Home » , , » Zumi Zola Minta Pramuka Tangkal Arus Globalisasi

Zumi Zola Minta Pramuka Tangkal Arus Globalisasi

Written By jambipos-online on Friday, August 11, 2017 | 08:37

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan kegiatan Pramuka merupakan salah satu solusi untuk menangkal arus globalisasi dan menjadi wadah pengembangan karakter generasi muda era saat ini. 

Hal itu dikatakan Zumi Zola usai pelepasan Kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi pada Raimuna Nasional XI Tahun 2017 ke Cibubur Jakarta Timur, di Jambi, Kamis (10/8/2017). 

Dikatakannya, gerakan Pramuka merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya untuk membangun rasa cinta bangsa dan rasa cinta tanah air, serta wahana untuk menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan. 

“Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang kian marak, saya mengimbau kepada para pembina dan pelatih Pramuka agar dalam menjalankan tugasnya senantiasa berinovasi dan berkreasi serta berusaha mengikuti perkembangan zaman,” kata Zola. 

Menurutnya, dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang ditandai dengan maraknya penggunaan sosial media di kalangan generasi muda, maka kegiatan Pramuka harus bisa dimanfaatkan untuk selanjutnya diarahkan ke hal yang bersifat edukatif sesuai dengan falsafah gerakan Pramuka. 

Generasi muda, lanjut gubernur, harus memiliki karakter berpengetahuan dan berketerampilan agar kelak tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang unggul. 

“Untuk menjadi bangsa yang unggul, kita harus memiliki tiga modal dasar yaitu harus mandiri, harus berdaya saing, dan memiliki peradaban yang luhur. Apa yang diajarkan dalam kegiatan kepramukaan ini sesungguhnya ditujukan untuk membentuk tiga modal itu,” katanya. 

Zola juga mengimbau seluruh elemen masyarakat dengan niat suci bersama-sama dengan pemerintah bergandengan tangan untuk memajukan gerakan Pramuka di bumi “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” ini. 

“Saya berpesan agar peserta Pramuka dapat menjaga dan menjunjung nama baik daerah, tunjukkan kepada semua peserta bahwa utusan Jambi merupakan duta Pramuka pilihan dan siap mengharumkan nama daerah di kancah nasional,” ujarnya. 

Zola menambahkan, agenda yang akan diikuti ini merupakan agenda nasional, maka para peserta juga harus memiliki jiwa sportivitas serta solidaritas dengan sesama peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 

Sementara itu Kakwarda Provinsi Jambi, Kolonel Inf Sutrisno menjelaskan dalam Raimuna Nasional di Cibubur, Provinsi Jambi mengirim kontingen yang terdiri dari 11 Kwartir Cabang dengan rincian peserta pria 120 orang, peserta putri 119 orang, staf kontingen 20 orang dan staf dukungan kontingen 170 orang sehingga total 429 orang. 

“Keberangkatan kontingen akan dibagi menjadi dua wilayah yaitu wilayah Jambi barat terdiri dari Kerinci, Sungai Penuh, Bungo, Sarolangun dan Merangin. Sedangkan wilayah Timur berasal dari Tanjungjabung Barat, Tanjungjabung Timur, Kota Jambi, Muarojambi dan Batanghari,” kata Sutrisno. (JP-03)



Zumi Zola usai pelepasan Kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi pada Raimuna Nasional XI Tahun 2017 ke Cibubur Jakarta Timur, di Jambi, Kamis (10/8/2017). Photo: Humas

 Zumi Zola usai pelepasan Kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi pada Raimuna Nasional XI Tahun 2017 ke Cibubur Jakarta Timur, di Jambi, Kamis (10/8/2017). Photo: Humas
 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos