Home » , » Wagub: Infrastruktur Penunjang Perhubungan Terus Dibenahi

Wagub: Infrastruktur Penunjang Perhubungan Terus Dibenahi

Written By jambipos-online on Wednesday, September 20, 2017 | 20:04

Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar M Hum mengemukakan, untuk meningkatkan pelayanan publik bidang trasnportasi, pemerintah bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan terus membenahi infrastruktur penunjang perhubungan, yang juga ditujukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Hal itu disampaikan Fachrori Umar dalam Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tingkat Provinsi Jambi, bertempat di lapangan terminal lama Bandara Sultan Thaha Jambi, Rabu (20/9/2017).

Tema Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2017 adalah “Melalui Peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun 2017 Kita Tingkatkan Solidaritas, Sinergitas, dan Kerja Bersama Dalam Mewujudkan Transportasi yang Andal, Berdaya Saing, dan Memberikan Nilai Tambah.”

Selaku inspektur upacara, Wagub Fachrori Umar membacakan sambutan tertulis Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, yang menyatakan bahwa peringatan Hari Perhubungan Nasional merupakan momentum yang tepat bagi insan perhubungan untuk meresapi apa saja yang telah disumbangkan untuk memajukan sektor transportasi di Indonesia.

Menhub menjelaskan, wujud implementasi program Nawacita Kementrian Perhubungan diharapkan mampu mewujudkan konektivitas antar pulau, sebagaimana pernyataan Presiden Joko Widodo dalam KTT Asian Timur, akan memberi prioritas pada program pengembangan infrastruktur dan konektivitas maritim.

"Tujuan pembangunan infrastruktur dan konektivitas maritim adalah untuk mempelancar distribusi logistik secara nasional. Selain itu, juga diperlukan deregulasi terhadap aturan-aturan yang menghambat distribusi logistik nasional. Untuk itu, Kementrian Perhubungan telah menyelesaikan beberapa deregulasi yang berkaitan dengan Paket Kebijakan Ekonomi XV sektor logistik yang mendorong peningkatan iklim investasi," jelas Menhub.

Menhub juga menekankan bahwa tantangan pembangunan sektor transportasi semakin kompleks, seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi. “Untuk menjawab tantangan tersebut, kita dituntut mampu beradaptasi dan terus berinovasi melalui perubahan pola kerja yang lebih efektif dan efisien dengan menciptakan sistem transportasi yang andal, sumber daya manusia yang kompeten serta sarana prasarana yang baik,” lanjut Menhub.

"Kementerian Perhubungan selaku regulator memiliki peranan yang cukup krusial dalam mendukung roda perekonomian, mempelancar mobilisasi penduduk, arus barang, serta konektivitas antar daerah. Untuk itu, pembangunan sektor transportasi harus mampu menjamin aksesbilitas ke seluruh wilayah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga pulau Rote," jelas Menhub.

Usai upacara, Wagub menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi dalam visi dan misi Jambi TUNTAS menempatkan infrastruktur sebagai salah satu program utama, dan pembangunan infrastruktur tersebut juga menunjang perhubungan. 

"Pemerintah Provinsi Jambi mendukung sepenuhnya kebijakan dari Pemerintah Pusat untuk memfokuskan pembangunan, salah satunya adalah infrastruktur dan transportasi lain, yang terus kita kembangkan dan kita berharap kedepannya akan lebih baik lagi, termasuk bagaimana memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, walau jalan yang kita bangun belum 100 persen, tetapi pemerintah berkomitmen untuk membangun infrastruktur secara bertahap," kata Fachrori Umar .

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, H.Varial Adhi Putra,ST,MM dalam sesi wawancara menyatakan sesuai dengan tema yang diangkat yaitu mewujudkan transportasi yang andal, menitikberatkan pada peningkatkan kinerja Dinas Perhubungan untuk mewujudkan infrastruktur yang andal sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

“Sesuai dengan tema yang diangkat, Dinas Perhubungan harus meningkatkan kinerja yang lebih baik, dimana kita harus mampu meningkatkan transportasi agar dapat bersaing. Hal ini juga berarti memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat, dan di Provinsi Jambi sendiri terus meningkatkan sarana dan prasarana transportasi," ujar Varial Adhi Putra. (JP-Humas-Maria)
 


 

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos