. HUT Provinsi Jambi Ke 65, Elviana Apresiasi Jambi Provinsi Paling Bahagia di Sumatera | Jambipos
Home » , , , , » HUT Provinsi Jambi Ke 65, Elviana Apresiasi Jambi Provinsi Paling Bahagia di Sumatera

HUT Provinsi Jambi Ke 65, Elviana Apresiasi Jambi Provinsi Paling Bahagia di Sumatera

Written By jambipos-online on Kamis, 06 Januari 2022 | 16:57

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dra Hj Elviana MSi (kiri) saat berswafoto dengan Anggota DPD RI dan DPR RI Dapil Provinsi Jambi saat menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jambi dalam rangka Dirgahayu Provinsi Jambi Ke 65 di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Kamis (6/1/2022). (Foto: Istimewa)

Jambipos, Jambi
-Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dra Hj Elviana MSi mengapresiasi prestasi Provinsi Jambi merupakan provinsi paling bahagia di Sumatera dan nomor 4 se Indonesia. Diatas indeks kebahagiaan nasional berdasarkan data Badan Pusat Statistik - BPS. Selain itu juga mengapresiasi pertumbuhan ekonomi juga posisi atas.

Hal itu disampaikan Elviana disela-sela menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jambi dalam rangka Dirgahayu Provinsi Jambi Ke 65 di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Kamis (6/1/2022). Selain Elviana, hadir juga Senator Jambi lainnya seperti M Syukur, Anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi lainnya.

“Hari ini kami semua berbahagia, merayakan HUT Provinsi Jambi ke 65. Bahagia bisa ketemuan dengan teman-teman wakil rakyat Jambi di Senayan. Ketemuan dengan tokoh masyarakat  Jambi dengan  sahabat. Benar-benar moment yang bahagia,” ujar Elviana.

“Semoga di usia ke 65 Provinsi Jambi semakin terdepan dalam segala sektor, semakin tangguh dan  mantap,” katanya.

Elviana juga menyinggung soal pidato Menteri Perhubungan RI Ir Budi Karya Sumadi pada HUT Provinsi Jambi ke 65, Kamis 6 Januari 2022 yang menyebutkan, pembangunan tambahan runway Bandara Muarabungo dari 1800 menjadi 2000 meter sudah dianggarkan di APBN 2022 dan segera akan dikerjakan.

“Berarti Pesawat Garuda, Batik Air, Citilink, Lion  bisa mendarat di Bandara Muarabungo. Cocoklah pengumuman  BPS bahwa  Provinsi Jambi adalah provinsi urutan ke 4 indeks kebahagiaan penduduk secara nasional dibawah Maluku, Kalimantan Utara dan Maluku Utara serta diurutan pertama di Sumatera sebagai provinsi yang  penduduknya paling bahagia,” kata Elviana.

Penampakan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jambi dalam rangka Dirgahayu Provinsi Jambi Ke 65 di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Kamis (6/1/2022). Foto Diabadikan Oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dra Hj Elviana MSi Dapil Provinsi Jambi. 

Seperti diberitakan Jambipos sebelumnya, berdasarkan Indeks Kebahagiaan Tahun 2021 yang ditetapkan Badan Pusat Statistik (BPS) RI,  masyarakat Jambi kini memiliki predikat orang- orang paling bahagia se-Sumatera dan peringkat keempat paling bahagia secara nasional. Kebahagiaan tersebut dinilai dari rasa senang dan nyaman warga masyarakat yang tinggal di Jambi, bukan dari ukuran kepimilikan materi atau harta.

“Sesuai dengan Indeks Kebahagiaan Penduduk Indonesia 2021 yang ditetapkan Badan Pusat Statistik (BPS) RI, indeks atau ukuran kebahagiaan warga masyarakat Jambi mencapai 75,17 poin. Indeks kebahagiaan warga masyarakat Jambi tersebut di atas nindeks rata-rata kebahagiaan masyarakat nasional sekitar 71,49 poin,”kata Gubernur Jambi, H Al Haris seusai lounching (peluncuran) buku 65 Tokoh Perspektif Pemikiran Membangun Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Minggu (2/1/2022). Lounching buku tersebut dilaksanakan secara virtual menyongsong peringatan Haru Ulang Tahun (HUT) ke – 65 Provinsi Jambi yang jatuh pada 6 Januari 2022.

Menurut Al Haris, ukuran kebahagiaan masyarakat Indonesia tahun 2021, terdiri dari tiga dimensi,  yaitu kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia). Ukuran itulah yang dimiliki warga masyarakat Jambi. Hal itu berarti kebahagiaan warga masyarakat Jambi tersebut merupakan kesenangan dan ketentraman hidup lahir dan batin, serta sebuah konsep berupa hasil evaluasi kehidupan yang menggambarkan kondisi yang good life dan meaningful life.

“Hal ini menunjukkan, masyarakat Provinsi Jambi secara kepuasan hidup, perasaaan dan makna hidup, merasa nyaman dan bahagia tinggal di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah yang sama sama kita cintai. Peningkatan indeks kebahagiaan masyarakat di Provinsi Jambi 2021 mencapai 4,72 poin sejak 2017. Peningkatan indek kebahagiaan masyarakat Jambi tersebut tertinggi di Indonesia,”paparnya.

Dijelaskan, data BPS RI ini menunjukkan, orang Jambi bahagia tinggal di Jambi dan bahagia memiliki Jambi. Kebahagiaan tidak bisa dibeli dan diukur dengan materi, semuanya berasal dari hati. Kebahagiaan itu juga muncul berkat tradisi warga masyarakat Jambi yang memiliki kebersamaan dalam ikatan tali silahturahmi ikhuwah islamiah yang sangat kuat. 

Al Haris lebih lanjut mengatakan, pencapaian indeks kebahagiaan merupakan salah satu kado paling indah bagi masyarakat Provinsi Jambi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menyongsong HUT ke-65 Provinsi Jambi, 6 Januari 2022. Tingginya kebahagiaan masyarakat Jambi tersebut membuktikan Provinsi Jambi mulai dari tingkat keamanan, infrastruktur, ekonomi dan faktor lainnya telah memberikan kebahagiaan bagi masyarakatnya.

“Kami sangat bangga tentang pencapaian kebahagiaan orang Jambi ini. Pemprov Jambi akan lebih berupaya lagi di masa mendatang meningkatkan kebahagiaan masyarakat Jambi. Kami akan menunjukkan bahwa masyarkat Jambi memiliki kebahagiaan berkat kebersamaan, ikatan silahturahmi dan kekayaan adat budaya yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari hari,”katanya. (JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai
 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA