Home » , , , » Zola Minta Camat Se Provinsi Jambi Pandu Kades Kelola Dana Desa

Zola Minta Camat Se Provinsi Jambi Pandu Kades Kelola Dana Desa

Written By jambipos-online on Kamis, 14 Desember 2017 | 17:24

Gubernur Zumi Zola saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat Semester II Se Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Ruang Mayang Mangurai Kantor Bappeda Provinsi Jambi, Kamis (14/12/2017). Humas
Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H Zumi Zola Zulkifli meminta para Camat se Provinsi Jambi untuk memandu kepala desa dalam mengelola dana desa. Saat ini dana untuk desa sangat besar. Mulai dari Dana Desa, Anggaran Dana Desa, serta bantuan dari Pemerintah Provinsi.

Dengan dana yang besar tersebut, peran Camat sangat diperlukan untuk melakukan monitoring terhadap kepala desanya masing-masing. Agar memanfaatkan dana tersebut dengan sebaik-baiknya dalam melakukan pembangunan infrastruktur di desanya masing-masing, sehingga percepatan pelaksanaan pembangunan bisa berjalan dengan baik.

Hal itu diungkapkan Gubernur Zumi Zola saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat Semester II Se Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Ruang Mayang Mangurai Kantor Bappeda Provinsi Jambi, Kamis (14/12/2017).

Disebutkan, jangan sampai kepala desa kita ada yang tersangkut kasus hukum karena ketidakpahaman mereka terkait dana desa yang dianggarkan untuk desanya. Saya meminta kepada para camat agar membantu kepala desa dalam mengalokasikan dana dana tersebut. 

Harus jelas peruntukannya dan siap untuk dipertanggungjawabkan. Untuk itu, sekali lagi saya menekankan kepada para Camat melakukan pembinaan dan pengawasan kepada setiap kepala desanya.

Zola juga meminta para Camat agar kreatif dalam mendorong pembangunan hingga ke pelosok. Zola juga berharap para Camat di Provinsi Jambi untuk bersikap proaktif dan inovatif dalam menggerakkan roda pembangunan di wilayah masing-masing.

Para camat harus memiliki inovasi-inovasi terbaru dalam mencari solusi guna memecahkan suatu permasalahan dengan bersinergi bersama para kepala desa/lurah. Ketika sinergi ini tercipta dengan baik, maka tantangan yang dihadapi akan didapatkan solusinya guna mensejahterakan rakyat serta mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerahnya.

Disebutkan, terkait pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan di Kota Jambi, Kabupaten Merangin, dan Kabupaten Kerinci pada tahun 2018, peran camat sangat penting sekali agar masyarakat yang ada di wilayahnya dapat menggunakan hak suaranya, dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk peduli dan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkada tersebut.

“Kita menyadari bahwa Pilkada serentak ini merupakan pesta demokrasi dan sesuatu yang baik, jangan sampai Pilkada serentak ini mengakibatkan keributan dan perpecahan karena perbedaan dalam berpolitik karena perbedaan dalam berpolitik itu biasa, perbedaan tersebut menunjukkan kedewasaan kita dalam berpolitik. Saya berpesan kepada para camat untuk membantu dalam menghadapi Pilkada serentak ini, agar suasana tetap kondusif dengan berkoordinasi dengan Bapak Kapolres, Kapolsek serta Babinsa di daerahnya masing-masing,” katanya.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jambi, Rahmad Hidayat,S.Sos,M.Si mengemukakan, tujuan dari Rakor ini adalah untuk mensinergikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota agar terwujudnya visi dan misi Jambi TUNTAS 2021.

“Rakor ini dilaksanakan, juga untuk menampung aspirasi, informasi dan masukan-masukan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Provinsi Jambi guna mewujudkan Jambi TUNTAS 2021,” ujar Rahmad.

Pada kesempatan ini, Gubernur Zumi Zola didampingi oleh Wakil Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyerahkan piagam, tropi dan uang pembinaan kepada Camat Teladan se Provinsi Jambi Tahun 2017.

Untuk peringkat pertama Rp20 juta, untuk peringkat kedua Rp15 juta, dan untuk peringkat ketiga Rp10 juta. Peringkat pertama diraih oleh Camat Bram Itam Kabupaten Tanjungjabung Barat, Hendri Ponda,S.STP,MH, peringkat kedua diraih oleh Camat Nipah Panjang Kabupaten Tanjungjabung Timur, Kamaruddin,S.STP,MM dan peringkat ketiga diraih oleh Camat Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin, Edy Suprapto,S.Sos.

Sedangkan peringkat harapan I, II dan III diberikan piagam dan tropi, untuk peringkat harapan I diraih oleh Camat Kota Baru Kota Jambi, Feriadi,S.Sos, untuk peringkat harapan II diraih oleh Camat Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh, Sef Eka Putra,S.Pd,ME dan peringkat harapan III diraih oleh Camat Bahar Selatan Kabupaten Muaro Jambi, Tusiah, SE.

Selanjutnya, diserahkan Permendagri terkait tapal batas antar kabupaten Tanjung Jabung Barat, Batanghari, Sarolangun, Bungo, Merangin, dan Kerinci.

Turut hadir pada kesempatan tersebut , Bupati Batanghari, Wakil Bupati Bungo, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Jambi, dan para undangan lainnya. (JP-Lee)





Share this article :

Posting Komentar