Home » , » 18 Sekolah Mitra LPTK UNJA dan UIN Belajar Manajemen Sekolah

18 Sekolah Mitra LPTK UNJA dan UIN Belajar Manajemen Sekolah

Written By jambipos-online on Rabu, 07 November 2018 | 21:09

Dr. Yantoro, M.Pd (berdiri) fasilitator FKIP Universitas Jambi memberikan pengarahan kepada beberapa kepala sekolah dan pengawas pada pelatihan manajemen sekolah, Rabu (07/11/2018).
Jambipos Online, Jambi–Tanoto Foundation bersama dua perguruan tinggi di Jambi menggelar pelatihan manajemen berbasis sekolah (MBS) bagi sekolah dan madrasah mitra LPTK (Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan) mitra UIN Sulthan Thaha Saifuddin dan Universitas Jambi, Rabu (07/11/2018).

Selain materi manajemen, peserta juga mendapatkan materi MIKiR, yang berarti Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi. Konsep pembelajaran MIKiR ini untuk memperkuat pembelajaran aktif di sekolah dan madrasah mitra LPTK. Kegiatan ini bagian dari Program Pengembangan Inovasi Kualitas Pembelajaran (PINTAR). 

Head of Teacher Training Institute Development Tanoto Foundation Ajar Budi Kuncoro mengatakan, melalui program PINTAR, pihaknya bersama Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin dan Universitas Jambi dalam hal ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) ingin mendekatkan LPTK dengan sekolah maupun madrasah yang ada di Kota Jambi.

"Selain sebagai lembaga yang menghasilkan guru, LPTK UNJA dan UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) juga memiliki sekolah dan madrasah mitra, sehingga pada kesempatan kali ini, sekolah maupun madrasah tersebut kita latih manajemen berbasis sekolah," kata dia. 

Medi Yusva, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi mengatakan, fasilitator yang memfasilitasi adalah dosen yang berasal dari FKIP UNJA dan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

"Setelah kita melatih para fasilitator, fokus kita saat ini melatih kepala sekolah dan madrasah mitra LPTK UNJA maupun FTK UIN STS," terang Medi, panggilan akrabnya.

Program ini kata dia merupakan pendekatan sekolah secara menyeluruh. "Yang kita latih para guru, termasuk melatih kepala sekolah dan komite sekolah. Supaya ada perubahan, selain dilatih manajemen, para peserta juga mendapatkan materi MIKiR untuk memperkuat pembelajaran ketika kepala sekolah ini kembali ke sekolah masing-masing," sebutnya.

Jumlah sekolah mitra LPTK UNJA terdiri dari SDN 73/ IX Mendalo Barat Muaro Jambi, SDN 76/ IX Sungai Durem Muaro Jambi, SDN 211/IX Mendalo Darat Muaro Jambi, SDN 236/IX Aur Duri Muaro Jambi, SDN 47 Kota Jambi, SDN 131 Kota Jambi, SMPN 01 Muaro Jambi, SMPN 07 Muaro Jambi, SMPN 30 Muaro Jambi.

Sedangkan madrasah mitra UIN STS Jambi meliputi MI Al Mukhlisin, MI Al Muhajirin, MI Nurul Hikmah, MI Nurul Iman, MI Nurul Yaqin, MI Kurnia, MTsN 5 Kota Jambi, MTs 8 Pijon Muaro Jambi, MTs Labor UIN STS Jambi.

Tentang Tanoto Foundation

Tanoto Foundation adalah organisasi filan tropi keluarga yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto yang berfokus pada sektor pendidikan.

Tanoto Foundation memulai kegiatan pada 1981 dengan mendirikan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di Besitang, Sumatera Utara. Tanoto Fooundation selama ini telah memberikan beasiswa Strata-1 (S1) untuk 9 perguruan tinggi negeri (PTN)  sebagai dukungan terhadap pengembangan pemimpin masa depan Indonesia. 
Dra. Arniwati, M.Si, (kanan), fasilitator FKIP Universitas Jambi mendampingi peserta pelatihan manajemen berbasis sekolah yang berasal 18 sekolah/madrasah mitra LPTK se Jambi, Rabu (07/11/2018).

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, Tanoto Foundation telah melatih guru untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas dalam pembelajaran di kelas, juga melatih kepala sekolah dalam manajemen  dan kepemimpinan sekolah. 

Program peningkatan mutu pendidikan dasar ini bermitra dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian RisetTeknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), sertaPemerintah Daerah di Sumatera Utara, Jambi, Riau, Kalimantan Timur, dan Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas SD/MI dan SMP/MTS. Program ini juga bermitra dengan 10 LPTK untuk meningkatkan kualitas pendidikan guru pra dan dalam jabatan.

Tanoto Foundation juga memandang penting pengembangan sumber  daya manusia di seluruh siklus hidupnya. Untuk itu, Tanoto Foundation mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kegiatan pendidikan dan pengembangan anak usia dini. Informasi lebih lanjut kunjungi: www.tanotofoundation.org. (JP-Rel-Syaiful Bahri)


Share this article :

Posting Komentar