. Pidato Perdana Al Haris Sebagai Gubernur Jambi, Sampaikan 12 Program Prioritas | Jambipos
Home » , , , , » Pidato Perdana Al Haris Sebagai Gubernur Jambi, Sampaikan 12 Program Prioritas

Pidato Perdana Al Haris Sebagai Gubernur Jambi, Sampaikan 12 Program Prioritas

Written By jambipos-online on Jumat, 09 Juli 2021 | 12:36

Al Haris dan Abdullah Sani sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Periode 2021-2024 menyampaikan pidato perdana dihadapan Anggota dan Pimpinan DPRD Provinsi Jambi, Jumat (9/7/2021).

Jambipos, Jambi-
Gubernur Jambi H Al Haris menyampaikan 12 program prioritas sejalan dengan Visi Misi Gubernur Jambi Periode 2021-2024 “Jambi Mantap” Visi “Terwujudnya Jambi Lebih Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional di Bawah Ridho Allah SAW”. Misi 1.Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan, 2.Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah, 3.Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Demikian disampaikan Gubernur Jambi H Al Haris didampingi Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani pada pidato perdana sebagai Gubernur Jambi pada  Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi dalam rangka penyampaian pidato gubernur setelah pelantikan Rabu (7/7/2021), di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Jumat (9/7/2021).

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto didampingi tiga Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jaya Negara, Rocky Candra, Burhanuddin Mahir, beserta para anggota DPRD Provinsi Jambi.

Turut hadir beberapa Kepala Daerah Kabupaten/Kota, seperti Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto, Bupati Tebo Sukandar, Bupati Kerinci Adirozal dan lainnya. Kemudian dihadiri Anggota DPR RI dapil Provinsi Jambi seperti H.Bakri, Hasan Basri Agus, dan Sutan Adil Hendra.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita semua masih diberikan kekuatan dan kesehatan untuk menjalankan amanah-Nya. Shalawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah menuntun umatnya  pada kehidupan yang lebih baik menuju Ridho  Allah SWT. Tak lupa saya juga mengajak kita semua untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar rantai penyebaran covid-19 tidak terus meluas di Provinsi Jambi yang kita cintai ini,” ujar Al Haris.


“Hari ini sebuah amanat besar telah diletakkan di pundak kami berdua, sebuah amanat yang harus dipertanggungjawabkan dunia akhirat. Hari ini juga adalah penanda awal dimulainya Era Baru Jambi Mantap yaitu JAMBI MAJU, AMAN, NYAMAN, TERTIB, AMANAH DAN PROFESIONAL DI BAWAH RIDHO ALLAH SWT. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Provinsi Jambi yang telah memberikan amanah ini, kami mengajak seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan untuk membangun ”Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” secara bersama-sama tanpa terkotak-kotak,” ujarnya.

Gubernur Jambi Al Haris juga menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Para Pemimpin Jambi terdahulu, khususnya Ibu Dr Hari Nur Cahya Murni  yang dalam waktu singkat telah banyak berbuat dan mengabdi, untuk membangun Jambi yang lebih baik.

“Bak seloko adat mengatokan, lah merambah jalan nan dilalui, lah menjahit baju nan dipakai. Kami akan meneruskan hal-hal baik yang telah dimulai sebelumnya dengan beberapa inovasi tentunya, semoga Jambi MANTAP dapat terwujud di Provinsi Jambi,” sebutnya.

“Izinkan saya menyampaikan secara singkat rencana Pembangunan Jambi kedepan. Untuk mewujudkan Jambi Mantap, maka terdapat tiga misi yang akan dilaksanakan, yaitu (1) Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan; (2) Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah; serta (3) Memantapkan Kualitas SDM,” ujar Al Haris.

Disebutkan, memantapkan tata kelola pemerintahan tentu tidak terlepas dari Reformasi Birokrasi, yang akan diupayakan dengan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas serta pengelolaan keuangan daerah, yang diiringi dengan peningkatan pelayanan publik. 

“Tentu saja dalam pelaksanaannya akan disesuaikan dengan cara yang dikehendaki oleh tatanan revolusi industri 4.0 dan tata kehidupan normal baru, yang mengedepankan lingkungan digital dan banyak menggunakan jaringan komunikasi data dan informasi,” katanya.

“Sementara untuk misi kedua, memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah, ditujukan untuk memulihkan perekonomian daerah yang sedang mengalami penurunan tajam akibat Covid-19,” katanya.
Ditambahkan Gubernur Jambi, pihaknya akan berusaha semampu mereka untuk mengedepankan pertumbuhan ekonomi hijau yang inklusif melalui pengelolaan komoditas unggulan yang berkelanjutan. Kemudian meningkatkan industri pengolahan, meningkatkan peran sektor pariwisata serta industri kecil dan menengah yang mendukung sektor tersebut, memantapkan kualitas pelayanan dasar dan infrastruktur dasar serta tentu saja terus berupaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup. 

“Kami juga fokus pada peningkatan ekonomi masyarakat berpenghasilan rendah dan millenial melalui berbagai program penurunan angka kemiskinan. Penurunan tingkat pengangguran serta program-program yang mendorong ketersediaan pangan dan kemudahan akses terhadap pangan seperti food estate dan kampung pangan terpadu,” tambahnya. 

Pada Misi ketiga, memantapkan kualitas SDM, program-program pembangunan akan disasar pada upaya-upaya peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, pengetahuan seni budaya, toleransi intra dan antar agama serta tidak ketinggalan mendukung pengarusutamaan gender dengan meningkatkan kapabilitas dan partisipasi perempuan, dan anak muda milenial dari generasi D (digital) dan generasi Z di berbagai bidang kehidupan.

“Kami telah merencanakan beberapa program prioritas yang merupakan program jangka pendek maupun jangka menengah. Program jangka pendek harus dilaksanakan segera karena merupakan upaya dalam menanggulangi pandemi Covid-19 yang belum juga usai bahkan cenderung terus meluas saat ini,” kata Al Haris. 

Selain membutuhkan disiplin seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan benar, tentu diperlukan dorongan pemerintah daerah guna mempercepat penanganannya. 

Disebutkan, “Salus Populi Suprema Lex Esto” atau keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi. Untuk itu, kami akan memantapkan kelembagaan Satuan Tugas Penanggulangan Pandemi Covid-19 agar dapat optimal dalam menjalan tugas yang diembannya. 

“Keluarga miskin dan keluarga terdampak akan diberikan hak yang sama untuk mendapatkan vaksinasi dan lain-lain termasuk jaring pengaman sosial. Sektor non formal yang terdampak Covid-19 juga akan dibangkitkan kembali melalui bantuan modal usaha agar mereka tidak terus menerus terpuruk dan masuk dalam jurang kemiskinan,” terang Al Haris. 

“Guna memperluas akses penanggulangan Covid-19, peran puskesmas juga akan dioptimalkan, selain rencana kami untuk membangun Rumah Sakit Khusus wabah, dimana kedepan bila Covid-19 sudah dapat teratasi, rumah sakit ini tetap bisa beroperasional sebagai bentuk antisipasi wabah-wabah lain yang kita tidak tahu kapan datangnya,” katanya.

Dijelaskan, program prioritas selanjutnya adalah pemulihan dan peningkatan perekonomian daerah yang salah satunya akan didorong melalui program unggulan kami yang diberi tagline “DUMISAKE”. Program unggulan ini terdiri dari lima pilar, yaitu Jambi Cerdas dan Pintar, Jambi Sehat, Jambi Tangguh, Jambi Agamis dan Jambi Responsif. 

“DUMISAKE” ini akan dilaksanakan oleh Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk kegiatan-kegiatan yang menjadi kewenangan provinsi dan sebagian lainnya yang bukan kewenangan akan dilakukan melalui mekanisme bantuan keuangan.

Selanjutnya prioritas ketiga, untuk jangka menengah dan panjang, kami merencanakan sebuah kawasan ekonomi baru “SENTUSA” atau Sengeti – Tungkal – Sabak. Dalam jangka pendek akan dimulai dengan perencanaan yang dilanjutkan dengan memulai tahapan-tahapan perwujudannya.

Prioritas keempat adalah percepatan pembangunan infrastruktur transportasi guna meningkatkan konektivitas dan logistik daerah. Infrastruktur transportasi yang menjadi kewenangan provinsi akan ditangani secara bertahap, sedangkan infrastruktur yang bukan kewenangan akan didorong dan fasilitasi melalui Pemerintah Pusat untuk percepatan pembangunannya.

Selanjutnya, Prioritas kelima adalah meningkatkan kualitas dan ketersediaan jaringan irigasi, air bersih dan bendungan. Sama dengan infrastruktur transportasi, dalam penanganannya kita akan mengoptimalkan kinerja infrastruktur yang merupakan kewenangan provinsi dan mendorong Pemerintah Pusat untuk melakukan hal yang sama pada infrastruktur yang menjadi kewenangannya, serta memfasilitasi ataupun memberikan stimulus pada kabupaten/kota untuk melakukan hal yang sama.

Prioritas ke-6 adalah pembangunan infrastruktur listrik melalui penggunaan energi terbarukan, sehingga berkontribusi terhadap bauran energi daerah dan tentu saja ramah lingkungan. Potensi energi terbarukan yang kita miliki seperti air, geothermal, biomass, dan surya atau matahari akan didorong menjadi pembangkit-pembangkit listrik yang handal guna memenuhi kebutuhan energi daerah.

Prioritas ke-7 adalah pemantapan kelembagaan dan percepatan pembangunan infrastruktur kesehatan, pendidikan, agama dan sosial budaya. Pertimbangan kami dalam menetapkan prioritas ini adalah pertimbangan bahwa kita tidak cukup dengan hanya membangun perangkat keras seperti infrastruktur, tapi juga harus diiringi dengan pemantapan “perangkat lunak” seperti kelembagaan, termasuk SDM yang berperan di dalamnya. 

Salah satu yang akan dibangun adalah Islamic Center, sebagai wadah untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat untuk beribadah, belajar, berdagang serta bermusyawarah sehingga terbentuk masyakat yang religius sekaligus memiliki toleransi tinggi antar dan intra agama.

Selanjutnya, tentu saja kami tidak melupakan hak anak cucu kita untuk menikmati lingkungan hidup sebagaimana kita saat ini. Untuk itu, prioritas ke-8 adalah peningkatan kualitas dan kelestarian lingkungan hidup serta mitigasi perubahan iklim. 

Prioritas ini akan dilaksanakan antara lain melalui pengembangan Ruang Terbuka Hijau sebagai tempat masyarakat bersosialisasi, optimalisasi penggunaan energi terbarukan, rehabilitasi hutan dan lahan, pengelolaan lahan berkelanjutan,  dan lain sebagainya.

Guna meningkatkan ketahanan pangan di Provinsi Jambi, prioritas ke-9 adalah peningkatan dan pengembangan sektor pertanian, ketahanan pangan, kelautan dan perikanan. Program prioritas yang akan dilaksanakan antara lain adalah pengembangan Food Estate yang bertujuan untuk memandirikan petani secara makro dan kampung pangan terpadu di tingkat tapak. Dalam hal ini, tentu saja peran penyuluh lapangan akan lebih ditingkatkan.
 
Prioritas ke-10 adalah peningkatan tata pemerintahan yang baik. Reformasi birokrasi antara lain akan dilakukan melalui peningkatan kinerja birokrasi dengan memperbaiki prosedur kerja, pemanfaatan teknologi, transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik, serta regulasi, pengawasan, penegakan aturan dan peningkatan tunjangan daerah.

Selanjutnya, prioritas ke-11 adalah peningkatan perlindungan sosial dan kepastian hukum. Prioritas ini adalah salah satu pengejawantahan dari tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs yang menunjuk pada kewajiban negara untuk memastikan bahwa tak ada satupun warganya yang tertinggal, terlupakan dan terpinggirkan dari haknya. 

Melalui prioritas ini, kita akan meningkatkan kualitas perlindungan sosial dan rehabilitasi sosial bagi anak terlantar termasuk anak jalanan, anak dengan disabilitas, korban kekerasan, tuna sosial, korban napza dan lanjut usia. 

Kesejahteraan para manula atau lansia juga menjadi bagian penting, sebagai bentuk komitmen kami terhadap penduduk Lansia ini maka akan dibangun Kampung modern Lansia, dimana fasilitas-fasilitas yang disediakan akan memenuhi kebutuhan medis, makanan tambahan, perhatian psikologis dan pendampingan agamis termasuk kebutuhan untuk bersosialisasi bersama. 

Selanjutnya, Penegakan hukum terhadap pelanggaran Peraturan Daerah juga akan dilakukan secara tegas, profesional dan adil dengan penguatan kelembagaan dan personil PPNS.

Masih dengan semangat SDGs,  Prioritas ke-12 adalah peningkatan kesetaraan gender. Perempuan sebagai bagian masyarakat mempunyai peranan penting dalam pembangunan. Untuk itu program-program pemberdayaan, perlindungan dan peningkatan kualitas hidup perempuan akan ditingkatkan pada periode kepemimpinan kami. 

“Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, hanya kepada Allah SWT kita berserah diri dan mohon petunjuk serta bimbingan-Nya. Semoga apa yang  direncanakan ini dimudahkan, dan sekali lagi kami mohon dukungan dari Dewan yang terhormat serta seluruh masyarakat Provinsi Jambi,” kata Al Haris.

Sat menutup Pidatonya, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan pantun. “Pergi menyusuri Sungai Batanghari, Singgah sebentar membeli kebaya. Mari bersinergi membangun negeri, Agar Provinsi Jambi semakin jaya. Terima Kasih. Wabillahi taufik Walhidayah. Wassalamualaikum Wr. Wb,” tutup Al Haris.

Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Pidato Gubernur Jambi Periode 2021 – 2024 ini dihadiri Forkopimda, Anggota DPR RI, Pimpinan DPRD, Anggota Anggota DPRD, Sekda Provinsi Jambi, Para Sahli, Para Asisten, OPD dan BIRO, Ketua KPU dan Anggota,  Ketua Bawaslu dan Anggota, Tim Ahli DPRD, Keluarga Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi.

Usai rapat Paripurna, Gubernur Jambi Al Haris meninjau RSUD Raden Mattaher Jambi, Jumat (9/7/20210 Pukul 13.30 WIB. Peninjauan ini Gubernur Jambi Al Haris didampingi Sekda Provinsi Jambi, Asisten Pemerintahan,  Kadinkes dan Tim, Direktur RSU Raden Mattaher, Kadis PUPR Provinsi Jambi, Kasat PolPP, Kesbangpol, Kadis Kominfo, Karo Adpim, Karo kesra, Karo Umum.(JP-Asenk Lee Saragih) 

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA