Home » , , , » Gereja Harus Dibangun dari Rasa Kerendahan Hati

Gereja Harus Dibangun dari Rasa Kerendahan Hati

Written By jambipos-online on Sunday, October 29, 2017 | 23:39

Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th Resmikan GKPS Tanah Kanaan Jambi 
 
Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th saat meresmikan GKPS Persiapan Tanah Kanaan Jambi, Minggu (29/10/2017). Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti. Photo: Asenk Lee Saragih.

Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th saat meresmikan GKPS Persiapan Tanah Kanaan Jambi, Minggu (29/10/2017). Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti. Photo: Asenk Lee Saragih.
Jambipos Online, Jambi-Pimpinan Pusat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) melalui Sekretaris Jenderal (Sekjen) GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th meresmikan GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi menjadi GKPS Tanah Kanaan Jambi. Peresmian itu juga bertepatan dengan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 6 GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu (29/10/2017).

Peresmian dilakukan dalam Ibadah Minggu dan secara simbolis menandatangani Prasasti GKPS Tanah Kanaan Jambi oleh Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th. Peresmian dilakukan pada Acara Khusus yakni Bernyanyi Pujian, Berdoa, Membaca Ayat Alkitab oleh Praeses GKPS Distrik IV Medan Pdt JP Tamsar STh, Praeses GKPS Distrik VI Pekanbaru Pdt Abdi Jekri Damanik STh MSi, Pdt Jhon Ricky R Purba MSi, Pdt Juniati Saragih (Pendeta GKPS Pekanbaru), Pdt Jensi Purba STh, Pdt Riando Tondang STh (Pendeta GKPS Resort Jambi).

 Kemudian membacakan SK Pimpinan Pusat oleh  Pdt Abdi Jekri Damanik STh MSi, membacakan statistik GKPS Tanah Kanaan Jambi oleh St JP Sidauruk (Porhanger), membacakan formasi pengurus jemaat oleh Pdt Riando Tondang STh, pembacaan naskah dan peresmian oleh  Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th.


Lagu Pujian "Maidop Ma Ham" St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik Pada Ibadah Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Video: Asenk Lee Saragih 


Ibadah peresmian itu juga dihadiri Tamu Khusus dari GKPS Cikoko Jakarta yakni Anggota Majelis Gereja GKPS St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP dan sekitar 650 Jemaat GKPS Resort Jambi dan undangan dari simpatisan GKPS dan Simalungun. Undangan juga datang dari pengurus Ikatan Masyarakat Simalungun (IMS) yakni cikal bakal Pos PI Bayunglincir Sumsel.

Melayani pada Ibadah itu, Kotbah Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th, Votum Agenda Pdt Abdi Jekri P Damanik STh Msi, Hata Haporsayaon Pdt Juniati Saragih, Doding PW D Br Damanik STh, Doa Syafaat Pdt Jhon Ricky R Purba MSi, Persembahan St Drs Midian Purba, St S Br Damanik, St JN Br Purba, Organis Panca Sipayung dan Singers  PGKPS Tanah Kanaan Jambi.(Baca Juga: Malam Hiburan Marsombuh Sihol)

Dalam ibadah juga ada lagu pujian dari St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, M.AP berjudul “Maidop Ma Ham” Cipt St Febri Saragih. Kemudian pujian VG PGKPS Tanah Kanaan Jambi, Koor Wanita GKPS Resort Jambi, VG Wanita GKPS Jambi.

Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th dalam Kotbahnya dari Nats Matius 22: 34-46, mengatakan, agar Jemaat GKPS menjadi saksi-saksi Kristus dimanapun berada. Gereja tidak bisa dibangun dengan rasa tinggi hati ataupun kesombongan. Namun gereja harus dibangun di atas rasa rendah hati. Melalui rasa rendah hati tersebut, gereja akan bisa dibangun dengan rasa kebersamaan antara warga jemaat dengan para pimpinan maupun pelayan gereja.

“Di tengah pembangunan gereja tidak boleh ada orang yang merasa lebih berjasa dan lebih mampu karena gereja adalah persekutuan rohani yang hanya bisa terbangun melalui kebersamaan. Karena itu marilah kita membangun gereja kita, meningkatkan pelayanan dengan rasa rendah hati. Biarlah Tuhan yang semakin terpuji dan makin dipermuliakan dari jerih lelah kita membangun gereja yang penuh dengan tantangan,”katanya.

Sedangkan pada kata sambutannya mengatakan, dengan diresmikannya GKPS Tanah Kanaan Jambi, bertambahlah saksi-saksi Kristus di “Negeri Angso Duo Jambi”.(Baca Juga: Seminar dari Jenderal Maruli Wagner Damanik)

“Selamat kepada GKPS Tanah Kanaan Jambi. Resmi hari ini, bahwa GKPS Tanah Kanaan Jambi bagian yang tak terpisahkan dari GKPS. Jadi sudah sama status GKPS Tanah Kanaan Jambi dengan GKPS Cikoko dan GKPS Hang Tuah Medan. Jadi karena itu, Pekerjaan rumah juga semakin besar. Bagaimana GKPS Tanah Kanaan bisa menjadi alat Tuhan untuk mewartakan kerajaan Allah. Tapi saya yakin Jemaat GKPS Tanah Kanaan akan semakin lebih cerah lagi kedepan,” ujar  Pdt Dr Paul Ulrich Munthe.

Disebutkan, memasuki usia yang ke 6 tahun GKPS Tanah Kanaan Jambi, memang banyak tantangan dalam pelayanan. Namun dengan semangat pelayanan akan diupayakan untuk mengupayakan sesuatu. 

“Adanya seratus orang anak sekolah minggu di GKPS Tanah Kanaan Jambi, ini adalah masa depan gereja dan menjadi Saksi Kristus di Negeri Angso Duo Jambi. Secara jumlah GKPS kecil, namun kecil bukan berarti tertinggal, kecil bukan berarti terbelakang, kecil bukan berarti diabaikan. Tidak, tetapi GKPS mampu berkontribusi yang baik untuk masyarakat, untuk gereja-gereja. Jadi kita pakailah sarana pelayanan ini dalam Memuliakan Tuhan,” katanya.

“Tidak ada yang sia-sia pelayanan dihadapan Tuhan. Dengan pengharapan, kita kuat dan diberikan kekuatan oleh Tuhan. Seperti Injil Yesaya : 39, semakin hari kita semakin kuat karena ada Tuhan yang menguatkan kita. GKPS Tanah Kanaan Jambi betul-betul sebagai Tanah Kanaan seperti yang dijanjikan Tuhan,” kata Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th.

Sementara Tokoh GKPS Jambi St RK Purba dalam kata sambutannya mengatakan, pembangunan suatu gereja di suatu daerah, khususnya di perantauan (diaspora) ternyata tidak bisa hanya mengandalkan banyaknya jumlah jemaat dan materi yang cukup. 

Pembangunan gereja di perantauan membutuhkan kebersamaan di antara jemaat, kerendahan hati para pemimpin dan pelayan gereja serta jalinan silaturahmi (hubungan kekeluargaan) yang baik warga gereja dengan warga masyarakat sekitar. 

“Bila prinsip-prinsip tersebut bisa dicapai, pembangunan suatu gereja, baik pembangunan gedung gereja maupun jemaatnya, akan lebih mudah terwujud,” katanya. 

Pada kesepatan yang sama Pengantar Jemaat GKPS Jambi, St Radesman Saragih S Sos mengatakan, kebersamaan, saling menghargai dan kerukunan antar jemaat sangat penting. Kerukunan jemaat degan lingkungan gereja juga harus tetap terjalin. 

Hal itu agar kehadiran gereja dan umat Kristen membawa berkat atau manfaat bagi warga sekitar. Rasa kebersamaan dan kekeluargaan tersebut juga sangat penting, sehingga warga gereja dengan masyarakat sekitar bisa sama-sama menghargai.

“Selama ini jalinan kekeluargaan warga jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi dengan warga masyarakat RT 19, Bagan Pete, sudah cukup baik. Rasa kekeluargaan ini perlu terus ditingkatkan melalui jalinan komunikasi yang baik antara warga  GKPS Tanah Kanaan dengan warga sekitar,”katanya.

Sementara itu, undangan warga simpatisan GKPS dan Simalungun M Purba (GKPI) mengatakan, pembangunan gereja di tanah perantauan perlu disertai rasa sabar. Proses dan prosedur pembangunan gereja, khususnya pengurusan izin harus dihadapi dengan kesabaran. 

Kemudian jalinan komunikasi dengan warga sekitar gereja dan pemerintah setempat perlu terus ditingkatkan untuk memperoleh dukungan pembangunan gereja, khususnya dalam memperoleh izin mendirikan rumah ibadah.

“Kami warga Simalungun Kristen di luar GKPS Jambi tetap mendukung pembangunan GKPS Tanah Kanaan ini. Mudah-mudahan dengan diresmikannya GKPS Persiapan Tanah Kanaan ini bisa segera mendapat izin dari pemerintah. Namun demikian, kalaupun proses izin lambat, warga GKPS Tanah Kanaan jangan patah semangat. Gereja kami mendapat izin masyarakat dan pemerintah di Jambi setelah menunggu sekitar 15 tahun,”katanya.

Sementara Ketua Majelis Jemaat GKPS Tanah Kanaan, St JP Sidauruk pada kesempatan tersebut mengatakan, GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi tetap bersemangat melaksanakan pelayanan kendati pengurusan izin gereja tersebut masih terus berlanjut.

Pelayanan dan pembangunan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi bisa berlanjut terus enam tahun terakhir berkat adanya kebersamaan di antara jemaat, majelis dan pimpinan, serta adanya jalinan komunikasi yang baik dengan masyarakat dan pemerintah setempat.

“Kami berharap GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi cepat memperoleh izin dari pemerintah, sehingga kami bisa membangun gereja yang permanen. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Pusat GKPS yang dihadiri Bapak Sekjen GKPS telah meresmikan GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi. Juga seluruh Pendeta GKPS yang hadir dan secara khusus kepada St Irjen Pol Drs maruli Wagner Damanik dan Inang yang telah menyumbang Rp 10 Juta. Juga kepada Keluarga St RK Purba /Br Sitepu yang telah menyumbang Rp 15 Juta serta Orang Tua dari Sy Roni Damanik/br Dasuha yang telah menyumbang Rp 6 Juta,"  katanya.

Dijelaskan, GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi diresmikan, Minggu (23/10/2011). Ketika itu jumlah warga jemaat GKPS Persiapan Tanah Kanaan yang sebagian besar adalah warga jemaat Sektor Tesalonikan GKPS Jambi hanya 33 kepala keluarga (KK). Namun kini warga jemaat GKPS
Tanah Kanaan Kota berjumlah sudah mencapai 90 KK dengan jumlah jiwa sekitar 300 orang.

Sebelum diresmikan menjadi GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi, gereja tersebut hanya berstatus Pos Pekabaran Injil (PI) Aur Duri GKPS Jambi. Ketika itu ibadah jemaat Pos PI Aur Duri dilaksanakan dari rumah ke rumah warga jemaat.

Sementara itu ibadah peresmian dan perayaan HUT 6 GKPS Tanah Kanaan Jambi berlangsung meriah. Ibadah Peresmian dan HUT VI GKPS Persiapan Tanah Kanaan ini dhadiri sekitar 650 orang, terdiri dari warga jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, GKPS Jambi (Gereja Pamatang), perwakilan gereja tetangga, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Anugerah, Kenali Besar, Kota Jambi.

Pesta HUT Ke 6

Usai ibadah, dilanjutkan dengan acara Pesta HUT dengan pemotongan Kue Ulang tahun yang dipandu St S Br Damanik. Pesta Peresmian dan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan Jambi pinggiran Kota Jambi itu juga meriah berkat penampilan tarian anak-anak sekolah minggu, tarian bersama dengan iringan grup musik JKR Musik Kota Jambi.

Grup musik Batak tersebut cukup mampu mengiringi panortoron (menari) dalam rangka pengumpulan dana pada perayaan HUT VI GKPS Tanah Kanaan tersebut. Bahkan saat Tortor Sekjen GKPS, Praeses dan para pendeta dan Perutusan Synode Bolon dan pengurus Resort Jambi dan St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik dan Inang Debora Mayana Purba Pakpak mampu mengumpulkan dana Rp 13 Juta.

JKR Musik dan Trio: Grup musik Batak Jambi yang kini sudah cukup ternama di Jambi dan sering mengisi hiburan acara Pesta-pesta perkawinan dan budaya Batak Jambi. Grup musik ini sering juga mengisi hiburan acara GKPS Jambi dan GKPS Tanah Kanaan. 

JKR Musik dan Trio termasuk grup musik Batak di Jambi yang sangat banyak menguasai lagu dan langgam musik Simalungun. Grup Musik dan Trio JKR terdiri dari : Tony Manalu (Keyboard), Ruli Rafael Haloho (Seruling/Sulim), P Haloho (Godang/Gual) dan Trio Haloho, Manullang dan Siregar.

Kemudian penampilan Rani Melianny Br Saragih Sumbayak juga sangat memukau penonton. Penyanyi muda berbakat dari GKPS Tanah Kanaan kelahiran Kota Jambi, 30 Mei 1999 ini, merupakan peraih Juara I Lomba Nyanyi Solo Pesparawi Sekolah Minggu GKPS se-Distrik VI di GKPS Pekanbaru, Riau, Minggu, 3 Februari 2013 dan Juara III Lomba Nyanyi Solo Pesparawi Sekolah Minggu se-GKPS di Medan, Sumatera Utara, Minggu, 30 Juni 2013.

Selanjutnya lantunan lagu oleh Inang Rasma Herdiana Br Saragih Simarmata, penyanyi Simalungun kelahiran P Hanopan, Simanabun, 6 Mei 1979 yang kini menjadi inang di GKPS Jambi dan sudah pernah tampil pada kegiatan pesta gereja GKPS Jambi.

Pada kesempatan itu Pdt JP Tamsar dan Inang, Pdt Jhon Ricky Purba dan Inang serta Pdt Jensi Purba juga membawakan dua lagu pelepas rindu untuk Jemaat GKPS Resort Jambi. Tak kalah menariknya Duet lagu “Elvie” oleh St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik dengan St Radesman Saragih juga memukau penonton.

Melalui lantunan lagu-lagu rancak (gembira) khas Simalungun, Batak, Melayu dan lagu Indonesia, termasuk lagu asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Maumere, JKR Musik Jambi mampu menggairahkan semangat segenap warga jemaat dan undangan yang menghadiri ibadah Peresmian dan HUT 6 GKPS  Tanah Kanaan tersebut. 

Melalui Peresmian dan Pesta Perayaan HUT 6 GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi meriah meski hanya menampilkan potensi yang ada pada jemaat, berhasil dihimpun dana keseluruhan sebesar Rp 110 Juta.
Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th dan Inang (ke 5-6 belakang) photo bersama dengan PGKPS Resort Jambi dan Jemaat usai Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu (29/10/2017). Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti. Photo: Asenk Lee Saragih

Rangkaian secara umum acara Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi meliputi, Seminar “Kepemimpinan Kristiani yang Membumi” oleh peresmian St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik, Sabtu (28/10/2017) sore, Ibadah Kebaktian Penyegaran Iman (KPI) oleh  Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th malam dan Malam Hiburan “Marsombuh Sihol” Sabtu malam. (Asenk Lee Saragih)

 Video Manortor Pimpinan Pusat GKPS, para Pendeta, PMJ

Berikut Ini Photo Serbi Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan Jambi. Photo Oleh Armando Purba/Asenk Lee Saragih dan FB.

Suasana Serbi Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.
Video Lagu "Pesta Kuria" Oleh Rani Saragih


Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Suasana Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017.

Koor Wanita GKPS Resort Jambi "Sai Sautma Tuhan" Pada Ibadah Peresmian dan Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan Jambi , Minggu 29 Oktober 2017.

Koor Wanita GKPS Resort Jambi "Sai Sautma Tuhan" Pada Ibadah Peresmian dan Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan Jambi , Minggu 29 Oktober 2017.

Koor Wanita GKPS Resort Jambi "Sai Sautma Tuhan" Pada Ibadah Peresmian dan Perayaan HUT Ke 6 GKPS Tanah Kanaan Jambi , Minggu 29 Oktober 2017.
 
Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th dan Inang (ke 5-6 belakang) photo bersama dengan PGKPS Resort Jambi dan Jemaat usai Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu (29/10/2017). Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti. Photo: Asenk Lee Saragih

Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th saat meresmikan GKPS Persiapan Tanah Kanaan Jambi, Minggu (29/10/2017). Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti. Photo: Asenk Lee Saragih.
(Kanan ke Kiri) Pendeta yang pernah melayani di GKPS Resort Jambi, Pdt Jhon Ricky R Purba MSi dan Istri, Pdt JP Tamsar STh dan Istri, Pdt Jensi Purba STh saat memberikan kata sambutan dan menyumbangkan lagu di Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo Asenk Lee Saragih

(Kanan ke Kiri) Pendeta yang pernah melayani di GKPS Resort Jambi, Pdt Jhon Ricky R Purba MSi dan Istri, Pdt JP Tamsar STh dan Istri, Pdt Jensi Purba STh saat memberikan kata sambutan dan menyumbangkan lagu di Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo Asenk Lee Saragih

(Kanan ke Kiri) Pendeta yang pernah melayani di GKPS Resort Jambi, Pdt Jhon Ricky R Purba MSi dan Istri, Pdt JP Tamsar STh dan Istri, Pdt Jensi Purba STh saat memberikan kata sambutan dan menyumbangkan lagu di Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo Asenk Lee Saragih

Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th saat meresmikan GKPS Persiapan Tanah Kanaan Jambi, Minggu (29/10/2017). Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti. Photo: Asenk Lee Saragih.

Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe D.Th saat meresmikan GKPS Persiapan Tanah Kanaan Jambi, Minggu (29/10/2017). Peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti. Photo: Asenk Lee Saragih.

Suasana Ibadah

Suasana Ibadah

St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik dan Inang Debora Mayana Purba Pakpak (kanan) dan St Awal JD Damanik / M Br Purba Pakpak.



St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik M.AP dan Inang Debora Mayana Purba Pakpak


Group Damanik Margana




St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik dan Inang Debora Mayana Purba Pakpak dan St RK Purba Pakpak/ P Br Sitepu.

St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik dan Inang Debora Mayana Purba Pakpak dan St Awal JD Damanik / M Br Purba Pakpak.

VG Wanita GKPS Jambi

VG Wanita GKPS Jambi

Tortor Anak Sekolah Minggu GKPS Tanah Kanaan Jambi.

Tortor Anak Sekolah Minggu GKPS Jambi.

Tortor Anak Sekolah Minggu GKPS Tanah Kanaan Jambi.

Manurduk Dayok Binatur

Manurduk Dayok Binatur Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba

Bp H Tondang Manortor. Manortor Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba

St RK Purba Pakpak/ P Br Sitepu menyematkan Gotong Simalungun dan Seperangkat Hiou Simalungun kepada St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik dan Inang Debora Mayana Purba Pakpak, pada Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba

St JM Purba (Wakil Pengantar Jemaat GKPS Tanah Kanaan menyematkan Gotong Simalungun dan Seperangkat Hiou Simalungun kepada Sy R Damanik/Br Dasuha Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Riando Tondang Photo Bersama dengan Pimpinan dan Majelis GKPS Tanah Kanaan Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

St RK Purba Pakpak saat memberikan kata sambutan Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

Manortor Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba

St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik saat Membawakan Lagu Elvie Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

Pengurus Ikatan Warga Simalungun di Bayung Lincir Sumsel hadir  Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

Undangan Simpatisan GKPS dan Simalungun hadir  Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe DTh dan Inang saat menyematkan menyematkan Seperangkat Hiou Simalungun kepada St RK Purba / P Br Sitepu Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe DTh dan Inang saat menyematkan menyematkan Seperangkat Hiou Simalungun kepada St RK Purba / P Br Sitepu  Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe DTh dan Inang saat menyematkan menyematkan Seperangkat Hiou Simalungun kepada St RK Purba / P Br Sitepu Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

St RK Purba Pakpak/ P Br Sitepu menyematkan Gotong Simalungun dan Seperangkat Hiou Simalungun kepada St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik dan Inang Debora Mayana Purba Pakpak, Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba

St RK Purba Pakpak/ P Br Sitepu menyematkan Gotong Simalungun dan Seperangkat Hiou Simalungun kepada St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik dan Inang Debora Mayana Purba Pakpak, Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba


Ketua Umum Panitia St Awal JD Damanik/Br Purba saat menyematkan menyematkan Seperangkat Hiou Simalungun kepada Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe DTh dan Inang Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

Ketua Umum Panitia St Awal JD Damanik/Br Purba saat menyematkan menyematkan Seperangkat Hiou Simalungun kepada Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe DTh dan Inang Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

Ketua Umum Panitia St Awal JD Damanik/Br Purba saat menyematkan menyematkan Seperangkat Hiou Simalungun kepada Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe DTh dan Inang Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.

Manortor Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba


Inang Rasma Herdiana Br Saragih Simarmata, penyanyi Simalungun kelahiran P Hanopan, Simanabun, 6 Mei 1979 yang kini menjadi inang di GKPS Jambi dan sudah pernah tampil pada kegiatan pesta gereja GKPS Jambi.

(Kiri Ke kanan) St S Purba Pakpak, St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik M.AP, St Ir VM Purba Pakpak.

Manurduk Dayok Binatur Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba

Manurduk Dayok Binatur Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba

Lagu Elfie......

Lagu Pujian Simalungun "Eivie" Oleh St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik Feat St Radesman Saragih S Sos (Porhanger GKPS Jambi) Pada Pesta Peresmian dan HUT GKPS Tanah Kanaan , Minggu 29 Oktober 2017. Photo Armando Purba.Minggu 29 Oktober 2017. Video: Asenk Lee Saragih


Photo Serbi Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo: Armando Purba

Praeses GKPS Distrik VI Pekanbaru Pdt Abdi Jekri Damanik.

Sekjen GKPS Tandatangani Prasasti GKPS Tanah Kanaan Jambi.

Onel, Ezer, Vando Menari di Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo: Armando Purba

St RK Purba manortor di Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo: Armando Purba

St RK Purba manortor di Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo: Armando Purba


Ibadah Raya Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo: Armando Purba

Pdt Riando Tondang STh. Ibadah Raya Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo: Armando Purba



St Awal JD Damanik. Ibadah Raya Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo: Armando Purba


Pdt Jhon Ricky R Purba MSi. Ibadah Raya Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo: Armando Purba

St Meslan Saragih SH.


KUE HUT GKPS Tanah Kanaan Jambi kepada Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe DTh.

Kotbah Oleh Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe DTh.


Pendeta GKPS Resort Pekanbaru Pdt Juniati Saragih STh.



Manortor Pdt Jensi Purba STh.









Kirie ke kanan ( St Awal JD Damanik, St Irjen Pol Drs Maruli Wagner Damanik M.AP, Pdt JP Tamsar STh)



Photo Serbi Pesta Peresmian GKPS Tanah Kanaan Jambi, Minggu 29 Oktober 2017. Photo: Armando Purba


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos