Home » , , , » Melihat Wajah Danau Sipin Kota Jambi Kini

Melihat Wajah Danau Sipin Kota Jambi Kini

Written By jambipos-online on Kamis, 18 Januari 2018 | 11:31

Melihat Wajah Danau Sipin Kota Jambi Kini.IST

Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI), DR Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono,MSc beserta seluruh Direktur Jenderal (Dirjen) lingkup Kementerian PUPR RI meninjau Pembangunan Bronjong di Kawasan Danau Sipin Senin (9/10/2017) lalu.
Jambipos Online, Jambi-Kini wajah Danau Sipin, Kota Jambi tak lagi sekadar tempat budidaya ikan keramba jaring di Kota Jambi. Namun kini Danau Sipin Kota Jambi disulat jadi suatu obyek wisata lingkungan yang ramah dengan warga. Dukungan dari Kementerian PUPR yang bersinergi dengan PUPR Provinsi Jambi dan Pemerintah Kota Jambi akan mewujudkan Danau Sipin sebagai satu Kawasan Wisata Alam dan Budaya.

Pemerintah Kota Jambi telah membangun jalur jogging track Danau Sipin dengan infrastruktur jalan dan parkir yang representative. Kini warga mulai ramai mengunjungi Danau Sipin menikmati sore hari di pinggir Danau Sipin.

Pengunjung kini bisa menyewa perahu dengan harga terjangkau untuk bisa mengelilingi Danau Sipin. Danau Sipin nantinya menjadi salah satu obyek wisata di Kota Jambi.

Pemerintah Kota Jambi sudah punya rencana menjadikan kawasan Danau Sipin sebagai kawasan wisata alam dan budaya khas Kota Jambi.

“Kita akan memadukan alam yang indah dan unik dengan kearifan lokal budaya Kota Jambi. Transportasi perahu tradisional akan kita pertahankan walaupun kawasan ini ke depan akan menjadi “water spot” di Kota Jambi,” kata Walikota Jambi Syarif Fasya kepada wartawan, Selasa (16/1/2018).

Di kawasan ini juga sudah kita bangun rumah tenun dan batik yang akan menambah daya tarik dan kekhasan wisata Danau Sipin. Taraf ekonomi masyarakat sekitarpun akan terangkat jika potensi kawasan Danau Sipin dijadikan sebagai wilayah ekonomi kreatif.

Sebagai kota besar yang minim akan sumber daya alam, Danau Sipin kini seolah menjadi oase di tengah padang pasir, yang siap menjelma menjadi potensi wisata alam favorit di Kota Jambi.

Potensi kawasan tersebut seakan siap memanjakan pengunjung yang berkunjung dengan menikmati “sunset” ditemani semilir angin, ditambah dengan uniknya kearifan lokal masyarakat menangkap ikan dengan tangkul.

“Atau sekedar bersantai sambil memancing dan berperahu ria di tengah danau, sungguh akan menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung di Kota Jambi,” kata Fasha yang berjanji akan menabur ikan di Danau Sipin dalam waktu dekat.


Menteri-Zola Tinjau

Sementara Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI), DR Ir Mochamad Basoeki Hadimoeljono,MSc beserta seluruh Direktur Jenderal (Dirjen) lingkup Kementerian PUPR RI meninjau Pembangunan Bronjong di Kawasan Danau Sipin Senin (09/10/2017) lalu.

Gubernur Jambi Zumi Zola mendampingi Menteri PUPR RI untuk melihat sejauh mana progress pembangunan bronjong di Kawasan Danau Sipin serta membicarakan apa apa saja yang kemudian akan dibangun demi terciptanya RTH di Kawasan Danau Sipin, serta memaksimalkan fungsi dari Danau Sipin itu sendiri.

Basoeki Hadimoeljono menyampaikan, banyak wilayah di Indonesia membuat bendungan atau waduk, sebagai tempat menampung air. Provinsi Jambi, khususnya untuk wilayah Kota Jambi, tidak perlu lagi membuat bendungan atau waduk, karena sudah ada Danau Sipin yang bisa digunakan sebagai tempat menampung air yang telah disediakan secara alami.

Basoeki Hadimoeljono minta Pemerintah Daerah dan seluruh pihak terkait termasuk masyarakat setempat untuk menjaga kualitas air danau Sipin, sebagai air baku untuk diminum.

“Danau Sipin ini harus kita pelihara dengan semaksimal mungkin, dimulai dengan menjaga pinggiran danau agar tidak terjadi erosi melalui pembuatan bronjong di sepanjang Danau Sipin ini. Saya dan Bapak Gubernur Jambi kedepannya akan mengatur kawasan Danau Sipin, misalnya harus ada batasan keramba yang diperbolehkan di Danau Sipin ini, kalau tidak akan berakibat menurunnya kualitas air di Danau Sipin ini,” terang Basoeki Hadimoeljono.

Basoeki Hadimoeljono juga menjelaskan, air yang ada di Danau Sipin merupakan air baku untuk masyarakat Jambi yang harus dijaga bersama, jangan sampai keramba yang milik pribadi merusak kualitas air yang dipergunakan untuk masyarakat Jambi, jadi kepentingan masyarakat Jambi harus lebih diutamakan daripada kepentingan individual, semuanya harus diatur sedemikan rupa untuk kesejahteraan masyarakat Jambi.

“Danau Sipin ini, selain untuk tempat menampung air bagi masyarakat Jambi, juga bisa digunakan sebagai tempat rekreasi yang sangat bagus sekali bagi masyarakat Jambi. Danau Sipin ini, jika dimaksimalkan dengan baik juga bisa digunakan untuk olahraga air, wisata air yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jambi, khususnya masyarakat kawasan Danau Sipin ini,” jelas Basoeki Hadimoeljono.


Basoeki Hadimoeljono menambahkan, kawasan Jaka Baring di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan bisa dibangun dengan baik, kawasan Danau Sipin juga akan bisa dibangun lebih baik lagi, tentunya dengan dukungan semua pihak yang terkait, serta sinergi antara Pemerintah Pusat, Provinsi Jambi dan Kota Jambi. (JP-Lee) 


Berita Terkait






Melihat Wajah Danau Sipin Kota Jambi Kini.FB

Melihat Wajah Danau Sipin Kota Jambi Kini.FB
Melihat Wajah Danau Sipin Kota Jambi Kini.FB
Melihat Wajah Danau Sipin Kota Jambi Kini.FB



Share this article :

Posting Komentar