Home » , , , » Kapolda Jambi Segera Sandang Pangkat Bintang Dua (Irjen)

Kapolda Jambi Segera Sandang Pangkat Bintang Dua (Irjen)

Written By jambipos-online on Sabtu, 26 Mei 2018 | 08:09

Kapolda Jambi Brigjen Muchlis AS (kiri) dan Kapolri) Jenderal Tito Karnavian saat meresmikan Peningkatan Tipe Polda Jambi dart Tipe B ke Tipe A dalam Upacara di Mapolda Jambi, Jumat (24/5/2018) sore. Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian, memimpin langsung peresmian kenaikan tingkat Kepolisian Daerah (Polda) Jambi dari tipe B menjadi tipe A. (Foto Jambione)
Jambipos Online, Jambi-Masyarakat Provinsi Jambi pantas bersyukur dan bangga karena bakal ada Putra Daerah Jambi yang akan menyandang Bintang Dua (Irjen). “Orang Jambi Pacak Jugo Bintang Dua”. Ini harus disyukuri dan sebagai tanda kemajuan Provinsi Jambi. Kapolda Jambi Brigjen Muchlis AS bakal menyandang gelar Irjen dalam waktu dekat ini, seiring peningkatan status Tipa A Polda Jambi.

Hal itu dikatakan Kepala Keposian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian saat meresmikan Peningkatan Tipe Polda Jambi dart Tipe B ke Tipe A dalam Upacara di Mapolda Jambi, Jumat (24/5/2018) sore. Kapolri, Jendral Polisi Tito Karnavian, memimpin langsung peresmian kenaikan tingkat Kepolisian Daerah (Polda) Jambi dari tipe B menjadi tipe A.

Acara dimulai sekira Pukul 16.30 WIB dan dihadiri unsur Forkompinda Provinsi Jambi seperti Plt Gubernur Jambi, Fachrori Umar, Danrem 042/Gapu, Kakanwil Kemenkum HAM dan undangan lainnya. 

Kapolri Tito bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara Komandan Upacara oleh AKBP Beridiansyah. Kapolri Tito Karnavian bersama Komandan Upacara AKBP Beridiansyah memeriksa barisan.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian juga menyerahkan Pataka Kepolisian Daerah Jambi Siginjai Sakti Wira Bhakti kepada Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS sebagai tanda diresmikannya Polda Jambi menjadi tipe A, maka Pangkat Kapolda Jambi menjadi bintang dua (Irjen Pol).

Usai upacara, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian didampingi Plt Gubernur Jambi H Fachrori Umar, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu Jambi dan sejumlah Pati Mabes Polri menandatangani prasasti Tipe A Polda Jambi.

Saat Upacara, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan kata sambutan. Berikut ini sambutan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat meresmikan Peningkatan Tipe Polda Jambi dart Tipe B ke Tipe A dalam Upacara di Mapolda Jambi, Jumat (24/5/2018) sore.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, seiring dengan berubahnya status Polda Jambi dari tipe B menjadi tipe A, maka pimpinan Polda Jambi akan menjadi bintang dua yakni, Irjen. Selain Kapolda, Wakapolda Jambi  juga  akan berbintang  satu, menyusul jajaran di bawahnya.

Disebutkan, peningkatan ini dikarenakan beberapa factor. Pertama penilaian Mabes Polri, bahwa dinamika yang terjadi di Provinsi Jambi berkembang dengan pesat. Pertambahan jumlah penduduk, kemudian pembangunan yang berjalan cepat.

“Ini merupakan faktor yang dapat meningkatkan terjadinya gangguan keamanan, baik gangguan keamanan konvensional seperti pencurian ringan, pencurian pemberatan, pencurian kekerasan. Kemudian kegiatan tindak pidana korupsi, tindak pidana terhadap lingkungan hidup, pembakaran hutan, tambang, penyelundupan dan lain-lain. Juga peristiwa-peristiwa konflik antar kampung pernah terjadi di Provinsi Jambi,” katanya.

Pertimbangan-pertimbangan ini ditambah lagi dengan susunan dan aspirasi masyarakat yang datang ke Mabes Polri yang menghendaki agar terjadi perubahan atau kenaikan tipe dengan tujuan agar pelayanan terhadap masyarakat di bidang keamanan seiring dengan peningkatan gangguan-gangguan tersebut dapat menjadi baik.

“Sehingga dengan situasi yang aman dan nyaman tata tertib kita harapkan pembangunan di Provinsi Jambi akan berjalan dengan lancer. Pimpinan atau kepala daerah tingkat provinsi kota dan kabupaten juga dapat melaksanakan tugasnya berkreasi dalam rangka untuk kepentingan rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Provinsi Jambi,” kata Tito.

Itulah yang melatarbelakangi hingga Jambi telah dilakukan penilaian oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Menpan beserta tim dari Mabes Polri, maka kita sepakati Polda Jambi dinaikkan tipenya menjadi Tipe A.

“Konsekuensi dari peningkatan tipe ini maka tentu ada kenaikan eselon untuk para pejabat Kapolda. Insya Allah bisa naik pangkat menjadi dua bintang. Juga Wakapolda Jambi juga bisa naik pangkat jadi bintang satu. Dengan catatan kalau nggak terganti dua-duanya. Insya Allah tidaklah. Para direktur juga dinaikkan, disamping itu kenaikan tipe ini juga nanti akan berimplikasi kepada jumlah personel secara bertahap. Kita akan tambah mungkin ada kabupaten yang belum tercover,” sebutnya.

Dikatakan, kecamatan yang belum ada Polsek otomatis kita akan bangunkan kemudian peralatan juga demikian kita akan tambah secara bertahap. Berikut tentunya nanti kelengkapan-kelengkapan lain termasuk bagian anggaran disesuaikan dengan kesediaan ruang fiskal anggaran Negara.

“Saya kira bagi masyarakat Jambi ini kebanggaan tersendiri karena kapoldanya naik bintang 2 adalah warga Provinsi Jambi. Jadi bintang 2 kemudian lakukan mengingatkan menghendaki dan menuntut dengan kenaikan ini. Kenaikan ini tidak hanya sudah kenaikan pangkat. Peralatan jumlah anggota organisasi pengembangan dan lain-lain, tapi yang paling peningkatan tipe ini akan dapat dirasakan oleh masyarakat. Ada manfaatnya yaitu pelayanan yang lebih baik keamanan yang lebih baik. Jadi naiknya Tipe A dan Kapoldanya Bintang 2 harus meningkatnya layanan kepada masyarakat,” terangnya.

Kata Tito, peningkatan Tipe ini dibentuk untuk kepentingan rakyat dan masyarakat hasil akhirnya bukan pada petugasnya bukan pada aparat bukan pada organisasi yang lainnya adalah rakyat bisa merasakan ada perubahan.

“Ada perubahan dengan permasalahan yang lebih baik dan keamanan yang baik itu arti, lebih nyaman untuk itulah saya minta setelah upacara ini beberapa hari kedepan Kapolda harus membuat rencana aksi evaluasi apa aja yang kurang, apa saya yang dikomplain masyarakat. Di semua jajaran bukannya tingkatan para perwira tapi yang lebih utama adalah para anggota kita yang ada di depan yang berhadapan langsung dari masyarakat mereka memahami makna dari kenaikan tipe ini. Artinya pelayanan harus lebih baik,” kata Tito. (JP-Asenk Lee)

Berita Terkait




Share this article :

Posting Komentar