Home » , , , , , » Sektor Parawisata Jambi Harus Bisa Penggerak Ekonomi Rakyat

Sektor Parawisata Jambi Harus Bisa Penggerak Ekonomi Rakyat

Written By jambipos-online on Minggu, 30 September 2018 | 20:32

Fachrori saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Pengurus Besar Himpunan Keluarga Kerinci (PB HKK) Nasional Tahun 2018, bertempat di Lor In Sentul Hotel, Kawasan Sirkuit Sentul Internasional Kabupaten Bogor, Sabtu (29/9/2018) siang. Humas
Jambipos Online, Sentul-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, pariwisata merupakan salah satu penggerak perekonomian nasional maupun perekonomian daerah, khususnya Provinsi Jambi yang mengandalkan Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh untuk sektor pariwisata. 

Hal tersebut diungkapkan Fachrori saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Pengurus Besar Himpunan Keluarga Kerinci (PB HKK) Nasional Tahun 2018, bertempat di Lor In Sentul Hotel, Kawasan Sirkuit Sentul Internasional Kabupaten Bogor, Sabtu (29/9/2018) siang.

"Berbagai negara dan daerah telah berlomba lomba dalam mengembangkan sektor pariwisata, karena melalui sektor pariwisata ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya dalam mengembangkan sektor pariwisata, salah satunya menjadikan Kerinci sebagai destinasi wisata nasional," tutur Fachrori.

Fachrori menjelaskan, sektor pariwisata mampu menggerakkan roda perekonomian, mulai dari tingkat mikro hingga ke tingkat makro yang memiliki dampak langsung dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ada 2 sektor yang harus terus ditingkatkan pengembangannya, karena memiliki potensi yang sangat besar yaitu, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya mengharapkan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat tumbuh sesuai dengan potensinya dan tepat sasaran. Untuk mendukung hal itu, maka kebijakan dan regulasi yang ada harus terus kita kembangkan agar benar benar tepat sasaran," jelas Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori juga mengharapkan, kegiatan ini bisa menghasilkan solusi dan inovasi dalam mengembangkan pembangunan pada sektor pariwisata guna membantu percepatan pembangunan di Provinsi Jambi lebih baik lagi kedepannya.

Walikota Sungai Penuh, Prof.Dr.H.Asafri Jaya Bakri,MA memberikan apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh HKK Nasional, sehingga masyarakat Kerinci yang tersebar di seluruh Indonesia bisa berkumpul di tempat ini dalam rangka mengikuti kegiatan ini. "Saya sangat mengapresiasi sekali kegiatan ini, karena kegiatan ini merupakan sebuah inisiasi luar biasa yang telah dilakukan oleh Brigjen Pol Syafril," ujar Asafri.

"Kegiatan ini sangat penting, karena kita semua mengetahui potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Potensi itu berupa destinasi wisata yang sangat menjadi unggulan bagi Provinsi Jambi, dimana banyak sekali destinasi destinasi wisata yang harus dikembangkan," sambung Asafri.

Asafri mengajak semua pihak, khususnya HKK untuk terus membangun sektor pariwisata di Kerinci, karena wilayah Kerinci memiliki potensi yang luar biasa. 

"Mari bersama sama kita terus membangun sektor pariwisata di Kerinci. Kita bersama juga mengetahui, bahwa Kementerian Pariwisata telah menetapkan Kerinci menjadi destinasi wisata nasional," kata Asafri.

Ketua Umum PB HKK Nasional, Brigjen Pol, Drs.H.Syafril Nursal,SH,MH menyampaikan, HKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang didirikan atas dasar kebersamaan, solidaritas dan rasa cinta terhadap tanah leluhur Kerinci dan Provinsi Jambi. HKK ini didirikan untuk mendukung dan mendorong Pemerintah Kabupaten Kerinci, Pemerintah Kota Sungai Penuh dan Pemerintah Provinsi Jambi dalam melaksanakan pembangunan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"HKK Nasional ini sebagai pemersatu organisasi HKK baik di dalam negeri dan luar negeri dengan tujuan mempersatukan potensi potensi yang dimiliki oleh setiap HKK untuk membangun Kerinci," kata Syafril.

Lebih lanjut, Syafril menerangkan, HKK Nasional merupakan koordinator yang fungsinya sebagai koordinasi antara HKK disetiap Provinsi Indonesia, sehingga mobilisasi HKK semakin mudah, serta mendukung dan memfasilitasi Pemerintah Daerah dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kerinci, sehingga Kerinci menjadi destinasi wisata yang utama bagi para wisatawan.

"Kita juga turut membantu dalam mengembangkan produk produk unggulan di daerah Kerinci, serta mengembangkan pendidikan khusus di bidang pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan," terang Syafril.

Syafril juga menegaskan, HKK merupakan organisasi sosial kemasyarakatan masyarakat, bukanlah sebuah organisasi politik, jadi HKK bersikap netral terhadap politik dan tidak memihak kemana pun. (JP-Hms-Richi/Lee)












Fachrori saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I Pengurus Besar Himpunan Keluarga Kerinci (PB HKK) Nasional Tahun 2018, bertempat di Lor In Sentul Hotel, Kawasan Sirkuit Sentul Internasional Kabupaten Bogor, Sabtu (29/9/2018) siang. Humas
Share this article :

Posting Komentar