Home » , » Zola: Pemprov Jambi Kaji Pembuatan Compond Ban di Jambi

Zola: Pemprov Jambi Kaji Pembuatan Compond Ban di Jambi

Written By jambipos-online on Monday, August 14, 2017 | 10:02

Gubernur Jambi,H.Zumi Zola, S.TP,MA didampingi oleh Bupati Bungo, H.Mashuri dan rombongan meninjau perkembangan upaya hilirisasi karet di salah satu Unit Pengolahan Hasil (UPH) karet yaitu vulkanisir ban di Desa Sungai Mengkuang Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo, Sabtu (12/8/2017) petang. Photo2: Humas
Jambipos Online, Bungo-Usai menerima penganugerahan gelar adat dari tokoh masyarakat Desa Rantau Ngarau Kecamatan Tabir Ulu Kabupaten Merangin, Gubernur Jambi,H.Zumi Zola, S.TP,MA didampingi oleh Bupati Bungo, H.Mashuri dan rombongan meninjau perkembangan upaya hilirisasi karet di salah satu Unit Pengolahan Hasil (UPH) karet yaitu vulkanisir ban di Desa Sungai Mengkuang Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo, Sabtu (12/8/2017) petang. 

Zola menjelaskan bahwa UPH karet tersebut merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah getah karet, untuk meningkatkan kesejahteraan petani karet. 

"Kita mengupayakan agar karet tidak dijual dalam bentuk bahan mentah, karena harganya rendah serta harganya tidak selalu stabil, jadi kita dorong untuk menjadikan karet sebagai bahan olahan, baik itu bahan jadi maupun setengah jadi," ungkap Zola. 

Gubernur Zola mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Jambi sedang mengkaji pembuatan compond ban sendiri, karena selama ini compond itu didatangkan dari cibubur, yang menyebabkan biaya produksi lebih besar. 

“Dengan membuat compond sendiri berarti akan mengurangi biaya produksi. Jadi compond itu tidak perlu didatangkan dari luar lagi, nanti akan kita adakan di Kuala Tungkal dan konsepnya sudah ada, dengan begitu akan meningkatkan pendapatan masyarakat," jelas Zola. 

Lebih lanjut, Gubernur Zola menyampaikan, selain pembuatan ban, ada pembuatan spare part motor seperti, pijakan kaki. Program program UPH bisa juga diterapkan di Kabupaten yang memiliki potensi karet. 

"Setelah kita bisa menghasilkan kualitas compond seperti yang di Cibubur, Pemerintah Provinsi Jambi akan mengadakan peralatan-peralatan produksi untuk mendukung itu semua guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutur Zola. 

Gubernur Zola menambahkan, untuk pembuatan compond, selain bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi Jambi juga akan menggandeng CSR karena melalui industri karet bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat jika bisa dikembangkan dengan baik, dan hal ini sangat dinantikan oleh masyarakat Jambi. (JP-Humas-Richi)








Gubernur Jambi,H.Zumi Zola, S.TP,MA didampingi oleh Bupati Bungo, H.Mashuri dan rombongan meninjau perkembangan upaya hilirisasi karet di salah satu Unit Pengolahan Hasil (UPH) karet yaitu vulkanisir ban di Desa Sungai Mengkuang Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo, Sabtu (12/8/2017) petang. Photo2: Humas
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos