Home » , , » Warga Pamenang Protes, Alat Berat Bantuan Pemprov Jambi Dibawa Ke Kabupaten

Warga Pamenang Protes, Alat Berat Bantuan Pemprov Jambi Dibawa Ke Kabupaten

Written By jambipos-online on Jumat, 09 Maret 2018 | 16:38

Zainuri Anggota DPRD Merangin.
Jambipos Online, Merangin-Masyarakat Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin protes karena bantuan alat berat berupa 1 unit backhoe loader dari Pemerintah Provinsi Jambi yang diserahkan Gubernur Jambi H Zumi Zola kepada Kecamatan Pamenang, Rabu (7/3/2018) lalu dibawa pihak Pemkab Merangin ke kabupaten, Jumat (9/3/2018).

Sebelumnya bantuan alat berat yang diberikan Pemerintah Provinsi Jambi untuk Kabupaten Merangin sebanyak 2 unit untuk 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Pamenang mendapatkan bantuan alat berat berupa 1 unit backhoe loader dan Kecamatan Jangkat mendapatkan bantuan alat berat berupa 1 unit eskavator.

Abu Hasan, tokoh masyarakat  Pamenang mempertayakan, kenapa alat tersebut sampai dibawa oleh Dinas PU Kabupaten Merangin, sedangkan penyerahannya sesuai petunjuk Gubernur Jambi H Zumi Zola alat tersebut untuk keperluan masyarakat Kecamatan Pameng.

“Ini menjadi pertayaan masyarakat Pamenang. Kenapa tidak di Pamenang saja ditempatkan. Kami meminta kepada Pemkab Merangin agar bisa memperjelasan yang sebenarnya,” katanya.

Camat Pamenang Daryanto mengatakan, di Pamenang bagi masyarakat  yang membutuhkan sangat mudah. Juga mobilisasi  akan mudah kata daryanto camat. Kalau nanti  tidak dikembalikan ke kecamatan, masyarakat Pamenang akan demo besar besaran.

Daryanto mengatakan, dalam waktu dekat akan menemui Kepala Dinas PU Kabupaten Merangin. Bagaimana solusi alat itu bisa ditempati di Kantor Camat. “Masalah tempat dan juga keamanan kami siap,” katanya. 

Sementara Zainuri Anggota DPRD Merangin kepada Jambipos Online mengatakan, alat tersebut memang benar benar untuk kecamatan Pamenang, kenapa harus diparkirkan di Dinas PU Kabupaten Merangin.

“Pemkab Merangin ini terlampau rakus. Kenapa alat itu harus dibawa ke PU Merangin. Kalau soal proses penggunaannya kan bisa diurus di Pemkab Merangin, tapi bukan berarti alatnya juga dibawa ke PU Merangin. Saya minta Pls Bupati Merangin Husairi menegor PU Merangin,” tegasnya.

Camat Pamenang dan Anggota DPRD Merangin Aswan, Sarudin, Bastian juga para lurah se Kecamatan Pamenang akan melakukan aksi jika pihak PU Merangin tak segera mengembalikan alat itu ke Kecamatan Pamenang.

Zola Serahkan Bantuan Alat Berat

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli STP MA kembali menyerahkan Bantuan Alat Berat Dari Pemerintah Provinsi Jambi Kepada Kabupaten Merangin yang merupakan salah satu program unggulan dari Jambi TUNTAS, bertempat di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Pamenang Kabupaten Merangin , Rabu (7/3/2018) pagi.

Bantuan alat berat yang diberikan Pemerintah Provinsi Jambi untuk Kabupaten Merangin sebanyak 2 unit untuk 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Pamenang mendapatkan bantuan alat berat berupa 1 unit backhoe loader dan Kecamatan Jangkat mendapatkan bantuan alat berat berupa 1 unit eskavator.

“Semua  Kecamatan akan mendapatkan bantuan alat berat secara bertahap, pertahunnya setiap Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi akan mendapatkan bantuan alat berat sejumlah 2 unit untuk 2 Kecamatan. Kecamatan yang ditunjuk adalah kecamatan yang dipilih oleh Bupati dan Walikotanya, berdasarkan rekomendasi dari para Camat di Kabupaten/Kota masing masing," ujar Zola.

Zola menjelaskan, bantuan alat berat yang diberikan kepada Kecamatan se Provinsi Jambi ini jenisnya berbeda beda, tergantung dengan kebutuhan daerahnya masing masing. Alat berat yang diberikan sesuai dengan rekomendasi dari Bupati dan Walikota se Provinsi Jambi yang mengetahui alat berat yang memang sangat dibutuhkan oleh Kecamatannya.

“Pemberian bantuan alat berat ini sebelumnya sudah terlebih dahulu dikaji dan merupakan rekomendasi dari Bupati dan Walikota. Bupati dan Walikota yang merekomendasikan alat berat untuk Kecamatannya tentu hasil dari aspirasi para Camat, Lurah dan Kepala Desa yang benar benar memahami karakteristik wilayahnya," jelas Zola.

Dia mengharapkan, alat berat yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jambi bisa digunakan sebaik baiknya, dengan membuat jadwal pemakaian, sehingga setiap desa bisa memanfaatkannya secara bergiliran. Penggunaan bantuan alat berat ini juga diharapkan melibatkan tokoh masyarakat, sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

“Saya juga berpesan untuk menjaga dan merawat bantuan alat berat yang telah diberikan Pemerintah Provinsi Jambi. Semoga bantuan alat berat ini bisa lebih mendorong potensi yang ada serta bermanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Merangin ini," tutur Zola.

Dikatakan, selain bantuan alat berat, Pemerintah Provinsi Jambi juga memberikan bantuan keuangan sebesar Rp.60 juta setiap Kelurahan dan Desa se Provinsi Jambi. Terkait penggunaan dana bantuan keuangan sebesar Rp.60 juta, Rp.40 juta digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan 20 juta digunakan untuk penguatan kelembagaan.

Lebih lanjut, Zumi Zola menyampaikan pesan dari Bapak Menteri Dalam Negeri, dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan oleh Kabupaten Merangin pada tahun 2018, meminta kepada seluruh masyarakat Merangin untuk menjaga kondisi Kabupaten Merangin agar tetap kondusif, jangan sampai ada gesekan yang bisa menimbulkan konflik.

“Saya juga mengingatkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bersikap netral sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jangan sampai memihak kepada salah satu pasangan calon, karena sanksinya sangat berat sekali," tegas Zola.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Merangin, H.Husairi,S.IP, ME mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Pemerintah Provinsi Jambi yang telah memberikan bantuan alat berat untuk setiap Kecamatan di Kabupaten Merangin. Semoga penyerahan bantuan alat ini bisa digunakan sebaik baiknya dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya Kabupaten Merangin.

“Alat berat yang kami terima sesuai dengan permintaan masyarakat melalui usulan Camat. Untuk Kecamatan Pamenang berupa backhoe loader karena akan digunakan untuk menata kawasan di Kecamatan Pamenang, sedangkan untuk Kecamatan Jangkat berupa eskavator karena akan digunakan untuk membuka jalan serta Kecamatan Jangkat sering terjadi bencana tanah longsor," terang Husairi. (JP-Yah)

Share this article :

Posting Komentar