Home » » Tugas Inasgoc Tuntas April 2019

Tugas Inasgoc Tuntas April 2019

Written By jambipos-online on Senin, 03 September 2018 | 09:57

Erick Thohir dan Sheikh Ahmad al-Fahad al-Sabah. ( Foto: AFP )

Inasgoc harus mempertanggungjawabkan secara administrasi kepada semua pihak, agar dinilai layak menyelenggarakan Olimpiade 2032.

Jambipos Online, Jakarta - Tugas Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) belum selesai meskipun Asian Games 2018 resmi ditutup Minggu (2/9/2018) malam. Inasgoc masih memiliki kewajiban terkait administrasi dan pertanggungjawaban kepada semua pihak, yang diperkirakan tuntas seluruhnya pada April 2019.

Hal tersebut disampaikan Ketua  Inasgoc Erick Thohir di Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018). "Kami baru akan menyelesaikan tugas 100% pada April 2019 mendatang meski sudah melakukan upacara penutupan. Sebab masih terdapat berderet pertanggungjawaban, seperti memulangkan atlet dan ofisial, serta urusan administratif yang butuh diselesaikan oleh panitia," ujarnya.

Semua tanggung jawab tersebut harus dapat dilaksanakan dengan tuntas dan profesional. Sebab, hal ini untuk dapat membuktikan bahwa Indonesia pantas menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. "Untuk itu Indonesia harus tertib dalam administrasi, juga dalam menjaga seluruh pencapaian yang telah diraih pada tahun ini," jelasnya.

"Kami tidak akan berhenti bekerja setelah hari Minggu (2/9) ini, tetapi hingga April 2019 mendatang. Kami ingin sukses administrasi karena banyak penyelenggaraan multicabang olahraga di dunia yang punya persoalan administrasi. Jika diamati banyak ajang multievent di dunia bermasalah dengan administrasi, dan kami tidak ingin itu terjadi kepada kami," tegasnya.

Menurutnya, Indonesia akan berkembang menjadi negara yang besar dan ke depan akan terus berupaya menyelenggarakan acara-acara Internasional.

Sementara itu, Wakil Dewan Kehormatan Dewan Olimpiade Asia (OCA), Wei Jizhong mengingatkan, Inasgoc masih bertanggung jawab untuk memulangkan seluruh atlet dan ofisial ke negara masing-masing. Puncak kepulangan atlet diperkirakan terjadi besok Senin (3/9/2018) dan Selasa (4/9/2018).

"Pertandingan Asian Games 2018 sudah selesai. Namun kesuksesan terakhir itu justru ada saat seusai upacara penutupan. Di sinilah tugas departemen transportasi panitia bisa memulangkan seluruh peserta dengan lancar. Kami akan sangat menantikan hasilnya," katanya.

Diakui awalnya ajang pesta olahraga terbesar Asia ini sempat mendapat banyak masalah. Namun seiring berjalannya waktu, pihaknya memastikan tidak ada kendala sama sekali, bahkan ia menilai Asian Games 2018 kali ini lebih baik dibandingkan yang diekspektasikan.(*)



Sumber: Suara Pembaruan
Share this article :

Posting Komentar