. HUT Ke 64 Provinsi Jambi, Pameran Kenangan Pers Jambi | Jambipos
Home » , » HUT Ke 64 Provinsi Jambi, Pameran Kenangan Pers Jambi

HUT Ke 64 Provinsi Jambi, Pameran Kenangan Pers Jambi

Written By jambipos-online on Selasa, 01 Desember 2020 | 18:55

Sakti Alam Watir (SAW) dan AK Mahmud (kanan). (Istimewa)

Jambipos, Jambi-
Pemerintah Provinsi Jambi akan merayakan Ulang Tahun Ke 64 pada 6 Januari 2021. Pada HUT Provinsi Jambi ini, Tokoh Pers sekaligus  pegiat Seni Sakti Alam Watir (SAW) akan mengisi Pameran Lukisan di Gedung DPRD Provinsi Jambi sekaligus juga mengisi Pameran Kenangan Pers Jambi.

Inisiator Pameran Kenangan Pers, H. Sakti Alam Watir kepada wartawan mengatakan, awal rencana pameran kenangan bulan September 2020 tetapi karena masalah Covis-19, tidak bisa diwujudkan.

Diharapkan bila tidak ada halangan bertepatan ulang tahun Provinsi Jambi Ke 64 tanggal 6 Januari 2021 bisa terlaksana. "Tanggal 5 Januari 2021 diharapkan sudah dibuka secara resmi," kata Sakti AW.

Disebutkan, dekade tahun 1970-an Jambi ada 3 penerbitan pers yaitu Mingguan Warta Massa (pimpinan redaksi H.Marpaung), Mingguan AMPERA (Pimpinan Redaksi Murman Toha) dan Mingguan Independent (Pimpinan Redaksi AK Mahmud). Masa itu perizinan masih berbentuk SIT (Surat Izin Terbit) dari Menteri Penerangan.

Pada usia 28 tahun H. Syamsul Watir sebagai Pimpinan Umum Mingguan Independent dan AK Mahmud masa itu usia 25 tahun menjadi Pimpinan Redaksi Mingguan Independent.

Medio tahun 1980-an masa Menteri Penerangan Harmoko perizinan dirubah dari SIT menjadi SIUPP (Surat Izin Usaha Penerbitan Pers).

Selanjutnya AK Mahmud yang saat ini sudah berusia 82 tahun, saat itu menjadi Ketua PWI Jambi dua periode 1978 hingga 1988 dan juga menjadi Wartawan Sinar Harapan. Sementara Syamsul Watir M mengurus Mingguan Independent dan menjadi perwakilan Kantor  Berita KNI.

Sementara itu AK Mahmud ketika dihubungi mengatakan rencana pameran ini sangat bagus. “Ini perlu didukung semua pihak agar terlaksana dengan baik,” katanya.

Pameran ini hanya memajang kliping koran kedua tokoh pers tersebut semasa aktif menjadi wartawan.(JP-Lee)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA