Home » » LSI Denny JA: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Sudah Magic Number

LSI Denny JA: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Sudah Magic Number

Written By jambipos-online on Selasa, 21 Agustus 2018 | 16:00

Ma'ruf Amin dan Joko Widodo. ( Foto: Antara )

Elektabilitas Prabowo-Sandiaga 29,5 persen. Masih ada 18,3 persen responden yang belum memutuskan.

Jambipos Online, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei elektabilitas pertama kalinya untuk para calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Hasilnya, elektabilitas Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul sebesar 52,2 persen dibandingkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang mendapat angka sebesar 29,5 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, mengatakan angka yang didapatkan pasangan Jokowi-Ma'ruf dalam survei tersebut telah mencapai the magic number.

"Pasangan Jokowi-Ma'ruf mencapai the magic number karena elektabilitasnya mencapai 50 persen," kata Adjie di kantor LSI, Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (21/8/2018).

Perolehan survei ini, katanya, hampir sama dengan perolehan Jokowi di Pilpres 2014 lalu. Namun, masih tingginya pemilih yang belum memutuskan pilihannya dalam survei tersebut, yakni sebesar 18,3 persen harus menjadi perhatian khusus.

Adapun survei yang dilakukan LSI sendiri diselenggarakan pada 12-19 Agustus 2018 dengan menggunakan metode multistage random sampling. Sebanyak 1.200 responden dilibatkan dalam pengambilan survei tersebut dengan cara wawancara mendalam dan focus group discussion (FGD).(JP)



Share this article :

Posting Komentar