. Inmemoriam 3 Tahun Daniel Sijan Bin H M Sijan, "Guru Jurnalisku yang Idealis dan Punya Prinsip" | Jambipos
Home » , , » Inmemoriam 3 Tahun Daniel Sijan Bin H M Sijan, "Guru Jurnalisku yang Idealis dan Punya Prinsip"

Inmemoriam 3 Tahun Daniel Sijan Bin H M Sijan, "Guru Jurnalisku yang Idealis dan Punya Prinsip"

Written By jambipos-online on Senin, 07 Desember 2020 | 08:53

Inmemoriam 3 Tahun Daniel Sijan Bin H M Sijan, "Guru Jurnalisku yang Idealis dan Punya Prinsip".

Jambipos, Jambi
-Inmemoriam 3 Tahun Daniel Sijan Bin H M Sijan. Hari ini, tiga tahun lalu tepatnya Kamis 7 Desember 2017 Pers Jambi berduka. Seorang Tokoh Pers Jambi yang juga sekaligus Guru Jurnalis yang idealis serta memiliki prinsip independensi yang kuat dipanggil Tuhan yang Maha Kuasa. Pendiri Jambipos ini meninggalkan warisan kepada penerusnya yakni jiwa independensi dan idealis seorang jurnalis. Prinsip berita yang akurat dan berimbang adalah sebuah pesan kepada Penulis. 

Mewariskan sebuah nama media yakni Tabloid Jambipos yang terbit sejak Tahun 1998 dan kini berevolusi jadi media Siber Jambipos Online.com dan Jambipos.id. Media yang bertahan ditengah gempuran munculnya berbagai media siber masa kini. Namun Jambipos tetap berdiri kokoh meski dengan keterbatasan yang ada, namun tetap berada dijalur yang idealis dan memiliki prinsip idealisme dari tujuan Pers itu sendiri. 

"Hanya Jambipos ini yang bisa saya wariskan Asenk. Mohon jangan mati dan tetap berdiri meski dalam bentuk blog. Hanya ini yang bisa bapak wariskan kepada kalian," demikian pesan Almarhum Daniel Sijan Bin H M Sijan kepada Penulis saat Pak Daniel Sijan terbaring di rumah sakit sebelum dipanggil Tuhan Yang Maha Kuasa. 

Penulis bergabung di Jambipos sejak Tahun 2002. Banyak ilmu dan petuah-petuah yang didapat Penulis dari Seorang Tokoh Pers Jambi. "Wartawan sejati itu, hidup dari hasil karya berita dan produk Jurnalis lainnya. Seorang Jurnalis itu harus bisa hidup di atas ranting. Jurnalis sejati itu tidak akan menjual diri dan menggadaikan idealismenya," begitulah pesan Almarhum. 


Inmemoriam

Guna mengenang Almarhum Daniel Sijan Bin H M Sijan (Kamis 7 Desember 2017- Senin 7 Deseber 2020) dibawah ini Penulis lampirkan sebuah tulisan yang telah diterbitkan pada Kamis (7/12/2017) lalu. 

Puluhan Jurnalis Jambi lintas generasi dan keluarga besar keluarga Almarhum menghantarkan Jenazah Almarhum Daniel Sijan Bin H M Sijan ke Pemakaman Taman Makam Rajo dan Kesultanan Negeri Melayu Jambi (Tanah Pilih Pusako Batuah) Wilayah Putri Ayu Telanaipura, Kota Jambi, Kamis (7/12/2017) Pukul 10.00 WIB.

Mantan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) juga hadir ke Rumah Duka di Jalan Urip Sumoharjo No.74 Rt 16 Kelurahan Sei Putri (Belakang Makorem 042 /GAPU) Telanaipura Kota Jambi untuk menyampaikan Bela Sungkawa atas berpulangnya Tokoh Pers dan Sesepuh Pers Jambi Daniel Sijan Bin H M Sijan (79 Tahun), Kamis (7/12/2017) sekitar Pukul 1.30 WIB.

Menurut HBA, Almarhum Daniel Sijan merupakan merupakan sesepuh Pers di Jambi dan sudah banyak mendidik Jurnalis hingga bisa dilihat kemajuannya saat ini. HBA juga meminta kepada seluruh Rekan Pers Jambi dan masyarakat Jambi untuk memaafkan kesalahan Almarhum Daniel Sijen semasa hidupnya.

Atas nama keluarga, HBA juga mengucapkan Belasungkawan atas wafatnya Tokoh Pers Jambi Daniel Sijan. “Semua orang akan menuju kesana dan satupun tak sanggup untuk menghalanginya. Sehingga mari kita Ikhlaskan kepergian Beliau menghadap Sang Pencipta,” ujar HBA.

“Almarhum Daniel Sijan adalah sosok Tokoh Pers Jambi yang memiliki idealism yang tinggi hingga akhir hayatnya. Bahkan hingga ajal menjemputnya masih aktif dalam berkarya yakni menulis di Jambipos Online yang merupakan media miliknya. Daniel Sijan adalah sosok Tokoh Pers Tauladan,” katanya.

Usai Jenazah Almarhum dimandikan, langsung dibawa menuju Masjid Makorem Jambi untuk Disholatkan. Kemudian langsung diusung ke TPU ke Pemakaman Taman Makam Rajo dan Kesultanan Negeri Melayu Jambi (Tanah Pilih Pusako Batuah) Wilayah Putri Ayu Telanaipura, Kota Jambi, Kamis (7/12/2017) Pukul 10.00 WIB.

Anak Almarhum, Nanang Mairiadi dan Kol TNI AD Andi tampak mengusung Jenazah Ayahanda dari Rumah Duka hingga ke peristirahatan terakhir. Istri Almarhum juga memanjatkan Doa untuk Suami tercinta di Pemakaman.

Almarhum Daniel Sijan lahir di Medan 23 September 1938. Anak ke 5 dari 15 bersaudara. Pernah menjabat Kabiro Antara di Aceh, pernah menjabat Kepala Biro Antara Jambi dan Ketua PWI Provinsi Jambi Dua Periode, Ketua DKD PWI Provinsi Jambi Dua Periode dan kini Penasehat PWI Provinsi Jambi. Beliau juga pendiri dan pemilik Media Jambipos (Jambipos-Online.com dan Jambipos.id) sekaligus Pimred Jambipos Online.

Almarhum Daniel Sijan merupakan Ayah dari Nanang (Wartawan Antara Biro Jambi). Tokoh Pers Jambi yang Idealis ini meninggalkan Seorang Istri, Tiga Anak (Nanang, Kol (TNI AD) Andi, Ririn) dan 7 cucu.

"Selamat Jalan Pak Daniel Sijan, Guru Jurnalis Sejati yang Idealis Hingga Akhir Hayatmu. Kami Akan Mengenang Jasa-Jasamu dalam Dunia Jurnalis dan Sikap Idealisme Seorang Jurnalis,". (JP-Senk Lee Saragih)

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA