Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Wapres Minta Mahasiswa Tidak Bercita-cita Jadi PNS

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) ( Foto: Beritasatu Tv ) 
Peluang untuk diterima sebagai PNS sangat kecil. Perbandingan jumlah lulusan sarjana lebih besar dibandingkan dengan lowongan PNS.

Jambipos Online, Padang - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyarankan para mahasiswa untuk tidak bercita-cita menjadi pegawai negeri sipil (PNS) karena peluangnya sangat kecil diterima mengingat perbandingan jumlah lulusan sarjana lebih besar daripada lowongan PNS.

"Jadi yang bisa menjadi pegawai negeri itu dari (lulusan) sarjana itu tidak lebih dari satu persen, sehingga 99 persen dari anda ini jangan berpikir menjadi pegawai negeri, karena tidak ada tempatnya lagi," kata Jusuf Kalla di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Negeri Padang di Padang Sumatera Barat, Rabu (2/5/2018).

Jusuf Kalla menjelaskan saat ini Pemerintah merekrut aparatur sipil negara (ASN) setiap tahunnya sebanyak 50 ribu orang di seluruh Indonesia.

"Dari 50 ribu itu yang sarjana mungkin hanya 10 ribu per tahun. Sedangkan, sarjana yang dihasilkan semua universitas di Indonesia itu hampir sejuta per tahun," katanya.

Oleh karena itu, Wapres Kalla mendorong para mahasiswa untuk lebih meningkatkan kemampuan berusaha guna membuka lapangan kerja, daripada ramai-ramai mendaftar PNS.

Wapres menjelaskan lowongan untuk pegawai administrasi di pemerintahan saat ini sudah terlalu banyak, namun untuk tenaga pendidikan dan kesehatan masih dibutuhkan.

"Tahun depan, kita angkat guru lebih banyak. Guru tidak kami kurangi, pegawai negeri karena sudah lebih banyak daripada yang dibutuhkan," jelasnya.

Untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha sejak dini, Wapres mengatakan hal itu harus dibina sejak masih di bangku sekolah dan universitas.

Selain peran universitas, para pelaku usaha juga diharapkan dapat memberikan pelatihan dan pendidikan kewirausahaan bagi generasi muda.

"Baru Pemerintah memfasilitasi, bisa melalui kredit murah, bisa juga (pemberian) ijin gampang. Tetapi di sini (kampus) harus dididik supaya berpengalaman," ujarnya.(JP)

Sumber: ANTARA

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar