Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Fachrori Harap Masyarakat Kembangkan Produk Ekonomi Berbasis Seni, Budaya dan Kerajinan

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum Mengharapkan kepada masyarakat untuk mengembangkan keunggulan produk ekonomi yang berbasiskan seni,Budaya dan kerajinan, harapan demikian disampaikannya saat Membuka Festival Kerinci Tahun 2018 ke XVII yang di pusatkan di Danau Kerinci, Rabu (03/10/2018).Humas
Jambipos Online, Kerinci-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum Mengharapkan kepada masyarakat untuk mengembangkan keunggulan produk ekonomi yang berbasiskan seni,Budaya dan kerajinan, harapan demikian disampaikannya saat Membuka Festival Kerinci Tahun 2018 ke XVII yang di pusatkan di Danau Kerinci, Rabu (03/10/2018).

Pembukaan Pestival Kerinci di Tandai Pemukulan Beduk oleh Plt. Gubernur Jambi dan dikuti oleh Staf Ahli Menteri, Kapolda, Danrem dan Kajati.

"Mari kita kembangkan keunggulan produk ekonomi yang berbasis seni, budaya serta kerajinan seperti even nasional yang kita laksanakan hari ini. Kepada Bupati/walikota yang berada di Provinsi jambi, saya mengharapkan  dapat mengidentifikasi berbagai potensi dan keunggulan kepariwisataan daerah masing-masing untuk di kembangkan secara bersama-sama," ajak Fachrori

Fachrori mengatakan, Festival Kerinci merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mengembangkan paradigma baru kepariwisataan dengan dasar pemikiran pemanfaatan keberadaan potensi sumber daya alam yang unik dan khas.

"Kita harus mengembangkan paradigma baru kepariwisataan dengan dasar pemikiran pemanfaatan keberadaan potensi sumber daya alam yang unik dan khas, keberadaan keanekaragaman hayati yang tersebar luas di Bumi Sakti Alam Kerinci ini," kata Fachrori.

Lebih lanjut Fachrori menghimbau, instansi terkait sektor Pariwisata, seni dan budaya agar mampu mendefikasikan, merumuskan serta merinci secara lebih akurat sasaran dan target kontribusi keberpihakan sektor Pariwisata, seni dan budaya dalam perkembangan perekonomian skala rakyat.

"Untuk kita sadari bersama, kelemahan kita dalam pengembangan kepariwisataan selama ini yaitu, kita masih menerapkan manajemen pasar malam, setelah kegiatan inti itu selesai yang ditinggal hanya sampah tanpa ada kelanjutan pemanfaatan investasi yang telah dialokasikan, dengan adanya Festival Kerinci diharapakan dapat memberikan kontribusi keberpihakan kepada perekonomian skala rakyat dan dapat berkelanjutan pemanfaatannya," lanjut Fachrori.

Fachrori mengajak seluruh komponen masyarakat yang hadir untuk memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya even nasional ini.

"Mari kita berikan dukungan penuh atas terselenggaranya Even Nasional ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembangunan dan kemajuan dunia kepariwisataan di negeri kita ini, agar Jambi lebih Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil dan Sejahtera di segala bidang akan terwujud," kata Fachrori

Sementara Itu Staf Ahli Menteri Pariwisata RI Bidang Destinasi Wisata Dr.M. Iqbal Alamsyah menyampaikan, potensi wisat di provinsi jambi ini cukup banyak, khususnya di Kabupaten Kerinci cukup banyak potensi alam yang sangat indah.

"Saya melihat potensi kepariwisataan di kabupaten kerinci cukup, perlu menerapkan A3 yaitu Aktrasi, Aminility dan Aminitas banyak sekali Aktrasi-aktrasi di Kerinci ini Aminitas, penerbangan di kerinci harus ditingkatkan potensi alam yang begitu indah harus dimanfaatkan," kata Iqbal.

"Menurut data yang ada di Kementerian Pariwisata RI Kabupaten di Tahun 2011, kunjungan wisata manca negara yang datang sebanyak lima ratus ribu wisatawan dan di tahun 2017 sebanyak tujuh ribu lima ratus tujuh puluh satu, peningkatannya sangat luar biasa," sebutnya.

Disebutkan, kementerian telah mengelontorkan anggran 100 Milyar untuk memajukan kepariwisataan di Kabupaten Kerinci. Festival Kerinci ini masuk dalam 100 event Nasional dan kelender Kementerian Pariwisata RI.

"Saya mengharapkan Festival Kerinci 2018 mampu menarik minat wisatawan nusantara dan mancanegara untuk mengunjungi Kabupaten Kerinci yang kaya akan objek wisata sehingga berimbas pada perekonomian masyarakat Kerinci. Apalagi Kerinci selama ini ditetapkan sebagai branding pariwisata Jambi oleh Kementerian Pariwisata RI," ujar Iqbal.

Sebelumnya Bupati Kerinci Dr. H. Adi Rozal, M.Si mengatakan, Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kerinci mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua tamu yang datang dan masyarakat kerinci yang telah mendukung terlaksananya Pesta Kerinci.

"Festival Kerinci 2018 digelar pada 3-7 Oktober 2018 di 2 venue, yakni di Danau Kerinci dan Obyek Wisata Aroma Peko, Kayu Aro, kenapa dilaksanakan di Kayu Aro merupakan dataran tertinggi terpaporit 2016 yang terbanyak di datagi oleh wisatawan." ucap Bupati

"Festival Kerinci adalah agenda tahunan kepariwisataan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci, didukung oleh Pemprov Jambi melalui Disbudpar dan Kementerian Pariwisata pada saat Pemerintah Pusat juga menetapkan Kabupaten Kerinci sebagai Brending Wisata Provinsi Jambi," katanya.

Ditambahkan, event ini diselenggarakan dalam rangka ajang promosi dan pelestarian kepariwisataan Kabupaten Kerinci, baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah hingga wisata Kuliner yang dimiliki oleh Kabupatan Kerinci.

"Kabupaten Kerinci kaya akan tanaman serta perkebunan, Teh, Casiavera yang Kopi Arabca yang baru-baru ini diakui oleh internasional sebagai salah satu kopi terbaik, dengan perkembangan yang sangat pesat, dengan diakuinya kopi kerinci terbaik, pendapatan para petani dapat meningkat, juga Casiavera exspor terbesar dari kabupaten Kerinci," ujarnya.

Disebutkan, Kabupaten Kerinci terdapat 75 objek wisata yang masih Asri, mari kita jaga dan lestarikan bersama serta saya mengajak masyarakat kerinci untuk menjaga kenyamanan bagi pengunjung yang datang kerinci ini, tunjukkanlah keramahan, dan santun kita kepada seluruh pengunjung yang datang di Kabupaten Kerinci.

Pada kesempatan ini Plt Gubernur bersama Bupati Kerinci dan unsur Forkompimda melepaskan bibit Ikan Semah di danau Kerinci

Turut serta pada kesempatan ini, anggota DPR RI H. Bakri. Kapolda, Irjen. Pol. Muklis As, Danrem 042 Gapu Dani Budiyanto, Kejati Jambi Andi Nurwinah, para Bupati/walikota se Provinsi Jambi para OPD Provinsi Jambi dan OPD Kabupaten Kerinci Forkompimda Kabupaten Kerinci serta para tamu undangan lainya.(JP-Hms-Sapra Wintani/Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar