Home » » Cara Cek Saldo e-Money di HP dengan Mudah

Cara Cek Saldo e-Money di HP dengan Mudah

Written By jambipos-online on Minggu, 23 Januari 2022 | 19:34

Sumber: https://www.pexels.com/photo/close-up-shot-of-a-person-counting-money-7654163/


Jambipos-
Transaksi digital tentunya bukan aktivitas yang asing didengar. Banyak bank yang menyediakan layanan tersebut. Cara cek e money di Hp tidaklah sulit dilakukan. Para pengguna bisa melakukannya secara praktis. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut!

Sekilas Tentang e-Money

Sebelum mengetahui cara ceknya, mari kenali terlebih dahulu e-Money. Layanan dari Bank Mandiri ini menjadi salah satu solusi mudah untuk melakukan berbagai transaksi online. Berbagai fiturnya menunjang kenyamanan para pengguna. Dengan menggunakan e-Money, nikmati layanan berikut:

       Melakukan transaksi berbelanja yang mudah.

       Transaksi pembayaran yang dilakukan secara cepat.

       Berbagai transaksi yang terjamin keamanannya.

       Bebas untuk dinikmati para nasabah bank Mandiri ataupun bukan.

       Sifatnya fleksibel bisa digunakan siapa saja untuk berbagai transaksi yang bersifat digital.

Cek Saldo e-Money di HP NFC

Cara cek e money di Hp bisa menggunakan fitur NFC. Fitur yang satu ini sangat populer digunakan saat ini. Near Field Communication sebuah fitur yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan saldo via Smartphone. Banyak keuntungan yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan NFC.

Via NFC, para pengguna tidak perlu mengecek saldo ke ATM. Namun, bisa dilakukan di mana saja, selama ada dukungan koneksi internet yang bagus. Selanjutnya, terapkan langkah berikut guna mengecek saldo yang dimiliki:

       Unduh aplikasi e-Money dari Mandiri.

       Selanjutnya, melakukan pendaftaran dengan pengisian formulir yang tersedia.

       Masukkan username, password, email hingga nomor Hp yang aktif.

       Tahapan selanjutnya yaitu verifikasi dengan adanya kode aktivasi yang akan dikirim ke nomor yang sebelumnya dilampirkan.

       Menyalakan fitur NFC pada smartphone.

       Masuk pada aplikasi menggunakan username dan password yang tersedia.

       Selanjutnya, pengguna harus menempelkan kartu e-Money tepat di bagian belakang smartphone.

       Nomor kartu serta saldo pun akan muncul melalui layar ponsel yang digunakan.

Pengecekan saldo e-Money dengan fitur NFC tentunya tidak bisa dinikmati setiap jenis smartphone. Namun, kini sudah banyak Hp yang menyematkan fitur tersebut, seperti halnya Xiaomi Redmi Note 9 yang bisa Anda beli di Blibli. Untuk harga Redmi Note 9 bisa Anda lihat secara detail dengan spesifikasi yang dimiliki.

Cara Cek Saldo e-Money Tanpa NFC

Untuk Anda yang belum memiliki smartphone berfitur NFC tidak perlu khawatir. Pasalnya, cek saldo e-Money masih bisa dilakukan melalui beberapa cara. Setiap langkah berikut bisa dilakukan secara mudah, cara yang dimaksud yaitu:

1.    Via ATM

Pertama, cara pengecekan e-Money bisa dilakukan melalui ATM secara langsung. Namun, sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa ATM memiliki logo e-Money. Jika ATM-nya sudah mendukung, maka pengecekan saldo bisa dilakukan dengan cara:

       Pertama-tama, Anda tentu harus mengunjungi ATM terdekat.

       Klik menu ‘Accept’ yang tersedia di mesin ATM.

       Pilihlah menu ‘Mandiri e-Money’ yang tersedia pada layar.

       Selanjutnya, pengguna harus menempelkan kartu e-Money pada area yang ditandai dengan warna kuning.

       Untuk mengecek saldo, pilihlah opsi ‘Informasi Saldo’.

       Kemudian, sisa saldo pun akan tersaji di layar secara terperinci.

2.    Internet Banking

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan Internet Banking. Cara yang satu ini bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat berupa laptop maupun smartphone. Langkah-langkahnya pun mudah dilakukan yaitu sebagai berikut:

       Bukalah browser yang akan digunakan.

       Selanjutnya, akses laman resmi internet banking dari Mandiri.

       Login dengan menggunakan password yang dimiliki.

       Setelah berhasil masuk, pilihlah menu ‘Uang Elektronik’.

       Kemudian, Anda harus mengklik opsi ‘Mandiri e-Money’.

       Klik menu ‘Informasi Saldo’ untuk mengecek saldo yang tersisa.

       Anda harus menginput 16 digit angka yang tersedia di bagian belakang e-toll yang dimiliki.

       Klik ‘Kirim’ dan tunggu hingga sisa saldo tersaji di layar Anda.

3.    Pengecekan di Minimarket atau Gerai Terkait

Jika masih bingung, Anda bisa melakukan pengecekan saldo di minimarket. Umumnya, minimarket seperti halnya Indomaret dan Alfamart tersedia mesin EDC yang bisa digunakan untuk mengecek saldo. Anda bisa meminta bantuan dari kasir yang tersedia. Pihak dari minimarket pun akan membantu melakukan pengecekan.

Tidak hanya melakukan pengecekan saldo, Anda juga bisa top up di minimarket. Hanya saja terdapat biaya admin yang harus dibayar. Namun, tenang saja, biayanya pun hanya sekitar 1000 hingga 2000 rupiah saja.

4.    Mengecek Saldo e-Money di Tempat Umum

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengecek saldo di tempat umum, misalnya di jalan tol. Bagaimana bisa? Iya, jika Anda sedang dalam perjalanan, maka saldo e-Money pun bisa diketahui dengan menggunakan mesin EDC yang tersedia.

Banyak tempat umum yang menyajikan mesin EDC. Anda bisa menemukannya di halte, stasiun, san sebagainya. Untuk beberapa tempat parkir juga ada yang menyediakan mesin tersebut. Anda bisa meminta bantuan pada petugas terkait untuk mengecek saldo yang tersedia di kartu e-Money yang dimiliki.

Beberapa cara di atas bisa Anda coba untuk mengecek saldo pada kartu e-Money. Namun, untuk merasakan kemudahannya transaksi, Anda bisa mencoba menggunakan smartphone yang didukung dengan fitur NFC, seperti hanya Redmi Note 9. Anda bisa mendapatkannya di Blibli.

Seperti yang diketahui, Blibli merupakan salah satu platform yang cukup besar. Berbagai barang bisa Anda pilih secara bebas dengan kualitas yang maksimal. Selain itu, fitur yang tersedia sangat mudah dioperasikan pengguna. Hal inilah salah satu layanan yang sangat menunjang kenyamanan pengguna.

Demikian ulasan terkait cara cek e money di Hp. Melalui informasi di atas, diharapkan bisa membantu Anda untuk mengecek e-Money secara mudah dengan berbagai alternatif yang tersedia.(JP-Lee)


Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA