Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Stok Sembako Aman di Jambi

Harga cabei dan tomat di Pasar Modern Handil Jaya, Jelutung Kota Jambi, Sabtu (26/8/2017) stabil. Photo Asenk Lee Saragih.

Jambipos Online, Jambi-Stok beras dan beberapa bahan pokok di sejumlah gudang dalam kondisi aman dan harganya stabil. Sehingga dipastikan di Jambi stok sembako aman. Semua harga bahan pokok seperti cabai, bawang, gula, minyak sayur dan lainnya masih stabil di Jambi. 

Hal itu dipastikan setelah Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Jambi melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional dan gudang sembako di Kota Jambi untuk mengecek harga dan stok kebutuhan pokok masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha Jumat kemarin. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi Ariansyah mengatakan hasil pemantauan di lapangan diketahui stok beras dan beberapa bahan pokok di sejumlah gudang dalam kondisi aman dan harganya stabil. 

“Semua harga bahan pokok seperti cabai, bawang, gula, minyak sayur dan lainnya masih stabil. Pemerintah pusat telah mengatur harga eceran tertinggi (HET) untuk beberapa komoditas, seperti gula Rp12.500 per kilogram, minyak sayur Rp11 ribu per kilogram dan daging beku Rp80 ribu per kilogram,” ujar Ariansyah. 

Disebutkan, untuk disejumlah pasar ini harga kebutuhan barang pokok seperti cabai rawit Rp16 ribu, cabai merah Rp18-20 ribu, minyak sayur Rp11.500, gula Rp12.500 dan bawang merah Rp14 ribu. Harga pun masih aman dan stabil sesuai dengan yang ditetapkan. 

Harga ikan laut di Pasar Modern Handil Jaya, Jelutung Kota Jambi, Sabtu (26/8/2017) stabil. Photo Asenk Lee Saragih.
Sementara Kasubnit Satgas Pangan Jambi, AKBP Guntur Saputro, mengatakan timnya akan terus turun hingga H-3 Idul Adha nanti untuk mengecek pendistribusian dari distibutor ke pedagang agar tetap berjalan lancar dan aman. 

“Kami juga mengimbau para pedagang dan distributor untuk tidak melakukan penimbunan dan menaikan harga. Kami akan lakukan sidak setiap hari dan ini juga sebagai antisipasi untuk memastikan tidak ada penimbunan,” katanya. 

Guntur megatakan menjelang Idul Fitri lalu dan menjelang Idul Adha awal September tahun ini, pemerintah menyediakan stok daging dan sembako dari dinas peternakan maupun pertanian, jika stok dan harga daging tidak stabil maka pihaknya akan melakukan operasi pasar. 

“Bersama Satgas Pangan Provinsi Jambi kita akan terus memantau harga dan stok pangan jelang Idul Adha 1438 H agar tetap aman dan tidak mengalami lonjakan harga,” katanya. (JP-Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar