Home » , » Sherrin Ajak Kader PKK Bangun Desa

Sherrin Ajak Kader PKK Bangun Desa

Written By jambipos-online on Friday, December 15, 2017 | 20:00



Jambipos Online, Jambi-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola mengajak seluruh pengurus dan kader PKK semua jenjang saling bergandeng tangan untuk mewujudkan Desa percontohan, yaitu desa yang mampu dan mau menggerakkan seluruh komponen masyarakat untuk membangun desanya berorientasi pada 10 Program Pokok PKK, dengan tetap menjunjung budaya setempat. 

Ajakan ini disampaikan Sherrin pada Rakor TP PKK Provinsi Jambi dan TP PKK Kecamatan se Provinsi Jambi bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (14/12/2017).

Tema rakor tersebut adapah Penguatan Kapasitas Kelembagaan TP PKK Kecamatan untuk mewujudkan Desa atau Kelurahan Percontohan binaan TP PKK Provinsi Jambi, Kabupaten/Kota Kecamatan serta Desa binaan TP PKK Kecamatan se Provinsi Jambi menuju Jambi TUNTAS tahun 2021.

Sherrin mengatakan, dalam era reformasi, era otonomi daerah, era globalisasi, era digital, era modernisasi ini mampu mengubah gaya hidup masyarakat dan berpotensi kontradiktif dengan nilai-nilai budaya dan adat istiadat leluhur.

"Program Desa atau Kelurahan Percontohan  dapat membangun kesadaran masyarakat untuk hidup modern dan maju, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan adat istiadat warisan leluhur. Dan dari pertemuan ini diperoleh masukan apa saja yang dapat dikembangkan di desa tersebut, karena yang paling tahu adalah pengurus TP PKK di daerah masing-masing. Kita berharap, dengan fokus pada satu desa akan semakin efektif pengembangan masyarakat di desa,” ujar Sherrin.

Rakor ini, lanjur Sherrin, akan memberikan satu makna yang akan menjadi landasan bagi pelaksanaan penguatan program kerja TP PKK kecamatan dan melaksanakan implementasi 10 program oleh PKK di desa percontohan binaan masing-masing kecamatan yang akan menjadi unggulan. Rakor ini juga diharapkan menjadi saling asah asih dan asuh melalui paparan materi rakor yang akan dijadikan oleh narasumber untuk memperkuat kapasitas pengurus TP PKK.

“Selanjutnya, kita akan menyamakan persepsi tentang program untuk unggulan kita, yaitu desa atau kelurahan percontohan sebagai bentuk representasi keberhasilan TP PKK dalam membantu pembangunan daerah bagi kecamatan kabupaten kota maupun provinsi," tambah Sherrin.

Sherrin mengemukakan, desa percontohan bukan disiapkan sebagai desa untuk mengikuti perlombaan namun dapat juga dilombakan secara khusus, tetapi juga sebagai pendorong untuk bersaing meningkatkan kualitas desa masing-masing.

"Kemajuan desa atau kelurahan percontohan dapat dilihat dari beberapa karakteristik, yaitu meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjalani kehidupan beragama, pengamalan nilai-nilai Pancasila serta sadar hukum, memahami pentingnya pendidikan sejak anak usia dini hingga setinggi-tingginya agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, meningkatnya kesadaran masyarakat dalam merencanakan hidup sehat dengan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat," tutur Sherrin. (JP-Hms-Maria)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos