Home » » Jadi Wakapolri, Komjen Ari Dono Sukmanto Akan Dilantik Siang Ini

Jadi Wakapolri, Komjen Ari Dono Sukmanto Akan Dilantik Siang Ini

Written By jambipos-online on Jumat, 17 Agustus 2018 | 08:45

Ari Dono Sukmanto.Net
Jambipos Online, Jakarta-Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto dikabarkan akan dilantik sebagai wakapolri menggantikan Komjen (pur) Syafruddin. Sebelumnya, Syafrudin diangkat Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara - Reformasi Birokrasi menggantikan Asman Abnur.

Ari, jenderal bintang tiga kelahiran Bojonegoro , Jawa Timur itu akan dilantik  oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian siang ini.

“Benar siang nanti akan ada upacara pelantikan Wakapolri,” kata Asisten SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto saat dihubungi Jumat (17/8/2018) pagi.

Namun jenderal bintang dua ini tak menjawab saat ditanya apakah benar dirinya yang dtunjuk sebagai Kabareskrim menggantikan Ari.

Sebelumnya nama Kapolda Metro Irjen Idham Azis yang santer diisukan mengisi jabatan Wakapolri.

Tak berhenti di situ, Dankor Brimob Irjen Rudy Sufahriadi bahkan sudah membuat video yang isinya mengklaim telah ditunjuk sebagai Kapolda Metro Jaya mengganti Idham.

Mengenal Sosok Komjen Ari Dono Sukmanto

Mengutip Poskotanews.com, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto 2016 lalu menjadi Kabareskrim menggantikan Komjen Pol Anang Iskandar yang memasuki masa pensiun.

Nama Komjen Pol Ari Dono Sukmanto memang belum sepopuler pendahulunya. Tapi seiring perjalanan waktu, pria kelahir Bogor, Jawa Barat, 23 Desember 1961 akan berkibar menghiasi media cetak dan elektronik tanah air.

Komjen Ari Dono Sukmanto merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1985. Kariernya mulai megkilap sejak 2003, saat menjabat sebagai Kapolres Serang, Banten. Kemudian pada 2004 – 2006, Ari ditugaskan di Direskrim Polda DIY.

Tahun 2007, ia masuk di jajaran Direskrim Polda Jabar. Dua tahun kemudian pada 2009, dia ditunjuk menjadi penyidik utama di Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri. Hanya setahun bertugas dan pada 2010, Ari mendapat tugas baru sebagai Kabag Instalfor Puslabfor Bareskrim Polri.

Tahun 2011 tugas baru harus diembannya sebaga Wakapolda Sulawesi Tengah. Tak lama dia bertugas di tempat itu, langsung ditarik lagi ke Bareskrim Polri untuk menjadi Direktur Tindak Pidana Umum. Pada 2013, pria berpenampilan kalem itu diangkat menjadi Kapolda Sulteng.

Setahun kemudian, pada 2014, Ari berpindah lagi ke Jakarta menjadi Staf Ahli Manajemen Kapolri. Memasuki awal 2016, ia ditunjuk menjadi Wakabareskrim mendampingi Kabareskrim Anang Iskandar. Dan tidak sampai setahun Ari dipercaya menjadi Kabareskrim menggantikan Komjen Anang.

Dimata Kapolri Jenderal Badrodin Tahun 2016 lalu, alasannya menunjuk Ari menjadi Kabareskrim diantaranya adalah pengalaman. 

“Pengalaman kerja Pak Ari yang malang melintang di bidang reserse mumpuni untuk menjadi orang nomor satu di Bareskrim. Harapannya, tentu lebih baik karena lebih muda, lebih energik dan bisa lebih baik dalam penegakan hukum,” kata Kapolri Jendral Pol Barodin Haiti saat itu. (JP-berbagai Sumber/Lee)
Share this article :

Posting Komentar