Home » , , , » Pendaftaran Relawan Kelas Inspirasi Sungaipenuh

Pendaftaran Relawan Kelas Inspirasi Sungaipenuh

Written By jambipos-online on Sabtu, 18 Agustus 2018 | 07:15

Ini Nonie KI Bogor.IST
Jambipos Online, Sungaipenuh-Sejak digagas pertama kali di tahun 2012 oleh beberapa relawan dari kalangan profesional dan Tim Indonesia Mengajar (IM), Kelas Inspirasi (KI) semakin diminati oleh banyak kalangan yang memiliki kepedulian di dunia pendidikan.

Hal ini dibuktikan dengan tingginya animo relawan serta semakin banyaknya kota/kabupaten yang melakukan kegiatan yang sama dari tahun ke tahunnya. Tercatat lebih dari seratus kota/kabupaten di Indonesia yang telah menyelenggarakan Kelas Inspirasi, bahkan banyak diantaranya lebih dari satu kali penyelenggaraan.

Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Para profesional diajak untuk menceritakan mengenai profesinya masing-masing di hadapan siswa-siswi Sekolah Dasar. 

Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar. Bagi para relawan, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.
KI Jkt5.
Melihat kenyataan tersebut, sekelompok pemuda-pemudi yang peduli dengan dunia pendidikan berinisiatif menyelenggarakan Kelas Inspirasi Sungai Penuh. Kegiatan ini sendiri rencananya akan diadakan pada 20 Oktober 2018 di beberapa SD yang ada di Kota Sungai Penuh. Kegiatan ini juga didukung penuh oleh Dinas Pendidikan Sungai Penuh.

Deki Pemana, Koordinator KI Sungai Penuh menjelaskan, “Dengan adanya Kelas Inspirasi Sungai Penuh, diharapkan anak-anak di Kota Sungai Penuh akan mendapatkan wawasan tentang arti sebuah cita-cita dan juga diperkenalkan dengan berbagai profesi yang bisa menjadi cita-cita mereka nanti.”

Syarat utama untuk menjadi relawan pengajar adalah profesional yang bekerja dan mempunyai keahlian di bidangnya masing-masing dengan pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidangnya dengan pendidikan akhir minimal S1 atau D3/Akademi. Sedangkan syarat untuk relawan dokumentasi (fotografer dan videografer) adalah profesional/mahasiswa yang bersedia membawa peralatan dan perlengkapan dokumentator saat Hari Inspirasi dan Refleksi. 

Tentang Kelas Inspirasi 

Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi dan merangsang tumbuhnya cita-cita tanpa batas pada diri mereka. 

Tujuan dari Kelas Inspirasi ini ada dua, yaitu menjadi wahana bagi sekolah dan siswa untuk belajar dari para profesional, serta agar para profesional, khususnya kelas menengah secara lebih luas, dapat belajar mengenai kenyataan dan fakta mengenai kondisi pendidikan kita. 
KI Lampung5.
Diharapkan ke depan, terjalin relasi yang dapat terus menerus mereka pelihara baik untuk kepentingan jangka pendek membangun pendidikan di sekolah tersebut ataupun sekadar berjejaring dan terus berkomunikasi. Hal ini sebagai wujud jendela komunikasi antarprofesional sebagai kelas menengah dan dunia pendidikan di SD sebagai salah satu area yang perlu diadvokasi dan dikembangkan terus-menerus. 

Kelas Inspirasi ini menjadi solusi bagi para profesional Indonesia yang ingin berkontribusi dengan mengajar di lingkungannya. Hal ini membuka pintu interaksi positif antara kaum profesional dengan dunia sekolah. 

Partisipasi para profesional tersebut untuk mengambil cuti sehari dan berbagi pengalamannya bersama anak-anak SD, merupakan partisipasi berbasiskan individu, bukan institusi. Ini menunjukkan bahwa kepedulian dan kesadaran pribadi terhadap pendidikan masih tinggi. Ke depannya, Kelas Inspirasi ini diharapkan mampu mendorong kalangan profesional untuk berperan aktif dalam pendidikan melalui kegiatan serupa. 

“Bagi Anda hanya satu hari cuti bekerja, namun bagi murid-murid itu bisa menjadi hari yang menginspirasi mereka seumur hidup. Berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman untuk menjadi cita-cita dan mimpi mereka.“

Apabila ingin bergabung menjadi Relawan Kelas Inspirasi Sungai Penuh bisa mendaftar melalui http://bit.ly/daftarkispn atau pantau social media Kelas Inspirasi Sungai Penuh : Facebook : Kelas Inspirasi Sungai Penuh. Instagram : @kelasinspirasisungaipenuh. Untuk infomasi lebih lanjut dapat menghubungi : Deki Permana. Koordinator KI Sungaipenuh WA : 0822-2669-9102. Email : emailnyadeki@gmail.com. (JP-Rel)
Share this article :

Posting Komentar