Home » , , » H Ivan Wirata: Layak Harry Andria Defenitif Sebagai Kadis PUPR Provinsi Jambi

H Ivan Wirata: Layak Harry Andria Defenitif Sebagai Kadis PUPR Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Jumat, 26 Januari 2018 | 09:47

H Ivan Wirata ST MM MT, mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi (kiri) saat kunjungan silaturahmi ke UPTD Alkap PUPR Provinsi Jambi bersama Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi Harry Andria (tengah), Kamis (25/1/2018). Istimewa
Jambipos Online, Jambi-Kepercayaan Gubernur Jambi H Zumi Zola yang Harry Andria sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi sangat tepat. Namun demikian alangkah baiknya jika Harry Andria didefinitifkan jadi Kadis PUPR Provinsi Jambi sehingga tidak terbagi konsentrasi bekerja sebagai Kepala Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang kini dijabat Harry Andria.

Harry Andria dinilai pas menggantikan Ir Tetap Sinulingga yang beberapa bulan lalu menjabat sebagai Plt PUPR Provinsi Jambi. Sehingga Ir Tetap Sinulingga fokus pada jabatan sebagai  Kabid SDA PUPR Provinsi Jambi. 

Harry Andria sudah sangat berpengalaman di PUPR Provinsi Jambi. Pernah menjabat Kabid Perumahan PUPR, Kepala UPTD Balai Peralatan dan Perbekalan PUPR Provinsi Jambi dan integritas dan kapabilitasnya juga sangat mumpuni serta keImanannya juga baik.

Demikian diterangkan H Ivan Wirata ST MM MT, mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi saat dihubungi Jambipos Online, Jumat (26/1/2018) menyusul kunjungan silaturahmi Ivan Wirata ke UPTD Alkap PUPR Provinsi Jambi bersama Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi Harry Andria, Kamis (25/1/2018).

Menurut Ivan Wirata, dirinya sangat mengenal karakter dan kinerja Harry Andria sat Ivan Wirata menjabat Kadis PUPR Provinsi Jambi era Gubernur Hasan Basri Agus. Dikatakan, rekam jejak Harry Andria dalam sejumlah jabatan yang pernah dipegangnya berjalan dengan baik. 

“Dia mantan anak buah saya dulu. Saat itu menjabat Kepala UPTD Alkal. Saat itu juga perkembangan UPTD Alkal sangat baik sekali. Mulai dari pembangunan gedung dan juga sarana prasarana yang dimiliki UPTD Alkal. Saat ini UPTD Alkal sudah seperti supermarket, semua lengkap apa yang dibutuhkan untuk alat-alat berat,” ujar H Ivan Wirata. 

Menurut Ivan Wirata, UPTD Alkal merupakan ujung tombak PUPR Provinsi Jambi dalam meretas ketelisoliran infrastruktur di Provinsi Jambi. Kelengkapan lat-alat berat dan ordeldil kelengkapannya penting guna melancarkan proses kerta di PUPR Provinsi Jambi. Ivan juga mengapresiasi Kepala UPTD Balai Peralatan dan Perbekalan PUPR Provinsi Jambi Wasis Sudibya yang membenahi UPTD Alkal seperti minimarket mini alat berat.

Dia juga menyarankan kepada Harry Andria untuk tetap menjaga kepercayaan yang telah diberikan Gubernur Jambi H Zumi Zola kepadanya. Dalam menjalankan tugas sebagai kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang paling banyak anggaran harus dijalankan dengan baik.

“Saya sarankan Beliau harus bersinergi dengan bidang-bidang lain. Tetap menjalankan sinergi dan koordinasi dengan legislative. Rajinlah turun kebawah dan berbaur dengan staf dan bidang lainnya. Sekali-kali ajaklah staf untuk Sholat berjamaah sebagai wujud dalam peneguhan Iman,” ujarnya.

Kata Ivan Wirata, PUPR Provinsi Jambi paling banyak anggaran pada APBD Provinsi Jambi 2018 yang mencapai Rp 829.666.812.900 guna. Tentunya serapan anggaran ini juga harus berjalan dengan baik sesuai dengan prioritas pos penggunaannya.

Tahun 2018 ini, Anggaran PUPR Provinsi Jambi bertambah Rp24.166.812.900, dari Rp 805.500.000.000 menjadi Rp 829.666.812.900.  Sumber penambahan ini berasal dari Dana Alokasi Khusus Bidang Jalan dan Irigasi serta pengalihan beberapa kegiatan yang sebelumnya dialokasikan pada belanja hibah ke belanja langsung pada Dinas PUPR Provinsi Jambi.     

Sementara berdasarkan data Dinas PUPR Provinsi Jambi, jalan Provinsi Jambi sepanjang 1.504,929 kilometer, setelah berangsur dinaikan statusnya menjadi jalan nasional kini jalan provinsi menjadi 1.129,909 kilometer.

Kondisi jalan mantap di Provinsi Jambi mencapai 72 persen dari jumlah ruas jalan sepanjang 1.129 kilometer. Pada tahun anggaran 2017 dan 2018 Pemprov Jambi melalui Dinas PU Provinsi Jambi tetap memprioritaskan peningkatan dan pemeliharaan ruas-ruas jalan yang berstatus jalan provinsi.

“Kondisi jalan mantap bertujuan agar proses pengangkutan barang dan jasa dari dan menuju Jambi menjadi lancar dan mendukung daerah ketahanan pangan serta mendukung daerah pariwisata. Sehingga jika infrastruktur baik, ekonomi masyarakat juga akan meningkat. Infrastruktur maju, akan multi efek yang baik bagi semuanya,” kata Ivan Wirata. 

Sebelumnya Gubernur Jambi H Zumi Zola menunjuk Kepala Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Harry Andria sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi. Zola beralasan Harry Andria dinilai pas menggantikan Tetap Sinulingga yang beberapa bulan lalu menjabat sebagai Plt PUPR Provinsi Jambi. 

Zumi Zola kepada wartawan, Selasa (16/1/2018) lalu mengatakan, pergantian Tetap Sinulingga ke Harry Andria berdasarkan hasil evaluasi dan beban kerja yang diemban Tetap Sinulingga yang kini menjabat Kabid SDA PUPR Provinsi Jambi.

“Dari hasil evaluasi, Pak Tetap Sinulingga itu bagus kerjanya. Tapi bebannya itu berat di PUPR Provinsi Jambi. Beliau kan di SDA, untuk mengemban tugas di dinas ini perlu ada support. Nah beliau tidak bisa apalagi Kabid Bina Marga PUPR Prov Jambi juga kosong. Kalau hanya mengandalkan dari Cipta Karya dan juga pak Tetap disitu, tidak bisa. Sedangkan anggaran banyak sekali,” ujar Zola.

Zola menilai, Harry Andria mempunyai latarbelakang pernah duduk di Dinas PUPR Provinsi Jambi dan dinilai bekerja bagus. 

“Jadi untuk sementara waktu kita melakukan langkah, di PU ini karena menjadi prioritas, anggarannya banyak, ada support nya. Yang punya latar belakang PU dan dinilai juga insyaallah bagus ya pak Harry Andria,” kata Zola. (JP-Lee) 

Share this article :

Posting Komentar