Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Benahi Jalan Jambi, Ivan Wirata Minta Gubernur Jambi Terpilih Berani Pinjam Dana Rp 1 Triliun Ke Pusat

Benahi Jalan Jambi, Ivan Wirata Minta Gubernur Jambi Terpilih Berani Pinjam Dana Rp 1 Triliun Ke Pusat. (Asenk Lee Saragih)

Jambipos, Jambi-
Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terpilih H Al Haris – Abdullah Sani Periode 2021-2024 diminta untuk fokus menyelesaikan persoalan infrastruktur di Provinsi Jambi yang kondisinya kini darurat. Kondisi jalan yang berstatus provinsi di setiap kabupaten di Provinsi Jambi kini kondisinya memprihatinkan, sehingga diharapkan gubernur yang baru fokus pada penanganan jalan tersebut. Pemerintah Provinsi Jambi juga kedepan harus berani untuk melakukan pinjaman dana ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) minimal Rp 1 Triliun guna mengatasi kerusakan jalan provinsi di setiap kabupaten kota di Provinsi Jambi.

Hal ini penting, sehingga Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) bisa memperbaiki jalan-jalan rusak berat yang kini tersebar disetiap kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Seperti Jalan Tempino-Muarobulian, Merangin, Muarasabak, Jangkat dan lainnya.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi III (Bidang Pembangunan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi H Ivan Wirata ST MM MT saat bincang-bincang pagi dengan Jambipos, di salah satu Resto di Jelutung Kota Jambi, Jumat (4/6/2021).

Menurut Ivan Wirata, kondisi mantap jalan saat ini di Provinsi Jambi tidak kurang dari 27 persen dari jumlah kondisi jalan yang ada. Sementara kondisi keuangan APBD Provinsi Jambi untuk pencapaian 2 persen setahun sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) itu nilai Rp 700 Miliar itu harus ada. Namun saat ini uanganya hanya ada Rp 67 Miliar dan hanya bisa untuk pemeliharaan jalan.

“Pemeliharan jalan itu sifatnya hanya sementara sebelum ditangani secara efektif. Bagaimana tahun depan sampai tahun 2024 diakhir RPJM. Seluruh ruas jalan di Provinsi disetaip kabupaten yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Jambi ini kondisinya kritis. Makanya gubernur yang baru harus bisa mencari pinjaman untuk dana infrastruktur khusus ke kementerian. Kalau tidak, kondisi seluruh jalan di provinsi kritis dan pertumbuhan ekonomi tidak akan naik,” ujar Ivan Wirata, mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi ini. 




“Perekonomian akar terpuruk karena aksesbilitas tidak lancar. Jadi jangan main-main masalah infrastruktur. Selama masa pandemic Covid-19, banyak dana yang seharusnya menangani infrastruktur, namun digunakan untuk penanggulangan dampak pandemic covid-19. Seharusnya dana penanganan dampak pandemi  dari pusat, bukan mengurangi anggaran yang ada di pemerintah daerah, khususnya bidang infrastruktur,” tambah Ivan Wirata, anggota dewan dari Fraksi Golkar ini.

Ivan Wirata ST MM MT juga meminta Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi segera memperbaiki darurat kerusakan jalan lintas Tempino Muarojambi-Muarobulian Batanghari dan Ruas Jalan Panerokan-Sungaibahar dan juga jalan-jalan status provinsi yang ada di setiap kabupaten. (JP-Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar