Home » » Piala Dunia 2018: Jepang Jadi Wakil Tunggal Asia di 16 Besar

Piala Dunia 2018: Jepang Jadi Wakil Tunggal Asia di 16 Besar

Written By jambipos-online on Jumat, 29 Juni 2018 | 08:13

Piala Dunia 2018: Jepang Jadi Wakil Tunggal Asia di 16 Besar.Fifa.com
Striker Polandia Robert Lewandowski (kanan) dijaga bek Jepang Maya Yoshida pada partai Grup H Piala Dunia 2018 di Volgograd Arena, Kamis (28/6/2018). (FIFA Photo)

Jambipos Online, Volgograd Arena-Timnas Jepang tumbang 0-1 di tangan Polandia pada laga terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Volgograd Arena, Kamis (28/6). Meski tumbang, namun Shinjo Kagawa dan kawan-kawan tetap lolos ke babak 16 besar.

Jepang finis di peringkat dua klasemen Grup H dengan empat poin. Jumlah ini sama dengan yang dimiliki Senegal di posisi tiga. Selisih gol kedua tim juga sama.

Namun, Jepang unggul soal nilai fair play, dimana Shinji Okazaki dan kawan-kawan baru mengoleksi empat kartu kuning, sementara Senegal enam.

Gol Polandia ke gawang Jepang sendiri tercipta pada menit 59. Berawal dari tendangan bebas, Jan Bednarek sukses meneruskan bola ke gawang Eiji Kawashima. Skor jadi 1-0 untuk Polandia.

Usai gol ini, Jepang bermain habis-habisan dan menyerbu pertahanan Polandia. Serangan demi serangan dibangun Samurai Biru. Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil. Hingga laga usai, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Polandia.

Kolombia Juara Grup

Sementara itu, posisi juara Grup H jadi milik Kolombia. Radamel Falcao dan kawan-kawan sukses menekuk Senegal 1-0 lewat gol Yerry Mina.

Kolombia bertengger di puncak klasemen dengan koleksi enam poin.

Susunan Pemain
Jepang: 1-Eiji Kawashima, 22-Maya Yoshida, 20-Tomoaki Makino, 19-Hiroki Sakai, 5-Yuto Nagatomo, 21-Gotoku Sakai, 7-Gaku Shibasaki, 16-Hotaru Yamaguchi, 11-Takashi Usami, 13- Yoshinori Muto, 9-Shinji Okazaki

Polandia: 22-Lukasz Fabianski, 5-Jan Bednarek, 15-Kamil Glik, 3-Artur Jedrzejczyk, 18-Bartosz Bereszynski, 19-Piotr Zielinski, 6-Jacek Góralski, 10-Grzegorz Krychowiak, 21-Rafal Kurzawa, 11 -Kamil Grosicki, 9-Robert Lewandowski

Jepang Menciptakan Sejarah Baru di Piala Dunia

Timnas Jepang membuat jantung fan mereka berdebar kencang. Bermain melawan Polandia di Volgograd Arena, Volgograd, Kamis malam (28/6/2018), tim Samurai Biru kalah 0-1.

Tak ada reaksi sukacita sesaat setelah wasit Janny Sikazwe (Zambia) meniup peluit panjang tanda pertandingan terakhir di penyisihan Grup H bagi dua tim itu usai. 

Yuto Nagatomo dkk. masih harus memastikan hasil laga lain di Grup H, mempertemukan Senegal kontra Kolombia. Saat laga Jepang vs Polandia usai, Kolombia masih unggul 1-0 atas Senegal.

Tak lama kemudian, Jepang dinyatakan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Jepang melaju ke fase 16 besar dengan jalan berbeda dari tim-tim lain yang sudah lebih dulu menyegel tiket ke fase gugur.

Timnas Jepang jadi kontestan pertama dalam sejarah Piala Dunia, yang memastikan lolos ke fase 16 besar dengan keunggulan dari penghitungan poin fair play. Secara khusus, ditentukan melalui kartu kuning yang dikoleksi.

Dalam menentukan peringkat akhir tim dalam satu grup, FIFA menerapkan urutan sebagai berikut:

Yang pertama, poin. Kedua, selisih gol. Ketiga, jumlah mencetak gol (jika ada tim yang sama). Keempat, poin di atara tim terkait. Kelima, selisih gol di antara tim terkait.

Lalu yang keenam, jumlah mencetak gol di antara tim terkait. Ketujuh, poin fair play. Dan kedelapan, undian.


Catatan Pahit Senegal
Dalam kasus Timnas Jepang, dari tiga pertandingan penyisihan Grup H, Samurai Biru memiliki poin sama seperti yang dikoleksi Senegal, yakni empat. Selisih gol kedua tim juga sama, nol, lantaran memasukkan empat gol namun kemasukkan empat gol.

Dengan begitu, penentuan menggunakan sistem poin fair play diterapkan. Jepang unggul karena dalam tiga pertandingan, mereka hanya mengoleksi empat kartu kuning sedangkan Senegal, enam kartu kuning.

Sesuai aturan, satu kartu kuning mendapat satu poin, dua kartu kuning mendapat tiga poin, kartu merah langsung mendapat empat poin, dan lima poin untuk dua kartu kuning yang disusul kartu merah. Poin lantas diakumulasi untuk mendapatkan tim yang mengoleksi poin paling sedikit.

Jepang pun menyegel satu tiket ke 16 besar bersama Kolombia, yang akhirnya keluar sebagai juara Grup H berkat kemenangan 1-0 atas Senegal. Kolombia mengemas poin enam, disusul Jepang (4), Senegal (4), dan Polandia sebagai juru kunci (3).

Di sisi lain, Senegal juga mengukir sejarah sama halnya Timnas Jepang. Hanya, Senegal bakal dikenang sebagai tim pertama di Piala Dunia yang tereliminasi akibat penerapan poin fair play.(JP)

Sumber: Bola.com

Gallery Foto Jepang 0-1 Polandia-Foto FIFA.com 






























Share this article :

Posting Komentar