Home » , » Persiapan Matang, Peserta UNBK di Jambi Optimistis Lulus

Persiapan Matang, Peserta UNBK di Jambi Optimistis Lulus

Written By jambipos-online on Senin, 09 April 2018 | 10:41

Proses UNBK di Salah Satu Sekolah di Kabupaten Kerinci, Senin (9/4/2018). IST
SMA Negeri 5 Kota Jambi mengadakan try out untuk mempersiapkan siswanya menghadapi UNBK. Peserta UNBK cukup tertib mengikuti arahan pihak sekolah dan pengawas mengenai tata cara UNBK. 

Jambipos Online, Jambi - Para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengikuti Ujian Nasional Berasis Komputer (UNBK) di Kota Jambi optimistis karena mereka memiliki persiapan matang. Para siswa lebih tenang dan tidak ada yang kasak-kusuk mencari bocoran kunci jawaban. Pantauan di SMA Negeri 6 dan SMA Negeri 8, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi, Senin pagi (9/4/2018), pelaksanaan UNBK berlangsung lanncar. Para siswa peserta UNBK cukup tertib mengikuti arahan pihak sekolah dan pengawas mengenai tata cara UNBK.

Juwita, peserta UNBK SMA Negeri 8, Kenali Asam, Kota Jambi kepada SP, Senin (9/4/2019) mengaku tenang menghadapi UNBK. Dia juga optimistis bisa mengikuti UNBK dengan baik. “Saya optimistis bisa mengikuti UNBK karena sudah melakukan banyak persiapan di sekolah seperti try out (uji coba) dan les tambahan, agar saya terbiasa menghadapi soal-soal UNBK,” katanya.

Hal senada juga diakui Tyas, peserta UNK di SMA Negeri 5, Telanaipura, Kota Jambi. SMA Negeri 5 Kota Jambi beberapa kali mengadakan try out untuk mempersiapkan siswa mereka menghadapi UNBK. 

“Saya mengikuti les tambahan dan diskusi kelompok mempersiapkan diri menghadapi UNBK. Jadi saya lebih tenang dan optimistis bisa menghadapi UNBK,” katanya.

Keseriusan PLN

Sementara PT PLN (Persero) Jambi diharapkan bisa mencegah pemadaman listrik guna menjamin kelancaran UNBK di Jambi. Untuk mengantisipasi gangguan listrik, PLN diminta menyiapkan genset mengingat beberapa SMA di Kota Jambi tidak memiliki genset.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Herianto mengatakan, pihaknya sudah koordinasi dengan PLN Jambi untuk menjamin pasokan listrik selama pelaksanaan UNBK. Berdasarkan pengalaman pelaksanaan UNBK tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pekan lalu, PLN Jambi sudah siap mengamankan pasokan listrik.

“Pemadaman listrik tidak terjadi selama UNBK SMK di Kota Jambi pekan lalu. Karena itu kami optimistis pemadaman listrik juga tidak terjadi pada pelaksanaan UNBK SMA pekan ini. Jika terjadi pemadaman listrik, sekolah yang tidak menyiapkan genset kami harapkan segera melapor ke PLN agar segera dikirim genset,”katanya.

UN tingkat SMA di Jambi yang berlangsung Senin – Kamis (9 – 12 April diikuti 24.409 orang dari 198 sekolah. Siswa SMA yang mengikuti UNBK sekitar 23.569 orang. Sedangkan siswa SMA yang mengikuti Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNPK) sekitar 840 orang.(JP-SP)

Share this article :

Posting Komentar