Home » , , » Fachrori: Pemprov Jambi Terus Tingkatkan Kualitas Hidup Perempuan

Fachrori: Pemprov Jambi Terus Tingkatkan Kualitas Hidup Perempuan

Written By jambipos-online on Rabu, 18 Desember 2019 | 11:31

Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum.
Dorong OPD dan Kabupaten/Kota Susun Anggaran Responsif Gender 

Jambipos, Jambi-Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan kualitas hidup perempuan, khususnya di Provinsi Jambi. Hal tersebut dikemukakan Fachrori pada Peringatan Hari Ibu ke-91 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2019, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (18/12/2019).

Fachrori mengemukakan, peningkatan kualitas perempuan sangat penting, karena ibu (perempuan) berperan sangat penting dalam kehidupan keluarga, sebagai istri, sebagai ibu yang sangat berperan mengasuh dan mendidik anak, serta dalam membangun karakter anak. Bukan hanya dalam kehidupan keluarga, dalam pekerjaan dan dunia usaha pun, sangat banyak perempuan yang sukses.

“Salah satu wujud nyata komitmen kita terhadap pembangunan perempuan adalah Pemerintah Provinsi Jambi sejak tahun 2012 telah mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menyusun Anggaran Responsif Gender (ARG),” ujar Fachrori.

“Upaya yang telah kita lakukan ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat dengan memberikan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Muda pada tahun 2013 dan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Madya tahun 2018 kepada Provinsi Jambi,” tambah Fachrori.


Fachrori menyampaikan, berkat dukungan berbagai organisasi perempuan dan semua pihak, pembangunan dan pemberdayaan perempuan di Provinsi Jambi mengalami peningkatan, dengan meningkatnya kiprah perempuan dalam berbagai peran dan posisi, baik pada bidang politik, hukum, pemerintahan, dan ekonomi.

“Saya mengharapkan kedepannya, peran dan kualitas organisasi wanita dapat ditingkatkan, mengingat masih banyak peluang dan tantangan pembangunan, salah satunya adalah dalam upaya mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals),” kata Fachrori.

“Keterlibatan kaum perempuan sangat penting, karena target yang ada dalam SDGs memiliki keterkaitan erat dengan peran kaum perempuan, baik dalam keluarga, masyarakat, maupun program kerja yang selama ini telah dilaksanakan oleh berbagai organisasi wanita,” lanjut Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori mengajak seluruh masyarakat dan berbagai pihak untuk mendukung dan memberikan kesempatan kepada kaum perempuan dalam memberdayakan diri selama hal itu bersifat positif dan bermanfaat, serta mengingatkan kepada kaum perempuan agar tetap menyadari dan menjunjung tinggi kodrat seorang perempuan dalam keluarga.

“Hendaknya, sukses dalam karier maupun pekerjaan, harus diikuti dengan sukses membina keluarga. Jangan melupakan tugas dan kewajiban sebagai seorang istri dan seorang ibu dalam keluarga,” pungkas Fachrori.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Provinsi Jambi, Dra.Lutfiah mengatakan, maksud dari peringatan Hari Ibu ini adalah upaya bersama dalam mengingat perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah menempuh jalan panjang mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai bagian yang tidak terpisahkan terhadap perjuangan merebut kemerdekaan.

“Peringatan Hari Ibu ini bertujuan untuk membangkitkan dan meningkatkan kepedulian masyarakat, perspektif perempuan berdaya yang dapat dicapai dan dilakukan oleh setiap perempuan sebagai sebuah bentuk kesetaraan peran dalam mewujudkan harmoni antara laki-laki dan perempuan,” kata Lutfiah.(JP-Hms/Lee)




 













Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA