Home » » Johansyah: Pertemuan Desa Informasi Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan

Johansyah: Pertemuan Desa Informasi Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan

Written By jambipos-online on Jumat, 02 November 2018 | 21:22

HUMAS STIMULUS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN
Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, Johansyah, SE,ME.
Jambipos Online, Kerinci-Pelaksanaan pembangunan sangat memerlukan partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan (stakeholders), termasuk di dalamnya masyarakat, dalam artian luas. Sebaik apapun konsep program pembangunan, jika tidak didukung oleh masyarakat, maka akan sangat sulit untuk mewujudkan program pembangunan tersebut dengan maksimal. 

Maka dari itu, Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, yakni melalui Bagian Humas berusaha untuk menstimulus partisipasi masyarakat dalam pembangunan, dengan dasar pemikiran bahwa masyarakat merupakan aktor pembangunan, bukan hanya obyek pembangunan, tetapi penekanannya sebagai subyek pembangunan. 

Melalui program Pertemuan Desa Informasi, Biro Humas dan Protokol menyampaikan informasi program, kebijakan, dan kegiatan unggulan Pemerintah Provinsi Jambi kepada masyarakat. Dengan adanya Pertemuan Desa Informasi, akses informasi pembangunan kepada masyarakat diperluas, dengan harapan ada feed back (umpan balik) dari masyarakat, yakni meningkatnya partipasi masyarakat dalam pembangunan.

Kamis (1/11/2018), bertempat di Ruang Pola Kantor Camat Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Subbagian Dokumentasi dan Komunikasi Masyarakat (DKM) Biro Humas dan Protokol menyelenggarakan Pertemuan Desa Informasi, yang dibuka oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, Johansyah, SE,ME. 

Pertemuan Desa Informasi tersebut diikuti oleh aparatur pemerintahan, baik camat Gunung Raya dan jajarannya, pihak kepolisian dan TNI setempat, serta masyarakat. Humas juga mengikutsertakan peserta Praktek Pengamalaman Lapangan (PPL) UIN STS Jambi.

Johansyah menyatakan, Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban, terus berusaha meningkatkan informasi dan publikasi kepada masyarakat Provinsi Jambi, baik melalui media cetak, media televisi, radio, media daring (online), serta media sosial, dan juga dengan pertemuan Desa Informasi (tatap muka dan temu wicara kepada masyarakat).

Pertemuan Desa Informasi, lanjut Johansyah, sangat penting bagi masyarakat desa, terutama bagi desa yang akses informasinya relatif sedikit. Humas hadir dan memberikan informasi pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, diantaranya untuk pengembangan ekonomi kerakyatan.

Johansyah mengemukakan, dengan dilaksanakannya Pertemuan Desa Informasi, informasi program dan kebijakan pembangunan Pemerintah provinsi Jambi disampaikan secara langsung kepada masyarakat melalui tatap muka, agar masyarakat mengetahui dengan lebih baik dan jelas program dan kebijakan pembangunan.

Johansyah menjelaskan, selain menyampaikan informasi program dan kebijakan pembangunan, melalui pertemuan Desa Informasi, aspirasi masyarakat desa diserap langsung, baik masukan berupa kritik maupun saran dari masyarakat, sebagai input yang sangat berharga bagi pemerintah dalam meningkatkan kualitas pembangunan.

Lebih jauh lagi, Johansyah mengungkapkan, pertemuan Desa Informasi diharapkan bisa meningkatkan kepedulian dan dukungan masyarakat, serta meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan.

Mengenai informasi program dan kebijakan dan pembangunan yang disampaikan, tambah Johansyah, itu sangat banyak, baik pelayanan pendidikan misalnya beasiswa, ketenagakerjaan seperti pemagangan calon tenaga kerja, dan lain-lain, sesuai dengan potensi desa yang didatangi. Untuk Gunung Raya, ada dua program pembangunan yang dibagikan, yakni Pengembangan Komoditi Perkebunan, lebih spesifik komoditi kopi, dan pengembangan wisata melalui Desa Wisata. 

Camat Gunung Tujuh, Asmawi, menyatakan, informasi pembangunan sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa dan kelurahan di Kecamatan Gunung Tujuh yang terdiri dari 12 desa dan 1 kelurahan, yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Gunung Tujuh.

Asmawi mengungkapkan, secara umum, akses jalan sulit ke desa dan kelurahan di Gunung Tujuh, namun terus diupayakan ditingkatkan, termasuk dengan pemanfaatan Dana Desa.

Kepala Subbagian Dokumentasi dan Komunikasi Masyarakat (DKM) Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Kamarul Zaman,SE menyampaikan, tema Pertemuan Desa Informasi ini adalah “Dengan Peran Aktif Kelompok Masyarakat, Kita Wujudkan Jambi TUNTAS 2021.”

Pria yang akrab dikenal Mayong ini menambahkan, sebagai pelaksana Pertemuan Desa Informasi, dia berharap kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan mendapatkan masukan-masukan positif secara langsung dari masyarakat.

Dua orang narasumber, Husnawati dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi menyampaikan materi Peningkatan Kualitas Tanaman Perkebunan di Provinsi Jambi , dan Asril dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi memaparkan Pengembangan Wisata Provinsi Jambi. (JP-Hms-Mustar).
Share this article :

Posting Komentar