Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Piala AFF 2018, Indonesia Dibekap Thailand 2-4

Indonesia Dibekap Thailand 2-4 Indonesia dikalahkan Thailand 2-4 di Piala AFF 2018. Aksi Rico Simanjuntak (kanan). (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/kye)

Jambipos Online, Bangkok- Hasil mengecewakan diterima Indonesia saat melawat ke Thailand di Piala AFF 2018. Indonesia menderita kekalahan telak dari Thailand dengan skor 2-4.

Melakoni laga Grup B di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018), Indonesia memulai pertandingan dengan baik. Zulfiandi membuka skor pertandingan untuk membawa skuat Garuda unggul lebih dahulu di menit ke-29.

Akan tetapi, Thailand mampu membalas dua gol lewat Korrakot Wiriya-Udomsiri dan Pansa Hemviboon untuk berbalik unggul saat turun minum 2-1. Setelah restart, Thailand semakin dominan sehingga mampu mencetak dua gol tambahan dari Adisak Kraisorn dan pemain pengganti Pokkhao Anan.

Di menit-menit terakhir waktu normal, Fachrudin Aryanto menjebol gawang Thailand untuk memperkecil ketertinggalan Indonesia. Namun, gol Fachrudin hanya menjadi gol hiburan bagi Merah Putih.

Kekalahan ini praktis menyulitkan langkah Indonesia untuk maju ke fase knockout. Indonesia saat ini duduk di peringkat keempat klasemen dengan tiga poin hasil tiga pertandingan.

Indonesia di bawah Filipina dan Singapura, yang memiliki perolehan angka serupa tapi bermain lebih sedikit. Sedangkan Thailand kukuh di puncak dengan enam poin hasil dua pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Thailand memperoleh peluang pertama di menit keenam. Sebuah umpan silang dari sisi kanan pertahanan Indonesia disambut sundulan oleh Chalermpong Kerdkaew. Bola di luar jangkauan Awan Setho mengarah ke tiang jauh, namun Hansamu Yama menyapu ke luar lapangan.

Dua menit kemudian, Indonesia merespons. Kemelut di depan gawang Thailand, diakhiri Riko Simanjuntak dengan sepakan keras, tapi bola tidak merepotkan kiper Sivarak Tedsungnoen.

Jual-beli serangan kembali terjadi. Thailand mengancam gawang Indonesia setelah umpan mendatar Sanrawat Dechmitr diteruskan Thitipan Puangchan dengan sontekan dari tengah kotak, meski masih mengarah ke Awan Setho.

Setelahnya, pergerakan Indonesia diakhiri dengan tembakan kaki kanan Riko ke arah sudut atas gawang Thailand. Bola bisa diselamatkan.

Peluang terbaik diperoleh Indonesia di menit ke-26. Stefano Lilipaly melewatkan sebuah peluang emas setelah sepakannya dalam situasi one-on-one di dalam kotak penalti, melenceng.

Usaha Indonesia akhirnya membuahkan hasil tiga menit berselang. Zulfiandi membawa Indonesia memimpin 1-0 atas Thailand. Menerima crossing Evan Dimas, Zulfiandi melepaskan tembakan terukur dari luar kotak penalti yang bersarang di sudut atas gawang Tedsungnoen.

Keunggulan Indonesia hanya bertahan kurang dari 10 menit. Di menit ke-38, Thailand menyamakan skor menjadi 1-1.

Dari situasi sepak pojok, Korrakot Wiriya-Udomsiri melepaskan tembakan kaki kiri melengkung, yang langsung meluncur masuk ke gawang Indonesia tanpa bisa dihalau Awan Setho.

Setelah mencetak gol balasan, Thailand lebih agresif. Di detik-detik akhir sebelum turun minum, Thailand mampu membalikkan kedudukan 2-1.

Dari sepak set-piece, bola tendangan bebas mengenai tiang gawang Indonesia. Namun sapuan lini pertahanan kurang sempurna sehingga bisa disambar Pansa Hemviboon dari mulut gawang untuk berbalik unggul.

Indonesia mengambil inisiatif serangan, namun kesulitan untuk menciptakan ancaman berarti ke gawang Thailand.

Thailand justru berhasil menambah keunggulannya. Di menit ke-65, Adisak Kraisorn menciptakan gol ketiga tuan rumah guna menjadikan skor kini 3-1.

Setelah menerima operan Puangchan, Kraisorn dengan mudah meloloskan dari kawalan lini belakang Indonesia. Dari dalam kotak penalti, Kraison melepaskan sepakan kencang yang tak kuasa dibendung Awan Setho.

Thailand semakin percaya diri. Pada akhirnya di menit ke-74, Thailand mampu menciptakan gol keempatnya lewat serangan balik.

Dechmitr mengirim umpan terobosan yang diterima Pokkhao Anan dan memenangi sprint dengan lini belakang Indonesia. Dengan situasi Awan Setho terlanjur keluar dari sarangnya, Anan melepaskan tembakan yang melewati atas kepala si kiper yang sukses bersarang di gawang Indonesia. Skor kini 4-1.

Indonesia mulai kehabisan waktu. Meski begitu, sebuah gol tambahan berhasil diciptakan Indonesia di menit ke-89.

Dari sepak pojok, Riko melepaskan tembakan ke dalam kotak penalti yang diselesaikan oleh Fachrudin Aryanto dengan sundulan ke arah tiang jauh gawang Thailand. Indonesia menipiskan ketinggalan menjadi 2-4.

Indonesia menciptakan kemelut di depan gawang Thailand. Namun, Thailand mampu melakukan clearance sehingga gawangnya aman. Pertandingan berakhir, skor 4-2 untuk keunggulan Thailand bertahan.

Susunan Pemain

Indonesia: 12 Awan Setho Raharjo, 2 Putu Gede Juni Antara, 16 Fachruddin Aryanto, 23 Hansamu Yama Pranata, 3 Alfath Faathier, 4 Zulfiandi (19 Bayu Pradana 75'), 6 Evan Dimas, 10 Stefano Lilipaly, 25 Riko Simanjuntak, 21 Andik Vermansah (13 Febri Haryadi 42'), 9 Alberto Goncalves (27 Dedik Setiawan 86')

Thailand: 23 Tedsungnoen, 13 Roller, 4 Kerdkaew, 6 Hemviboon, 24 Wiriya-Udomsiri, 8 Puangchan, 17 Kesarat (7 Purisai 85'), 14 Sriyankem (22 Jaided 68'), 29 Dechmitr, 11 Tossakrai (21 Anan 46'), 9 Kraisorn. (*)

Sumber: Detik.com

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar