Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ayo Usung Karya Jurnalistikmu di Anugerah Jurnalistik Adinogoro 2018

(Ki-Ka) Ketua PWI Provinsi Jambi Saman SPt, Plt Gubernur Jambi H Fachrori Umar, Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery R, Anggota PWI Provinsi Jambi Fitri Ulinda (Pimred Mediajambi), Rosenman Manihuruk (Redpel Jambipos Online) saat menghadiri Puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Padang, 9 Februari 2018. Puncak HPN itu dihadiri Presiden Joko Widodo dan Puluhan Menteri Kabinet Kerja. Dok Jampos.  
Jambipos Online, Jambi-Menjelang Hari Pers Nasional (HPN 9 Februari 2019, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menyelenggarakan ANUGERAH JURNALISTiK ADINEGORO. Anugerah Jurnalistik Adinegoro adalah penghargaan tertinggi untuk karya jumalistik di Indonesia.

Penghargaan ini dinamakan ANUGERAII JURNALISTIK ADINEGORO 2018 karena khusus untuk karya-karya yang sudah dimuat atau ditayangkan serta disiarkan sepanjang tahun 2018.

Terbuka untuk w-artawan media cetak" televisi. radio. dan media siber seluruh Indonesia. Terdapat enam (6) kategori Anugerah Adinegoro 2018, dengan kriteria sebagai berikut:

1.Indepth Reporting: Karya liputan berkedalaman yang telah disiarkan di media cetak sekitar tanggal 1 Januari - 30 November 2018" tidak bersambung/tidak berseri.

2.Foto Berita: Karya foto berita yang telah disiarkan di media cetak atau media siber sekitar tanggal 1 Januari - 30 November 2018.

3.Karikatur Opini: Karikatur karikatur yang telah disiarkan di media cetak atau media siber sekitar tanggal I Januari - 30 November 2018.

4. News Features Televisi: News Features yang telah ditayangkan di televisi sekitar tanggal l Januari - 30 November 2018 dengan durasi maksimai 30 menit, tidak bersambung/tidak berseri.

5. News Features Radio: Karya news yang telah disiarkan di radio sekitar tanggal 1 Januari - 30 November 2018 dengan durasi maksirnal 15 menit. Tidak bersambung, tidak berseri.

6. News Features Media Siber: Karya news yang telah disiarkan di media siber antara tanggal 1 Januari - 30 November 2018, tidak bersambung/tidak berseri. 

Tiap kategori di atas akan menentukan hanya satu pemenang dengan hadiah uang Rp50 juta (potong pajak 10 persen). Trofi Anugerah Adinegoro 2018. 

Serta piagam penghargaan dari PWl/Panitia HPN 2019. Pemenang Anugerah Adinegoro 2018 akan menerima penghargaan dalam acara puncak HPN 2019 di Surabaya. Jawa Timur, pada 9 Februari 2019.

Lomba karya jurnalistik ini terbuka bagi semua w-artaw'an yang bekerja secara aktif dan diakui (bukan wartawan lepas) pada satu perusahaan media massa cetak. televisi, radio, atau media siber.

Panitia mengharapkan seluruh pernimpin redaksi media cetak. televisi, radio, dan media siber mengirimkan karya-karya terbaik waftawannya untuk turut berpartisipasi sebagai peserta Anugerah Adinegoro 20 1 8. Seluruh karya peserta sudah bias dikirim mulai 1 5 Agustus 2018 dan batas akhir pengiriman (stempel pos) tanggal 1 Desember 2018.

TEMA KARYA:

“MASYARAKAT PERS MENGAWAL PEMILU YANG DEMOKRATIS DAN BERMARTABAT"

SYARAT PENGIRIMAN:
1. Tiap peserta secara perorangan atau perusaliaan dapat mengirimkan lebih dari satu karya dari setiap kategori rnaksimal 10 (sepuluh) karya.

2. Karya indepth reporting (cli media cetak) *-ajib disertai 5 (lima) saiinan (potokopi) dari setiap karya.

3. Karya foto berita (di media cetak atau media siber). wajib dikirimkan dalam bentuk cetak ukuran 10R disertai captian yang ditempel di bagian belakang tbto. disertai 5 (lima) salinan dalam bentuk./flashdisk.

4. Karya karikatur opini (di n-redia cetak atau media siber), wajib dikirimkan dalarn bentuk cetak dengan c:aption yang ditempel di bagian belakang karikatur. disertai 5 (lima) salinan dalam bentuk/flashdisk.

5. Karya radio dan televisi (news.features) wajib dikirimkan dalam.flashdisk sebannyak lima (5) kopi disertai label judul karya.

6. Karya siber (news features) wajib dikirim dalam bentuk naskah tercetak diserlai lima (5) salinan berupa.flashdisk dan Iink berita dimaksud.

7. Seluruh karya dari seluruh kategori wajib disertai sinopsis/cerita singkat (2-3 paragrat) mengenai isi dan proses pembuatannya. Khusus untuk karya radio sebutkan pula ckcok pro gram bersama sinopsis.

8. Setiap peserta w'ajib menyertakan Salinan identitas diri (kartu karyawan) dan surat pengantar dari redaksi.

9. Tiap karya/kategori dikirim dalam sampul tefiutup. Ditujukan kepada Panitia Tetap Anugerah Adinegoro 2018 d.a. PWI Pusat, Gedung Dewan Pers Lantai IV Jalan Kebon Sirih No.34, Jakarta Pusat 101I0.

10. Pada bagian kiri atas sampul. cantumkan kode karya peserta, yaitu:

1) Indepth Reporting Media Cetak (AA 1)
2) Foto Berita Media Cetak/Media Siber (AA2)
3) Karikatur Media Cetak/Media Siber (AA3)
4) News Features Televisi (AA4)
5) News Features Radio (AA5)
6) News Features Media Siber (AA6)

Panitia Pusat

Gedung Dewan Pers Lt. lV.
Jl. Kebon Sirih No. 32, Jakarta 10110
Telp : (021) 3453737-3862047
Fax: {021) 345 3175
Email : pwi.pusat@yahoo.com

Penjurian oleh tokoh Pers dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik dilakukan pada pekan kedua Desember 2018 hingga pekan kedua Januari 2019. Pemberitahuan pemenang setelah para juri merletapkan pemenang. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami.

PANITIA TETAP ANUGERAH ADINEGORO 2018-2020:

Email : anugerah.adinegoro20l S@gmail.com
KettySaukoly (WA 081286993551)
Widya (WA 08121 1903421 atau telp kantor 021-3453131). 

(JP-Rel/Lee)
Lampiran Formulir Pengajuan Karya Jurnalistik

ANUGERAH JURNALISTIK ADINEGORO 2018                                                      )
Formulir Pendaftaran

 

KETIK JAWABAN ANDA, CETAK, LENGKAPI DENGAN TANDA TANGAN, LAMPIRKAN FOTOKOPI KTP & KARTU PERS KEMUDIAN KIRIMKAN MELALUI POS KE PANITIA ANUGERAH JURNALISTIK ADINEGORO


BIODATA
Nama                                      :                                                                                                                  Jenis kelamin                           : Laki-laki/Perempuan (coret yang tidak sesuai)
E-mail                                     :                                                                                                                
Jabatan                                   :                                                                                                                  Alamat Rumah                                    :                                                                                                                

Telepon Rumah                      :                                                                                                                  Ponsel                                               :                                                                                                                  Masa Kerja                                       : Sejak (thn)_                                hingga (thn)                                         
MEDIA
Nama Media                           :                                                                                                                  Nama Pemimpin Redaksi                  :                                                                                                                  Telepon/Ponsel                       :                                                                                                                  Faksimili                                                :                                                                                                                
    E-mail                                     :                                                                                                                    
   Anggota Tim* *                       : (nama & jabatan) _                                                                                 
:                                                                                                                
:                                                                                                                

KARYA DAN WAKTU PENERBITAN/PENAYANGAN/PENYIARAN
1.
Judul
:                                                                                                    

Tgl Terbit/Tayang/Siar
:                                                                                                    
2.
Judul
:                                                                                                    

Tgl Terbit/Tayang/Siar
:                                                                                                    
3.
Judul
:                                                                                                    

Tgl Terbit/Tayang/Siar
:                                                                                                    





4.       Judul                                        :                                                                                                      Tgl Terbit/Tayang/Siar                 :                                                                                                    
5.       Judul                                        :                                                                                                      Tgl Terbit/Tayang/Siar                 :                                                                                                      

KARYA INI DIIKUTSERTAKAN DALAM KATEGORI:






 








 
In depth  Reporting Foto Berita
Karikatur Opini


Jurnalistik Televisi  (News Feature)
Jurnalistik Radio (News Feature)
Jurnalistik Siber (News Feature)



RIWAYAT PENDIDIKAN (SMA KE ATAS) dan PROFIL SINGKAT PESERTA:
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             

PENGALAMAN PROFESIONAL PESERTA:
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
3 Beri tanda centang (v) pada kategori yang dipilih.


Cantumkan beberapa liputan penting dan menarik yang pernah dikerjakan selama menjadi wartawan:

                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             



TULISKAN CATATAN KISAH PROSES KREATIF KARYA ANDA:

                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             

Sebutkan         judul      karya       yang      menang      penghargaan       lain,      dan      berikan       penjelasan                atas kemenangan/penghargaan tersebut:
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
                                                                                                                        _                                                                                             
__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


MASUKAN:

Dari mana Anda tahu tentang Anugerah Jurnalistik Adinegoro? (boleh lebih dari satu)








 
iklan di media (sebutkan medianya: .....................................................................................)
mailing list (sebutkan mailing list-nya: …………………………………….................................…………)
website PWI
pelatihan/seminar/diskusi publik yang diselenggarakan PWI
informasi dari teman/atasan/kolega kerja
lain-lain....................................................................................................................................

Penghargaan jurnalisme apa lagi yang Anda ketahui? (boleh pilih lebih dari satu)








 
      Anugerah Jurnalistik M.H. Thamrin
Mochtar Lubis Award Sampoerna Adiwarta Award
Anugerah Jurnalistik Pertamina Anugerah Jurnalistik Aqua
 Lain-lain: …………………………………………………………………………………..........................................................


Pendapat Anda tentang Anugerah Jurnalistik Adinegoro:

                                                                                                                        _                                                                                              
                                                                                                                        _                                                                                              
                                                                                                                        _                                                                                              
                                                                                                                        _                                                                                              
                                                                                                                        _                                                                                              
                                                                                                                        _                                                                                              
                                                                                                                        _                                                                                              
                                                                                                                        _                                                                                              

PERNYATAAN PESERTA
Dengan ini saya menyatakan bahwa informasi data saya adalah benar dan karya yang saya kirim untuk mengikuti Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2018 merupakan karya orisinal saya sendiri (di luar penanganan penyuntingan/editing). Karya ini juga memenuhi segala ketentuan hak cipta.
Saya juga memberikan persetujuan kepada pihak Anugerah Jurnalistik Adinegoro untuk menyertakan/memuat karya saya (dengan mencantumkan nama saya) pada setiap kegiatan Anugerah Adinegoro 2018, tanpa kompensasi apa pun.
Saya telah membaca dan menyetujui seluruh syarat dan ketentuan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2018.


Nama :                                                      Tandatangan :                                                         (Tanggal :                                           )

Mengetahui:
Pemimpin Redaksi





Nama :                                                               Tanda tangan & Cap


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar