Home » , » Zola:Program Dekranasda Perkuat Kerajinan Khas Jambi

Zola:Program Dekranasda Perkuat Kerajinan Khas Jambi

Written By jambipos-online on Friday, December 1, 2017 | 08:54

Gubernur Buka Rakerda Dekranasda Provinsi Jambi Tahun 2017 
Gubernur Jambi H.Zumi Zola.

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA menyatakan harapannya agar program kerja Dekranasda Provinsi Jambi dapat memperkuat kerajinan khas dari Provinsi Jambi.Pernyataan ini disampaikan pGubernur pada pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Provinsi Jambi tahun 2017, Kamis (30/11/2017) bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Hadir pada kesempatan ini Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj.Sherrin Tharia Zola, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota,Pengurus Dekranas pusat diantaranya Tri Reni,Kepala OPD lingkup pemerintah Provinsi Jambi,Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi.

Disampaikan Gubernur Jambi bahwa kegiatan ini akan menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi kepentingan anggota Dekranasda Provinsi Jambi serta dapat meningkatkan kinerja organisasi-organisasi Dekranasda. Sehingga kiprahnya dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi di tingkat nasional.

Ditegaskan Gubernur Jambi bahwa untuk peningkatan kerajinan daerah Jambi bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah Provinsi Jambi dan dekranasda provinsi Jambi melainkan menjadi tanggung jawab semua pihak baik pemerintah dunia usaha perguruan tinggi para pengrajin serta masyarakat itu sendiri.

“Saya yakin dan percaya jika semua pemangku kepentingan memiliki visi yang sama dan bersinergi dalam memajukan kerajinan di provinsi Jambi maka pada masa yang akan datang Provinsi Jambi akan menjadi provinsi yang diperhitungkan di tingkat nasional. Karena pada dasarnya produk hasil kerajinan daerah memiliki manfaat ganda pada satu sisi merupakan upaya untuk melestarikan warisan budaya leluhur kita pada sisi lain hal tersebut merupakan upaya untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi kerakyatan,” katanya.

Dijelaskan, bahwa dengan program program dan pengembangan produk kerajinan di Provinsi Jambi,akan memberikan dampak positif,terhadap penyerapan tenaga kerja,serta akan memberikab stimulan,untuk tumbuh dan berkembangnya sektor sektor lain,seperti sektor jasa,sektor transportasi, sektor perbankan maupun sektor pariwisata.

“Beberapa waktu yang lalu Dekaranasda mengembangkan batik Jambi dengan dua warna baru dalam pewarnaan setelah mengembangkan warna monokrom,beberapa waktu lalu dengan bekerjasama dengan desainer nasional memperkenalkan warna pastel,dan responnya sangat baik,semua bertanya dimana mau membeli batik yang kemarin dipamerkan,ini yang kita dorong bagaimana pengrajin diyakinkan untuk melatih warna batik dengan warna pastel,jangan pesimis,harua semangat,karena warna ini sudah memiliki pangsa pasarnya sendiri,” ujarnya.

Sementara itu sebelumnya Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj Sherrin Tharia Zola menyatakan bahwa rapat kerja daerah dekranasda tahun 2017 ini mengambil tema melalui Sinergi Program Dekranasda se- Provinsi Jambi kita Wujudkan Kriya Khas Daerah yang Berdaya Saing.

“Melalui Sinergi dengan berbagai pihak dekranasda Provinsi Jambi akan mampu menjadi Garda terdepan dalam memajukan dan promosikan kriya khas daerah yang mampu bersaing dengan daerah lain,” katanya.

Dilanjutkan Ketua TP Pkk bahwa berbicara tentang Dekranas tentu tidak terlepas dari kegiatan pengembangan produk kerajinan lokal dan telah menggali dan mereplika berbagai produk kriya yang menjadi unggulan kabupaten kota se Provinsi Jambi.

“Hal ini kita lakukan secara terus-menerus mengingat pesona pria tersebut dapat membangkitkan semangat kita untuk menjadi masyarakat yang mandiri guna mempromosikan dan melestarikan kriya yang telah diwariskan oleh leluhur kita. Adapun produk kriya yang menjadi produk andalan Provinsi Jambi diantaranya batik perhiasan anyaman songket kerajinan kayu kerajinan cinderamata,” katanya.

Disampaikan, bahwa peningkatan produktivitas dan kualitas dari kriya yang dihasilkan oleh pengrajin dapat meningkatkan pendapatan pengrajin dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Dekranasda Provinsi Jambi telah melakukan berbagai kreasi dan inovasi untuk memajukan dan mengembangkan potensi kriya yang ada di provinsi Jambi diantaranya melalui promosi dan penguatan pasar lokal, regional bahkan pasar luar negeri,kerjasama dengan para desainer baik untuk produk fashion interior maupun produk cendramata serta bantuan peralatan,” katanya.

Pada Rakerda ini Dekranasda mengadakan beberapa lomba kriya diantaranya lomba pembuatan cendramata, lomba desain, dan pewarnaan batik ,lomba fashion show batik dan songket Jambi ,lomba penguasaan dan pemasangan tengkuluk, lomba Mars dekranas. (JP-Hms-Maria)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos