apa relis berita yang dikirim Diskominfo Provinsi Jambi, hal serupa naik dimedia masing-masing. Kadang semua judulnya dan isinya sama. Dibutuhkan kreatifitas wartawan untuk mengolah relis berita Diskominfo Jambi menjadi berita yang menarik dengan tidak menghilangkan tujuan dari relis berita tersebut,” terang Herlambang.

Herlambang juga berharap agar kerjasama Diskominfo Provinsi Jambi  dengan media di Jambi terjalin dengan baik. Kedepan juga Diskominfo Provinsi Jambi juga akan berbenah soal kantor dan menyediakan sebuah ruangan media center untuk para jurnalis yang meliput di Kantor Gubernur Jambi.
Dia juga merencanakan alokasi anggaran di Diskominfo Provinsi Jambi untuk melakukan Uji Kompetansi Wartawan (UKW) sebagai tanggungjawan Pemerintah Provinsi Jambi dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bagi pegiat media.  
 
Terkait dengan usulan wartawan saat sesi dialog soal peningkatan kesejahteraan wartawan yang bermitra di Diskominfo Provinsi Jambi, Gubernur Jambi H Al Haris mengatakan, mulai tahun 2022 ini kerjasama media dengan Kantor Gubernur Jambi sudah ditingkatkan dengan pemerataan biaya kerjasama sleuruh media yang bermitra.

“Saya telah perintahkan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jmabi Ir  Nurachmat Herlambang MMA untuk tidak pilih kasih soal “kue” anggaran untuk kerjasama dengan wartawan lewat pemberitaan berbayar. Saya sudah minta semua disama ratakan, jangan ada pilih kasih. Untuk tahap ini masih itu yang dapat kita lakukan,” ujar Al Haris. 

Menimpali perintah Gubernur Jambi itu, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Ir  Nurachmat Herlambang MMA telah merealisasikan hal itu tahun ini mulai Januari 2022. Seluruh media yang bermitra dengan Diskominfo Provinsi Jambi mendapatkan porsi anggaran yang proporsional. 

Kebijakan itu disambut gembira para wartawan. Pasalnya selama ini ada terjadi kesenjangan penerimaan biaya kerjasama media di Kantor Gubernur Jambi saat masih ditangani Humas Provinsi Jambi. 

Pada kesempatan itu, Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery FR mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jambi, khususnya Diskominfo Provinsi Jambi yang memperjuangkan kesejahteraan wartawan. Juga sangat setuju peningkatan SDM wartawan lewat pelaksanaan UKW bekerjasama dengan organisasi pers (PWI, AJI) dan organisasi pers lainya. (JP-Asenk Lee Saragih) 







Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA