Home » , » Ini Pendapat Dewan Pertimbangan Presiden Soal Penyegelan 3 Gereja di Jambi

Ini Pendapat Dewan Pertimbangan Presiden Soal Penyegelan 3 Gereja di Jambi

Written By jambipos-online on Jumat, 28 September 2018 | 07:11

Andreas Anangguru Yewangoe.FB
Jambipos Online, Jambi-Mantan Ketua Persekutuan Gereja di Indonesia (PGI) Pusat, Andreas Anangguru Yewangoe yang kini menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Presiden menyikapi soal penyegelan gereja di Jambi.

Lewat akun faceeboknya, Andreas Anangguru Yewangoe menanggapi penyegelan tiga gereja tersebut. (Baca: Lagi, Pemkot Jambi Segel 3 Gereja di Kota Jambi)

Berikut petikannya: 

Terdengar khabar bahwa 3 buah gereja di Jambi disegel oleh Pemerintah Daerah. Usia gedung gereja tersebut sudah cukup tua. Alasannya krn tidak punya IMB. 

Dengan penyegelan ini anggota jemaat tidak dapat lagi beribadah. Ini sangat disayangkan. Beribadah itu adalah hak setiap warga negara. 

Masalah-masalah seperti ini kelihatannya sudah menjadi "klasik" di negeri ini. Tidak ada IMB, itu alasan. Tetapi semua orang tahu, bahwa mengurus IMB di negeri ini bukan persoalan sederhana. 

Bisa bertahun-tahun, bahkan izinnya tidak pernah keluar. Dalam keadaan seperti itu mestinya Pemerintah Daerah memfasilitasi. Bukan menyegel bangunan sehingga jemaat tidak bisa beribadah. Kalau hanya menyegel saja, itu tindakan sewenang-wenang. 

Tugas Negara yang diwakili Pemerintah Daerah adalah memastikan bahwa semua rakyatnya sejahtera lahir-batin. Beribadah adalah bahagian dari kesejahteraan itu. Kalau ada segmen masyarakat yang tidak sejahtera, maka hal itu adalah cacat bagi Pemerintah Daerah sendiri. Merdeka!.(JP-Lee)
Share this article :

Posting Komentar