Home » , » Almarhum Zulkifli Nurdin Dimakamkan di Pemakaman Keluarga Sukarejo Thehok Jambi

Almarhum Zulkifli Nurdin Dimakamkan di Pemakaman Keluarga Sukarejo Thehok Jambi

Written By jambipos-online on Kamis, 29 November 2018 | 08:38

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi Periode 1999-2010 H Zulkifli Nurdin tutup usia di RS Pondok Indah, Jakarta, Rabu (28/11/2018) sekira Pukul 20.05 WIB. Ayahanda dari Zumi Zola itu sempat dirawat sebelum menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta. Jaksa KPK juga mendampingi Zumi Zola untuk melayat Ayahnya di rumah sakit dan pemakaman Keluarga Sukarejo, Thehok Kota Jambi, Kamis (29/11/2018).

Hartman Manap, kerabat almarhum Zulkifli Nurdin kepada wartawan Kamis pagi mengatakan, jenazah Almarhun ZN  dibawa ke Jambi Kamis (29/11/2018) sekira Pukul 05.00 WIB menggunakan Maskapai Garuda Indonesia, juga keluarga dengan Maskapai Lion Air. 

Jenazah Almarhum akan disemayamkan terlebih dahulu di rumah duka Kampung Manggis, Pasar Jambi. “Jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Sukerejo Thehok Jambi persis disamping Ayah dari ZN. Sebelum ke pemakaman akan disholatkan di Masjid Nurdin Hamzah Sipin,” ujar Hartman.

Sekda Provinsi Jambi M Dianto dan jajaran Pejabat OPD dan Politisi PAN dan sejumlah Tokoh Masyarakat Jambi ikut menjemput Jenazah Almarhum di VIP Room Bandara Sulthan Tha Syaifuddin Jambi, Kamis pagi.


Sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat memberikan kesan terhadap Sosok H Zulkifli Nurdin saat 10 tahun menjabat Gubernur Jambi. Mereka yang memberikan kesan itu yakni Sekda M Dianto, Sum Indra, H Hasan Basri Agus, Walikota Jambi Syarif Fasha, Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston. Dimata mereka, Sosok Zulkifli Nurdin adalah sebagau “Guru” dan Pemimpin Sejati.

Dalam Kenangan

Gubernur Jambi Periode 1999-2010 Zulkifli Nurdin, adalah Putra kelahiran Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur, 28 Maret 1948. Mengutip dari Portal wikipedia, semasa hidupnya dia menjadi Gubernur Jambi untuk periode 1999-2005 dan 2005-2010.

Zulkifli Nurdin adalah anak sulung dari beberapa bersaudara. Ayahnya seorang pedagang yang bernama H. Nurdin Hamzah dan Ibunya Hj. Nurhasanah. Dia memiliki istri bernama Ratu Munawarah.

Semasa kecilnya dia sekolah di SR (Taman Budaya) tamat tahun 1961, selanjutnya melanjutkan pada jenjang menengah pertama di SMPN 1 Jambi tamat tahun 1964. 

Setelah tamat dia masuk di SMAN 2 Jambi tamat tahun 1967, setelah lepas dari menengah atas dia kuliah di Ekonomi UI hingga mendapat gelar Sarjana Muda pada tahun 1970 dan menyelesaikan sarjananya di Ekonomi di Universitas Tujuh belas Agustus Surabaya.

Setelah menamatkan sekolahnya dia bekerja pada perusahaan orangtuanya dengan pengalaman yang ia miliki yaitu: pernah memegang jabatan sebagai Wakil Kepala Cabang PT Nurdin Hamzah di Jakarta, Kepala cabang PT. Nurdin Hamzah di Jakarta, Dirut PT. Nurdin Hamzah Jambi.

Pada tahun 1978 sampai dengan tahun 1990 memegang jabatan Kepala Cabang PT. Nurdin Hamzah di Surabaya tahun 1998 menjadi anggota DPR RI. Dan terakhir memegang jabatan Gubernur Jambi selama dua periode. 

ZN juga aktif di tingkat organisasi antara lain yaitu : pengalaman dalam bidang organsiasi, dia telah memegang beberapa jabatan antara lain ketua APKETI, kemudian tahun 1985 sampai dengan tahun 1990 sebagai mitra Bulog Provinsi Jambi dalam penyaluram gula dan tepung terigu.

Ketua Umum Kadinda Provinsi Jambi dari tahun 1990 sampai dengan tahun 2000. Dalam kepartaian dia juga menjabat sebagai ketua umum PAN Kota Jambi tahun 1998 sampai tahun 2001.

Kemudian pada tahun 2001 sampai 2004 menjabat sebagai Ketua DPW PAN Provinsi Jambi. Di samping itu masih banyak lagi jabatan-jabatan lainnya, antara lain sebagai ketua tim potensi daerah Jambi ke luar negeri, ketua Alumni SMA 2 Jambi, ketua madrasah Nurdin Hasanah, dan ketua perkumpulan Mesjid Nurdin Hasanah. (JP-Berbagaisumber/Lee)

Share this article :

Posting Komentar