Home » , » Festival Pesona Geopark Merangin Jadi Magnet Wisata Jambi

Festival Pesona Geopark Merangin Jadi Magnet Wisata Jambi

Written By jambipos-online on Wednesday, September 6, 2017 | 23:18

Jambipos Online, Jambi-Festival Pesona Geopark Nasional Merangin yang akan diadakan Pemerintah Daerah Provinsi Jambi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi diharapkan dapat sebagai magnet wisatawan ke Jambi. Festival Pesona Geopark Nasional Merangin (FPGNM) 2017 ini akan digelar di Taman Batu Merangin, Senin (11/9/2017). 

Kepala Disbudpar Provinsi Jambi Ujang Hariadi melalui Kasi Hubungan Kerjasama Antar Lembaga Pariwisata Disbudpar Provinsi Jambi, M Amril kepada wartawan, Rabu (06/9/2017) mengatakan, Festival Pesona Geopark Merangin yang akan mengambil start di kawasan Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, pada 11-14 September 2017 diharapkan mampu mempromosikan Pariwisata Jambi dan khususnya Kabupaten Merangin. 

Rangkaian acara Festival Pesona Geopark Merangin 2017 diisi dengan berbagai lomba dan kegiatan antara lain, Pameran, Bazaar, Seni Pertunjukan Tari Sayak, Tari Pisang, Tari Sikadam, Tari Lukah Gilo dan sejumlah tari khas Kabupaten Merangin lainnya. 

Kata Amril, dijadwalkan Gubernur Jambi Zumi Zola akan hadir untuk menyaksikan berbagai kegiatan Festival tersebut, yang sangat potensial untuk menjadi atraksi wisata bagi wisatawan untuk berkunjung. 

“Terlebih festival ini juga akan diramaikan berbagai kegiatan, seperti Pagelaran Seni, Lomba Sepeda MTB, Lomba Burung Berkicau, Kemah Jurnalistik, Lomba Fotografi, Lomba Arung Jeram,” katanya. 

Amril mengharapkan festival ini dapat mengangkat keindahan budaya dan alam Provinsi Jambi, yang saat ini sudah masuk menjadi salah satu tujuan wisata Nasional dengan Objek wisatanya tidak kalah dengan daerah lainnya. 

Festival ini akan menjadi agenda tahunan Nasional di Kabupaten Merangin yang akan digelar setiap September. Karena dinilai sangat menjanjikan sebagai salah satu potensi wisata andalan, event pariwisata yang menarik bagi para wisatawan. 

“Potensi wisata ini sangat menjanjikan dan memiliki peluang besar untuk meningkatkan animo masyarakat dan memperkenalkan objek wisata Geopark agar lebih dekat kepada wisatawan serta mendongkrak pendapatan asli daerah apabila terus dikembangkan,” Kata Amril. 

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menanggapi terkait Geopark Merangin, selalu mengingatkan agar segera mengurus persyaratan administratif dan didaftarkan ke UNESCO. Lalu dikawal ketat, agar usulan itu betul-betul diterima dengan baik dan lengkap. 

“Kalau sudah diakui UNESCO maka levelnya naik, value-nya naik, dan layak dikembangkan sebagai destinasi yang harus dipromosikan,” jelas Arief. 

Lanjutnya, Festival Geopark Merangin ini, akan lengkap jika ada destinasi yang kuat. Status Taman Bumi itu akan menguatkan Jambi ketika diakui dunia. Tapi, sebagai festival dia berharap event itu ramai dikunjungi orang. 

“Silahkan ke Jambi. Geopark Merangin komplet. Alamnya indah, anda yang belum punya rencana ke mana-mana, silakan hadir ke Festival ini. Kalau merencanakan jauh-jauh hari, bisa booking transportasi dan akomodasi lebih longgar, lebih murah, dan lebih banyak destinasi yang bisa dicari,” katanya. (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos