. 101 Orang Santri Gontor yang Tiba Jambi Negatif Covid-19 | Jambipos
Home » , , , » 101 Orang Santri Gontor yang Tiba Jambi Negatif Covid-19

101 Orang Santri Gontor yang Tiba Jambi Negatif Covid-19

Written By jambipos-online on Jumat, 08 Mei 2020 | 06:57

Jambi, Jambipos– Sebanyak 101 orang santri asal Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, Jawa Timur yang tiba di Kota Jambi dinyatakan negatif corona (Covid-19). Para santri tersebut dinyatakan tidak ada yang terinfeksi corona setelah mereka menjalani rapid test (tes cepat) begitu tiba di terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi, Kamis (7/5/2020) pagi.

“Seluruh santri asal Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, Jawa Timur, tujuh orang pembimbing dan seluruh awak bus yang membawa mereka langsung menjalani rapid test begitu tiba di terminal bus Alam Barajo Kota Jambi, Kamis pagi. Berdasarkan hasil rapid test, tidak ada santri yang terindikasiterinfeksi virus corona. Suhu tubuh mereka pun normal antara 35-36 derajat celsius,” kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah di Jambi, Kamis (7/5/2020).

Menurut Johansyah, para santri asal Pondok Pesantren Gontor Jawa Timur tersebut langsung diberangkatkan ke daerah asal masing-masing di berbagai kabupaten di Provinsi Jambi. Penanganan selanjutnya tentang kesehatan para santri tersebut diserahkan kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 kabupaten dan kota di daerah tersebut.

“Para santri tersebut akan langsung diisolasi secara mandiri di rumah keluarga masing-masing selama 14 hari terhitung mulai Kamis. Mereka akan diawasi para kepala desa dan lurah. Para santri tersebut akan kembali menjalani rapid test 10 hari mendatang,” ujarnya.


Dikatakan, santri asal Pondok Pesantren Gontor Jawa Timur yang kembali ke Jambi tersebut berasal dari Kabupaten Tanjungjabung Timur sebanyak 21 orang, Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi masing-masing 13 orang, Bungo dan Tebo masing-masing empat orang, Sarolangun tiga orang, dan Kerinci satu orang. Kemudian terdapat juga 27 santri wanita dari berbagai kabupaten dan Kota Jambi.

“Pemeriksaan santri tersebut dilakukan secara ketat hingga di kampung halaman karena saat ini sudah ada dua orang santri Jambi asal Pondok Pesantren Temboro, Jawa Timur yang positif corona. Seorang santri dari Tanjungjabung Timur dan satu orang dari Muarojambi,” katanya.

Kasus Bertambah

Johansyah lebih lanjut mengatakan, kasus positif corona di Provinsi Jambi masih terus bertambah menyusul hasil rapid test dan pemeriksaan cairan tenggorokan (swab) terhadap para jemaah asal Jambi yang pernah mengikuti kegiatan tablig akbar di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Menurut Johansyah, jumlah pasien positif corona di Provinsi Jambi hingga Kamis (7/5/2020) sudah mencapai 47 orang. Sebanyak 33 pasien positif corona tersebut berasal dari jemaah dan anggota keluarga jemaah yang mengikuti tablig akbar di Gowa (klaster Gowa).

“Jumlah kasus poitif corona di Jambi ini diperkirakan masih bertambah karena penularan corona di kalangan klaster Gowa sudah terjadi secara transmisi lokal. Pasien positif corona klaster Gowa sudah menularkan ke beberapa anggota keluarga mereka,” katanya. (JP-SP)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA